Andre Tirtoadji, Dulu Jual Gitar Demi Makan, Kini Pengusaha Sukses

Yulistyo Pratomo
25 Juli 2018
Share Via

Butuh perjalanan panjang sebelum akhirnya menjadi pengusaha sukses. Setidaknya, itu lah yang dialami oleh Andre Adrianus Tirtoadji, mulai terjun sebagai karyawan tour travel, pelaut hingga kini menjadi pengusaha sukses di ibu kota.

Andre, tidak pernah merasa malu hanya berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), apapun pekerjaannya, selama bisa membeli makanan dan menjalani hidup pun dijalaninya tanpa merasa terbebani, sebab dia yakin kesuksesan bisa didapatkan oleh semua orang.

"Ijazah saya cuma SMA. Nah, dari sana saya belajar ikut orang. Pernah kerja di tour travel, properti apartemen, jual asuransi, jual pupuk, pokoknya pernah. Sampai saya pernah keluar pulau karena kerja di kapal," kenang Andre.

Salah satu pengalaman hidup yang pernah dirasakannya adalah ketika tidak mendapatkan uang kiriman dari orangtuanya saat masih menjalani kuliah di Surabaya. Padahal, saat itu perutnya kelaparan.

Alhasil, dia menjual gitar kesayangan yang dibelinya ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kepada seorang teman. Dari harga Rp 500 ribu, dia lepas sebesar Rp 300 ribu hanya untuk ongkos makan selama satu pekan. Sayang, kuliahnya berhenti di tengah jalan.

Meski begitu, Andre memiliki impian besar. Setelah bekerja banting tulang di Surabaya, dia pun memutuskan untuk berangkat ke Jakarta pada 2012 dengan modal seadanya. Di kota besar ini, dia tidak memiliki kenalan, apalagi saudara.

Setelah mendapatkan kerja di sebuah perusahaan konstruksi, dia memilih tinggal di mess. Dari sana, lelaki kelahiran 8 April 1988 ini berangkat bekerja dengan menggunakan angkutan umum serta ojek.

"Ke mana-mana naiknya busway, ke mana-mana dulu belum ada GO-JEK kan, ya ojek. Terus naik bajaj. Saya ke mana-mana itu naik transportasi, saya orang enggak punya, wong namanya mobil aja enggak punya, wong kita di sini kerja ikut orang merantau," tambahnya.

Seperti apa kisah Andre hingga akhirnya menjadi seorang pengusaha sukses, sekaligus Direktur Utama PT Cempaka Tirta Nusantara. Berikut wawancara yang dilakukan reporter Ayooberita.com, Yulistyo Pratomo di bilangan Senopati, Jakarta Selatan:

Sebenarnya apa sih yang harus dimiliki seorang karyawan agar bisa mendapatkan hasil demi mengejar impiannya sendiri?

Jadi saya tuh dulu bukan pengusaha, saya dulu tuh karyawan. Saya dulu kuliah pernah di Surabaya, ambil jurusan ekonomi, pertengahan jalan berhenti, karena satu dan lain hal waktu itu, ya sudah saya tidak bisa teruskan kuliah. Karena enggak punya ijazah, cari kerja minim-minim ijazah S1. Ijazah saya cuma SMA, nah dari sana saya belajar ikut orang, kerja jadi pernah di tour travel, properti apartemen, jual asuransi, jual pupuk, pokoknya pernah. Sampai saya pernah keluar pulau kerja di kapal, pernah juga. Jadi untuk menjadi pengusaha itu kuncinya satu, kemauan dan tekad dari kita sendiri.

Karena mungkin saya berpikiran cuma, wah saya enggak mau punya gelar SMA tetapi bukan berarti cuma lulusan SMA enggak bisa sukses, enggak bisa usaha sendiri. Karena banyak kan mungkin di dunia pendidikannya kurang bagus, tetapi di dunia bisnisnya melejit. Nah kalau semua orang bisa kenapa saya enggak? Itu aja dulu, dari sana saya mulai belajar, tapi karena saya enggak punya istilahnya banyak support dari keluarga juga ya belajarnya dari orang, ya itu kerja di orang, dari saya udah mulai ngerti, baru belajar punya usaha sendiri. Harus punya tekad.

