Satelit: Kecelakaan Ethiopian Airlines dan Lion Air Ada Kesamaan Data

Endy Purwanto
15 Maret 2019
Share Via

Bukti konkret pertama dari kemungkinan hubungan antara dua kecelakaan Boeing 737 MAX 8 yang mematikan, yakni Ethiopian Airlines ET 302 dan Lion Air JT 610, terkuak. Sumbernya, dari luar angkasa. Sebuah jaringan satelit baru yang mampu melacak pesawat dengan detail mumpuni di seluruh dunia menangkap jalur penerbangan Boeing 737 MAX ET 302 yang jatuh pada Minggu 10 Maret 2019.

Data itu sangat vital, sampai-sampai, otoritas penerbangan Amerika Serikat menjadikannya sebagai salah satu alasan untuk bergabung dengan seluruh dunia dalam mengandangkan dan menangguhkan izin terbang (grounding) MAX, menurut pejabat industri aviasi dan regulator.

Data tentang penerbangan enam menit yang karut-marut dari pesawat Ethiopian Airlines meyakinkan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) bahwa itu mungkin cukup mirip dengan apa yang terjadi pada kecelakaan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 yang menerbangkan 737 MAX 8.

Setelah meninjau data yang dimaksud, pejabat FAA Daniel Elwell pada Rabu 14 Maret 2019 mengatakan, "(data itu) membuat jelas bagi semua pihak, sebenarnya bahwa jalur penerbangan Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air," demikian seperti dikutip dari NDTV, Jumat (15/3/2019).

Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau juga mengutip data pelacakan satelit pada hari Rabu sebagai alasan negaranya bergabung dengan lebih dari 50 negara lain dalam menetapkan grounding pada model 737 MAX.

Data Satelit Seperti Apa?

Data satelit itu disediakan oleh Aireon LLC, yang dibentuk pada 2012 oleh Iridium Communications Inc. dan Nav Canada, perusahaan nirlaba yang memandu lalu lintas udara di Kanada dengan memiliki pengalaman bertahun-tahun pengembangan dan peluncuran 66 satelit ke orbit. Aireon juga akan memperkenalkan layanan pelacakan penerbangan komersial baru dalam beberapa minggu mendatang.

Soal pelacakan dari luar angkasa, perusahaan itu melakukannya dengan menggunakan teknologi GPS yang umumnya dikenal sebagai Automatic Dependent Surveillance-Broadcast atau ADS-B. Jaringan itu dioperasikan oleh Harris Corp, yang juga bermitra dengan Aireon.

Transmisi data hanya mencapai angkasa luar sepersekian detik setelah pesawat tertangkap radar antena darat dan itulah yang diandalkan Aireon untuk melacak penerbangan Ethiopian Airlines. Sebuah stasiun darat yang dioperasikan oleh perusahaan pelacak FlightRadar24 hanya menangkap data dari dua menit pertama penerbangan sebelum pesawat berada di luar jangkauan.

Aireon LLC berbagi informasi dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Administrasi Penerbangan Federal, serta "beberapa otoritas penerbangan Eropa dan berbagai otoritas penerbangan Afrika," kata Jessie Hillenbrand, seorang juru bicara Aireon.

Pejabat FAA Daniel Elwell mengatakan, trek awal pesawat yang tersedia segera setelah kecelakaan oleh perusahaan terpisah dengan stasiun darat di Ethiopia tidak konsisten dengan bagaimana pesawat terbang dan tidak dapat dipercaya. Namun, ketika para pakar agensi meninjau trek yang disempurnakan yang disediakan oleh Aireon, hal itu menimbulkan kekhawatiran.

Pesawat Lion Air mengalami lebih dari dua lusin penurunan tajam segera setelah lepas landas. Dan hal itu mungkin terjadi pula pada Ethiopian Airlines ET 302 sebelum jatuh.

Penyelidik KNKT Republik Indonesia mengatakan dalam laporan awal bahwa pesawat Boeing 737 MAX 8 Lion Air JT 610 secara otomatis diperintahkan untuk melakukan nosedive karena perangkat lunak yang dikenal sebagai Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS) mengira pesawat itu dalam bahaya karena kehilangan daya angkat pada sayap.

Boeing telah menambahkan MCAS sebagai perlindungan terhadap kondisi stall pada aerodinamika pesawat. Namun, dalam kasus penerbangan Lion Air, sensor yang tidak berfungsi memberi isyarat bahwa pesawat itu dalam bahaya ketika sebenarnya tidak dan memerintahkan nosedive yang tidak perlu.

Alih-alih mematikan motor yang memicu nosedive --prosedur yang harus dihapal pilot pada semua model 737-- kru Lion Air terus menangkalnya dengan kontrol mereka sampai tenggelam ke laut.

Sementara FAA dan Kanada tidak merinci jalur penerbangan pesawat Ethiopia, mereka tampaknya sampai pada kesimpulan sementara bahwa ET 302 memiliki momen pra-jatuh yang mirip dengan JT 610, di mana pesawat Afrika itu mengalami perubahan altitude yang sangat tidak biasa diikuti oleh kenaikan ketinggian. Biasanya, sebuah jet naik dengan mantap setelah lepas landas.

"Ini tentu menempatkan sorotan pada sistem MCAS," kata Peter Goelz, seorang mantan direktur pelaksana di Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) yang kini jadi wakil presiden senior di O'Neill & Associates, sebuah perusahaan lobi dan hubungan masyarakat di Washington.