Selain modal tekad, apa yang anda lakukan sebelum akhirnya memulai usaha sendiri? Apalagi bagi sebagian orang sangat sulit meraih modal yang diinginkan.

Jadi dulu awalnya saya itu karena kerja ikut orang ya saya disuruh kerja apa saja saya lakuin. Saya enggak pernah bilang enggak, dari sana saya dipercaya. Nah, kuncinya memulai usaha tanpa modal itu dipercaya orang, itu adalah modal utama sebetulnya. Kalau kita ngomong modal, modal itu enggak melulu ngomong duit enggak, kalau orang bilang butuh duit, butuh duit, duit itu nomor ke sekian, tapi enggak dipercaya kan. Tapi kalau orang enggak punya duit dia dipercaya orang, bisa jadi duit.

Jadi mungkin dulu kunci utama saya itu dipercaya orang dari sana saya diberi beberapa kerjaan-kerjaan, nah dari situlah saya mulai, "oh ternyata hidup ini enggak melulu dari modal duit ya." modal kepercayaan bahkan bisa jadi duit, itulah yang saya belajar dan menjadi kunci utama bahwa seorang pengusaha itu dipercaya, harus jujur, harus punya tanggung jawab, itu yang kita harus punya, kalau kita mau punya bisnis dan menjadi pengusaha.

Apa sih sebenarnya yang menjadi motivasi anda hingga sampai seperti ini? Apakah dari membaca buku tertentu, atau orang-orang tertentu kah?

Kalau saya cuma motivasi begitu-begitu, kita harus berpikir bahwa kita kerja ini bukan cuma untuk diri sendiri. Kunci utama yang selalu buat saya termotivasi pasti orangtua, karena kita harus bisa bahagiakan keluarga, bahagiain orangtua. Jadi kadang-kadang di dunia usaha ini pasti ada pasang surut, naik, turun, jatuh, bangun, ngesot kita semua sudah pernah. Semua sudah pernah kita lakuin. Ya kuncinya satu, karena kita ingin bahagiain keluarga, itu menjadi motivasi utama.

Lalu, bagaimana ceritanya hingga bisa membangun PT Cempaka, perusahan yang kini anda pimpin?

Jadi waktu bangun Cempaka itu, saya awalnya begitu keluar dari perusahaan yang lama saya bangun perusahaan sendiri, saya ajak gabung beberapa temen yang ada di perusahaan lama untuk bangun usaha sendiri. Berjalannya waktu, memang yang namanya hidup pasti naik turun tadi. Di tahun kedua, ada masalah. Tim yang saya bawa, bubar. Yang namanya tadi partner, enggak cocok, punya visi misi dan prinsipnya sudah enggak sama, akhirnya sudah berjalan di tahun kedua bubar.

Jadi semua temen-temen yang dulunya gabung, yang tadinya baik akhirnya sudah jadi kurang bagus, lalu saya bilang bahwa dari awal kan saya yang modalin, ya sudah mereka saya keluarkan, setelah itu Cempaka ini berdiri sendiri tanpa ada orang-orang lain lagi yang dulu pernah ikut gabung. Nah dari sana kita mulai proses untuk proses bisnis ke depan lagi, tapi ya memang itu enggak mudah.

Seberapa kecewanya anda saat itu? Apakah sempat merasa usaha yang anda baru mulai ini bakal berhenti di tengah jalan?

Pasti, kalau kecewa ada, kalau sedih ada, tapi kalau berhenti ndak ada, nah itu yang enggak boleh ada. Namanya orang ini kalau kita sedang struggling, berarti kita ahris percaya bahwa kita sedang berproses, berprogesing dan kita ada suatu hasil yang harus kita lalui.

Saya percaya bahwa kalau seseorang melalui masalah berarti kalau orang menghadapi masalah itu ya itu berarti dia berada di jalan yang seharusnya dia jalani dan dia sedang berprogesi untuk menjadi lebih baik. Tetapi satu kuncinya, enggak boleh berhenti, hajar terus.

Hipmi kan pengusaha pejuang, pejuang pengusaha. Lah intinya pengusaha ya berjuang, harus berjuang terus.

Lalu dukungan dari orangtua sebesar apa?

Kalau orangtua, ya Papa saya itu dulu cuma bilang, "kamu itu modalnya ini. Kamu punya otak, punya kaki, ya udah itu dipake punya tangan, ya itu yang dipake buat bekerja."

Jadi dari dulu itu yang itu aja yang saya pikirin yang bisa saya kerjain, saya kerjain. Dan saya enggak pernah bilang enggak, disuruh apapun saya enggak pernah bilang enggak, saya selalu bilang ya. Tetapi kita juga harus belajar untuk jadi lebih baik. Itu saya ngalamin tahun 2012 saya pertama kali di Jakarta, saya dari Jember.

Tapi dulu saya sempet struggling di Jakarta, dua tahun kan saya di Jakarta enggak ada siapa-siapa, saudara enggak punya, teman enggak punya. Ke mana-mana naiknya busway, ke mana-mana dulu belum ada GO-JEK kan, ya ojek. Terus naik bajaj. Saya ke mana-mana itu, itu transportasi saya, enggak punya wong namanya mobil aja enggak punya, wong kita di sini kerja ikut orang merantau. Namanya kerja ikut orang ya makan seadanya.

Sabtu, Minggu enggak ke mana-mana karena enggak punya siapa-siapa dan juga kita kerja sama orang. Gaji dulu berapa sih? Paling sebulan tiga juta, paling uang makan nambah berapa sih, gopek (Rp 500 ribu) paling kan ya? Tapi itu yang dipakai untuk bertahan hidup.

Bahkan saya dulu kuliah, saya enggak dapet kiriman dari orangtua. Wah, itu pengalaman saya yang paling membuat motivasi, bahwa saya pernah tuh mau ambil uang enggak bisa ambil uang di ATM, soalnya tinggal Rp 50 ribu. Jadi kalau mau ambil Rp 50 ribu kan enggak boleh, masih harus ada uang sisa. Kalau Rp 100 ribu baru bisa ambil Rp 50 ribu, dulu enggak bisa ambil sampai enggak bisa makan.

Terus saya inget kan di kos-kosan, saya punya teman, saya punya gitar. Waktu SMP saya suka main gitar. Saya bawa lah itu gitar ke Surabaya ke kos-kosan, terus waktu itu temen nawarin mau beli gitar saya. Saya bilang, "saya enggak jual, jangan nih soalnya kenang-kenangan." Tapi waktu itu kepepet, lalu saya tawarin ke teman saya, "lu masih mau beli enggak gitar gua?" "Lu mau jual berapa?" "Terserah lu, dulu waktu gua beli gopek." Lima ratus ribu itu dulu. Lalu teman saya jawab, "oh ya udah gua beli deh Rp 300 (ribu)." "Ambil deh".

Saya kasih itu gitar, nah saya bisa hidup satu minggu di Surabaya waktu itu. Jadi itu membuat saya, "wah, saya pernah alami titik di mana pernah masuk ke lowest point of my life," dan itu yang membuat saya harus selalu bangkit lagi, bahwa orang itu harus merasakan bahwa hidup itu harus penuh dengan perjuangan, itu yang membuat kita selalu termotivasi saya biasa udah dari orang bawah saya tahu gimana rasanya, susah mau berjuang, mau struggling, mau seperti apa, guling-guling udah pernah, itu yang membuat kita menjadi harus lebih baik lagi, lebih fight lagi, apalagi hidup di Jakarta, hidup di ibu kota ini berat bos.

Ya kita cuma mikir kita masih punya orangtua, minimal kita bisa bahagiain orangtua ya itu dulu motivasi kita kerja bener, kerja baik ya kan, apapun. Saya pernah dulu ditawarin sama bokap, "kamu pulang aja deh ke Jember", soalnya waktu itu lagi struggling, saya itu cerita sama bokap bukan berarti saya harapannya saya begitu, saya cuma ingin cerita aja. "dah kamu pulang ke Jember nanti buka toko, atau buka apa gitu," langsung saya bilang ke bokap saya. "Lho, lebih baik saya ini gembel di Jakarta dari pada saya pulang ke Jember, saya pernah bilang gitu ke bokap saya." Udah harus punya tekad yang kuat, kalau enggak kuat ya orangtua kita bilang aku ingin pulang, ya gitu bisa ya pulang.

Pernah sampai merasa gundah?

Enggak pernah (gundah). Makanya kita harus punya tekad yang kuat itu tadi.

Jangan pernah menyalahkan keadaan dan kondisi. Itu adalah salah satu kunci bahwa keberhasilan seseorang itu tidak boleh kita ini bergantung pada satu kondisi apalagi saat kita gagal.

Tapi kondisi itulah yang harus kita manfaatkan untuk bisa menjadi suatu momentum, suatu peluang buat kita untuk jadi lebih baik lagi.

Jadi orang kalau bilang ya karena kan keluarga kan bukan keluarga orang kaya, keluarga gua enggak bisa kasihin modal segala macem, ya terus kenapa? Kita tidak pernah bisa juga memilih, di mana kita dilahirkan, suku apa kita dilahirkan, siapa orangtua kita, kondisi ekonomi keluarga kita, kondisi sosial keluarga, kita enggak bisa pilih. Kita ya sudah lahir di sana brojol di sana, ya kan?

Tapi, kalau kita sampai meninggal, sampai kita sudah dewasa, punya kerja, segala macam tapi kita masih dalam kondisi yang di bawah taraf kehidupan yang salah, ya salah kita sendiri. Jangan pernah menyalahkan keadaan, karena banyak orang yang dulunya bukan dari siapa-siapa tapi jadi orang kaya itu banyak banget.

Lah kalau dia bisa kenapa kita enggak? Yang membuat kita enggak bisa itu sebenarnya mindset kita, cara berfikir kita yang selalu menyalahkan keadaan itu yang enggak boleh.

Kemudian bisa memutuskan untuk bergabung dengan Hipmi, apa alasannya?

Itu tahun 2015, jadi saya waktu itu di Jakarta tahun 2012. Keluar kerja tahun 2014, punya usaha tahun 2014. Saya mikir, "Di Jakarta sendiri nih, waduh mati gua." Minim-minim satu mingguan. Tahun 2014 kan saya punya perusahaan tuh, saya mikir enggak bisa begini terus, minimal harus punya temen kek, punya koneksi, jaringan.

Saya mikir, "gimana ini ya, Jakarta enggak tahu siapa-siapa, oh ada satu organisasi namanya Hipmi. Waktu itu dari temennya temen rekomendasi masuk ke Hipmi, nah syaratnya harus punya perusahaan. Nah, kebetulan saya sudah punya, gabunglah saya di Hipmi tahun 2015 itu. Jadi saya di Hipmi 2 tahun, jalan 3 tahun sekarang.

Ya itu tadi, ketum Afi. Waktu itu saya dateng, ketemu ketum Afi, ketum Afi kan menang musda (musyawarah daerah). Saya salah satu timses, timses kan bukan cuma saya, ratusan orang. Ketum jadi (terpilih), saya waktu itu beberapa bulan setelah itu saya kontak ketum Afi. "Tum pengeng ngobrol-ngobrol nih tum, santa." "oh oke, gua lagi di Makassar nih, tunggu gua pulang dari Makassar ya." "Oke siap tum, minggu depan ya".

Ketum Afi sesampai di Jakarta kontak gua, "gua di Jakarta nih." "Oke tum, malem ada waktu bisa ketemuan."

Dia enggak tanya, apa urusan gua ketemu dia, enggak. Dan dia juga enggak tahu gua ini mau ngomong apa. Gua datengin, habis gitu ketum Afi bingung, kaget gua ngomong, "tum gua mau maju jadi calon ketua Hipmi Jaktim." Kaget dia. "Ya serius masa gua bohong kan." "Bener ya." Lalu kita salaman.

Motivasi saya, saya cuma ingin dikenal. Saya merasa saya bukan siapa-siapa, bukan anaknya siapa-siaa, saya juga bukan dari kota besar, saya dari kampung, orang enggak kenal saya berpikir bahwa saya punya impian besar, harapan besar, minim-minim ya saya harus dikenal.

Hipmi ini adalah suatu wadah, salah satu organisasi yang menurut saya sangat baik dan temen-temen berkumpul rata-rata pengusaha, bos semua. Mau bos kecil, bos besar. Minim-minim saya harus dikenal, ya orang tahu saya, saya punya visi lebih besar, saya buat mental ini terbentuk.

Dulu saya ngomong sama ketum Afi, saya cuma bilang, "kalau saya mau dipercaya, gua cuma mau membuktikan saya bisa dipercaya." Tapi waktu itu ketum Afi cuma minta, "ya udah silakan."

Silakan tapi dalam arti apa? Ya elu buktikan dulu dong, lu bisa enggak dipercaya. Ini masih ada waktu kampenye, enam bulan nih. Ya gua buktiin, dalam waktu enam bulan ini ketum Afi baru kenal sama gua kan baru satu tahun. Wong masuk hipmi 2015 aktif di 2016, habis gitu 2017 langsung musda.

Masuk enggak kenal siapa-siapa, rekomendasi dari siapa Andre ini, enggak ada yang tahu. Andre ini siapa, siapa keluarganya? Enggak ada yang tahu. Orang dari kampung kok. Tahunya ketemu satu kampung.

Akhirnya gua buktiin, voter 25 orang. Gua teleponin satu-satu, gua datengin satu-satu. Ngomong maksud dan tujuan apa, gua usaha semuanya. Sampai akhirnya udah mendekati hari H pemilihan sudah ditutup sama ketum Afi. Dari situ gua tahu, bahwa usaha tidak membohongi hasil, dari yang gua bukan siapa-siapa, dari gua yang enggak dikenal bisa dipercaya. Itu tadi kemauan kita dan harus komitmen, harus menunjukkan bahwa kita layak untuk dipercaya. Itu yang harus ada.

Lalu membagi kesibukan antara kesibukan di Hipmi dan perusahaan bagaimana?

Kita sih lebih fleksibel, tetapi kalau kita sudah dipercaya di suatu organisasi ya pasti kita harus menunjukkan. Minimal program-program nyata, kongkrit yang bisa kita buktikan. Untuk di Hipmi sendiri saya juga tidak sendiri, saya dibantu sekretaris saya, Sandi Manela, dan bendahara umum itu adiknya ketum Afi, Faisal Kalla.

Jadi ya saya juga memilih kan temen2 yang mau berorganisasi yang bsia meluangkan waktu, tenaga pikiran segala macam, jadi saya juga enggak beban jadi mau di organisasi jalan, di bisnis jalan. Tidak menutup kemungkinan juga dari organisasi menimbulkan bisnis, itulah tadi kenapa saya kok ingin dikenal, karena saya ingin semua orang tahu bahwa, "oh ini Andre ketua umumnya." Sampai jadi ketua umum. Ini kan pilihan, kalau enggak dipilih enggak mungkin jadi ketua umum, untuk dipilih harus membuktikan dulu.

Itulah rentetan-rentetan itu kalau kita mau lihat ya usaha tidak akan membohongi hasil. Akhirnya orang kalau mau berbisnis sama saya mau enggak kira-kira? Percaya enggak kira2, ya gitu. "Ya bisnis yuk bro." "Andre siapa?" "Oh dia ketumnya Jaktim." "Dia dipilih sama ketum Afi lho." "Aklamasi lho." "Dia enggak ada lawan lho." Orang kan lebih, "oh ketum Afi percaya sama dia, kalau ketum afi percaya masak kita enggak percaya." Kan gampang mindset orang kan kadang-kadang gitu kan. Nah itulah yang harus kita jaga, trust itulah. (TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Gadget - 20 Februari 2019 10:31:57 wib

Huawei P30 Meluncur Perdana di Paris

Melalui postingannya di laman resminya di Facebook, Huawei Consumer Business Group mengumumkan bahwa peluncuran global untuk smartphone premium terbaru seri P30 bakal dilakukan di Paris, Prancis, pada 26 Maret
Bisnis - 20 Februari 2019 10:14:56 wib

Riset: Orang Indonesia Belanja Daring Bayarnya via ATM

Survei perusahaan riset pasar Ipsos menunjukkan masyarakat Indonesia masih memiliki pola pikir manual untuk pembayaran saat transaksi belanja daring. Ipsos mencatat 26 persen responden lebih mengandalkan metode
Teknologi - 20 Februari 2019 10:02:35 wib

Facebook Akuisisi Startup Layanan Belanja Furnitur

Facebook baru saja mengakuisisi GrokStyle, sebuah startup layanan belanja furnitur yang menggunakan teknologi online. Akuisisi ini merupakan salah satu langkah terbaru Facebook dalam memasuki dunia
Asosiasi Lain - 19 Februari 2019 17:55:51 wib

idEA: Indonesia bakal Jadi Market e-commerce Terbesar

Asosiation e-Commerce Indonesia (idEA) menilai Indonesia akan menjadi pemain besar dalam perdagangan berbasis online atau e-commerce di kawasan Asia Tenggara. Kondisi itu sudah mulai terlihat saat ini. "Kita
Jakarta - 19 Februari 2019 17:17:49 wib

Polda Metro: Banyak Korban, Hati-hati Gunakan Fintech Ilegal

Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap platfom layanan peminjaman uang tunai secara instan atau financial technology (fintech) ilegal karena sudah memakan banyak
Asosiasi Lain - 19 Februari 2019 16:46:11 wib

AKLP Desak Pemberlakuan SNI & Penurunan Harga Gas Industri

Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) mengakui potensi investasi industri kaca, terutama kaca lembaran bangunan dan otomotif sangat potensial. Pasalnya, industri properti dan otomotif di Indonesia menjadi sektor
Teknologi - 19 Februari 2019 15:37:45 wib

Instagram Uji Coba Stiker Donasi di Fitur Story

Instagram bereksperimen dengan stiker donasi untuk fitur Stories-nya. Uji coba ini terlihat oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong. Fitur itu tampaknya mirip dengan apa yang ditawarkan Facebook, yakni alat
Teknologi - 19 Februari 2019 15:33:03 wib

SHARP Hadirkan Televisi Aquos 8K

Kemampuan SHARP Indonesia dalam meningkatkan pangsa pasar produk TV memberikan hasil yang memuaskan. Beragam strategi dijalankan mulai dengan menawarkan ragam pilihan ukuran TV, lokal fitur yang sesuai dengan kultur
Gadget - 19 Februari 2019 14:39:33 wib

Sony Xperia XZ4 Benamkan Layar CinemaWide

Para leakers dengan penuh percaya diri memperkenalkan prediksi mereka tentang desain Smartphone premium terbarunya: Xperia XZ4. Tapi Sony justru malu-malu memperkenalkan konsepnya tentang smartphone yang menjauh dari
Teknologi - 19 Februari 2019 14:10:50 wib

Perkuat Layanan, Inovasi Suzuki Auto Valeu via Digital

Guna meningkatkan layanan kepada para pelanggan Auto Value, layanan jual beli mobil bekas resmi Suzuki Indonesia hadir dengan tampilan situs dan fitur terbaru di www.AutoValue.co.id. Hadir dengan pengalaman mobile
Hiburan - 19 Februari 2019 13:00:20 wib

Game Final Fantasy 9 Meluncur di Nintendo Switch

Penerbit game asal Jepang, Square Enix, resmi meluncurkan game lawas konsol PlayStation generasi pertama, yakni Final Fantasy 9, di Nintendo Switch. Game tersebut sudah bisa diunduh di Nintendo eShop sejak 13 Februari
Makro - 19 Februari 2019 11:50:53 wib

63 Domain Pialang Berjangka Ilegal Diblokir

 Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir 63 domain pialang berjangka illegal pada awal tahun ini. Adapun sepanjang 2018, Bappebti telah memblokir 161 domain. Pemblokiran itu
Ekonomi - 19 Februari 2019 11:45:04 wib

Bea Cukai: Layanan Ekspor Impor Kini Bisa via Elektronik

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menerbitkan layanan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) berbasis elektronik (e-KITE) untuk memberi kemudahan dalam pemanfaatan fasilitas kepabeanan.
Teknologi - 19 Februari 2019 10:53:44 wib

ASUSPRO D540MC, PC Desktop Dirancang bagi Pelaku UKM

ASUS mengenalkan ASUSPRO D540MC, sPC desktop yang dirancang untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tampilan ASUSPRO D540MC memang tampak seperti PC desktop biasa, tapi ASUS merancang perangkat secara khusus agar
Otomotif - 19 Februari 2019 10:45:08 wib

2019, Hyundai Persembahkan The Grand Santa Fe

PT Hyundai Mobil Indonesia memulai tahun 2019 dengan menghadirkan varian terbaru dan teratas dari All New Hyundai Santa Fe yang dinamai The Grand Santa Fe. Varian baru itu dihadirkan kepada pecinta SUV di Indonesia
Teknologi - 19 Februari 2019 10:06:06 wib

Twitter Bakal Datangkan Fitur Serupa Snapchat

Twitter bakal mendatangkan fitur serupa Snapchat atau Instagram Stories. Fitur itu sekarang sedang diuji coba dengan nama "News Camera". Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengunggah foto atau video pendek
Gadget - 19 Februari 2019 09:56:19 wib

Di Indonesia, Galaxy S10 Bisa Dipesan mulai 22 Februari

  Samsung bakal merilis flagship terbarunya yakni seri Galaxy S10, pada 20 Februari 2019 di San Francisco, AS, atau 21 Februari 2019 waktu Indonesia. Satu hari setelah peluncuran resminya, fans Samsung Galaxy
Teknologi - 18 Februari 2019 17:28:18 wib

Apple Ancang-ancang Sematkan Chip Snapdragon ke iPhone

Apple mengonfirmasi kabar soal rencana mereka menjual iPhone model lawas yang diotaki chip Snapdragon besutan Qualcomm. Namun, produk iPhone tersebut tak akan dijual secara global, melainkan hanya untuk pasar Jerman
Teknologi - 18 Februari 2019 16:07:08 wib

Fitur Direct Message Instagram di Versi Web Diujicoba

Fitur media sosial Instagram masih terbilang minimalis untuk versi platform webnya. Namun, kini Instagram sedang menguji coba fitur direct message untuk platform Instagram Web. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa
Makro - 18 Februari 2019 15:02:45 wib

Menkeu Sri Mulyani Dorong Perkembangan Unicorn di Indonesia

Istilah unicorn menjadi populer bahkan viral di media sosial, setelah dilontarkan capres Joko Widodo (Jokowi) dalam perhelatan Debat Pilpres kedua, Ahad malam. Menjadi ramai diperbincangkan, karena capres Prabowo
Kadin - 18 Februari 2019 14:48:17 wib

Kadin Minta Capres-Cawapres Teken Komitmen Energi Baru Terbarukan

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meminta kedua pasang calon presiden dan calon wakil presiden untuk menandatangani komitmen pengembangan Energi Baru Terbarukan setelah hasil debat kedua yang digelar pada
Gadget - 18 Februari 2019 14:35:25 wib

Samsung Galaxy Tab S5e, Hadirkan Tablet Terbaru, Tertipis & Teringan

Samsung baru saja meluncurkan tablet teranyar mereka bernama Galaxy Tab S5e di Korea Selatan. Hadir dengan bodi logam setebal 5,5mm dan bobot 400 gram, Samsung mengklaim Galaxy Tab S5e sebagai tablet dengan layar 10,5
Teknologi - 18 Februari 2019 13:55:52 wib

Pengguna iOS Akhirnya Kebagian WhatsApp Business

Setelah meluncur dalam versi Android pada 2018, kini WhatsApp Business hadir untuk pengguna iOS dalam versi beta. Fungsinya sama seperti WhatsApp standar, hanya saja dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang
Teknologi - 18 Februari 2019 13:13:27 wib

GreatEdu, Aplikasi Pendidikan Karya Pemuda Indonesia

Sejumlah anak muda Indonesia meluncurkan aplikasi pendidikan untuk menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0. Aplikasi tersebut dapat mempermudah transfer pengetahuan dan kemampuan, khususnya di bidang
Teknologi - 18 Februari 2019 12:34:57 wib

Samsung Galaxy Tab A 10.1 2019 Menggebrak Jerman

Mobile World Congress (MWC) 19 masih sepekan lagi. Samsung pun sudah menempatkan diri sebagai berita utama dengan beberapa pengumuman perangkat barunya. Pabrikan manufaktur asal Korea Selatan itu sendiri sudah
Olahraga Lainnya - 18 Februari 2019 11:51:54 wib

NBA All-Star: LeBron Tumbangkan Giannis

Tim LeBron berhasil mengalahkan Tim Giannis dengan skor 178-164 dalam laga NBA All-Star yang berlangsung di Spectrum Center, Senin (18/02) dini hari. Tim LeBron sempat tertinggal cukup jauh di kuarter pembuka. Tim yang
Perbankan - 18 Februari 2019 11:27:49 wib

OJK Gencar Berantas Fintech Ilegal

Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, terdapat 635 perusahaan finance technologi (fintech) yang tidak terdaftar alias ilegal, dan sebanyak 231 di antaranya sudah ditutup izinnya oleh
Balap - 18 Februari 2019 11:03:28 wib

Didukung Ayoomall.com, MDO Ajudan Pribadi Incar Semua Gelar Balap

Menghadapi musim kompetisi baru, tim balap MDO Ajudan Pribadi mencanangkan target tinggi, yakni memenangi seluruh balapan. Tidak hanya itu, mereka juga ingin mencuri perhatian para pencinta balap
Migas - 18 Februari 2019 11:03:25 wib

Harga Minyak Global Sentuh Level Tertinggi

Harga minyak naik ke level tertinggi sejak November 2018 di perdagangan Asia pada Senin (18/2) pagi. Harga minyak global terangkat oleh pengurangan pasokan yang dipimpin OPEC serta sanksi-sanki AS terhadap Iran dan
Teknologi - 18 Februari 2019 10:52:24 wib

Tips Simple Merawat Laptop

Merawat itu sebuah kewajiban. Apalagi merawat laptop. Jangankan rusak apalagi sampai hilang, tergores sedikit saja rasanya sangat sayang sekali. Pernahkah kamu merasa seperti ini?. Karena itu, perhatian sangat ekstra