"Ada implikasi bahwa ada dua kecelakaan serupa dan itu kemungkinan melibatkan interaksi sistem MCAS dengan penerbangan pesawat." katanya sambil menambahkan banyak pakar penerbangan mengatakan terlalu dini untuk menyatakan kemiripan kecelakaan ET 302 dan JT 610.

Pejabat FAA Daniel Elwell mengingatkan bahwa masih belum ada bukti definitif yang menunjukkan bahwa kedua kecelakaan itu terkait.
Investigasi kecelakaan di Indonesia belum selesai. Selain MCAS, laporan awal menyebutkan kegagalan pemeliharaan berulang dan masalah kinerja pilot. Sebagai contoh, pesawat Lion Air mengalami kerusakan MCAS yang sama pada penerbangan sebelumnya tetapi tidak diperbaiki.

Pilot Ethiopia telah menerima pemberitahuan tentang MCAS dan pelatihan tambahan yang disarankan oleh Boeing setelah kecelakaan Lion Air, Tewolde Gebre Mariam, kepala eksekutif Ethiopian Airlines mengatakan kepada wartawan dalam siaran di ETV yang dikendalikan negara.

"Begini, bahwa iya kebetulan kedua kecelakaan terjadi pada pesawat yang sama (Boeing 737 MAX 8), benar juga bahwa keduanya jatuh pada critical minutes setelah take off, dan betul bahwa semua penumpang tewas dalam kecelakaan itu --tanpa mengurangi rasa duka dan hormat kepada keluarga korban," kata Chappy, Senin 11 Maret.

"Tapi, untuk sampai pada kesimpulan akhir atau menyebut bahwa ada kerusakan dan penyebab serupa, dan ini sama seperti yang saya katakan saat tragedi JT 610, maka, perlu adanya penyelidikan menyeluruh dan komplet atas hal itu," jelasnya. "Hingga ada hasil penyelidikan menyeluruh, semua itu hanya perkiraan."

Mantan pejabat FAA, Scott Brenner mengatakan kepada CBS News bahwa agensi masih harus menunggu data dari kotak hitam jet Ethiopia sebelum membuat keputusan.

Penyelidik Ethiopia kini telah mengirim kotak hitam ke Paris untuk dianalisis - hampir tiga hari setelah mereka diambil dari lokasi kecelakaan di sebuah ladang dekat desa Tulu Fara di luar kota Bishoftu, 40 mil di tenggara ibukota Ethiopia.

Kevin Durkin, seorang pengacara penerbangan, mengatakan hubungan itu bisa menjadi penting dalam setiap kasus pengadilan. Jika Boeing mengetahui adanya cacat pada armada 737 MAX, pabrikan pesawat bisa menghadapi dakwaan tambahan dalam tuntutan hukum. Pengetahuan perusahaan tentang cacat itu mungkin ditunjukkan oleh pernyataannya bahwa mereka membuat perubahan perangkat lunak setelah Lion Air JT 610, katanya.

"Jika Anda memiliki produk yang cacat dan ternyata Boeing tahu tentang hal itu, ini dapat dengan mudah membuat mereka terkena hukuman," kata Durkin, seorang mitra di Kantor Hukum Clifford di Chicago.

"Standarnya adalah apakah perusahaan terlibat dalam perilaku dalam ketidakpedulian yang disengaja terhadap keselamatan orang lain," lanjut Durkin.

Boeing mengatakan bahwa cukup dengan mengikuti prosedur lama seharusnya cukup untuk mencegah kecelakaan yang melibatkan kegagalan MCAS. Pada hari Rabu, pabrikan yang berbasis di Chicago mengeluarkan pernyataan yang mengatakan masih memiliki "kepercayaan penuh" pada pesawat produksi mereka.

"Kami mendukung langkah proaktif ini dengan kehati-hatian," kata Kepala Eksekutif Boeing Dennis Muilenburg dalam pernyataan itu, merujuk pada tindakan FAA. "Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, menyebarkan peningkatan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi. (NDTV/END)

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Sepakbola - 20 Mei 2019 16:24:45 wib

Toni Kroos Perpanjang Kontrak

Real Madrid mengonfirmasi bahwa gelandang tengah, Toni Kroos resmi menandatangani perpanjangan kontrak yang akan membuatnya bertahan hingga 2023. Semula, Toni Kroos dikontrak Real Madrid hingga 2022. Namun pada
Teknologi - 20 Mei 2019 16:11:19 wib

Huawei Watch GT, Jam Tangan Pintar bagi Generasi Milenial

Bisnis Huawei bukan hanya produk smartphone, PC dan tablet, perangkat wearable dan layanan cloud, namun industri telekomunikasi asal China ini menyediakan teknologi canggih terkait jam tangan. Huawei Watch GT Elegant
Kuliner - 20 Mei 2019 16:02:16 wib

Mudik Lebaran, Jangan Lupa Cicipi Jenang dan Soto Kudus

Jalur pantai utara Kudus, Jawa Tengah diprediksi mengalami lonjakan arus lalu lintas saat mendekati Lebaran 2019. Jalur ini menjadi perlintasan utama pemudik dari arah Surabaya maupun Jakarta. Untuk menghilangkan
Teknologi - 20 Mei 2019 15:15:06 wib

Streaming, Konten Internet Terpopuler di Indonesia

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membuktikan menonton video melalui layanan streaming menjadi konten internet terpopuler pada 2018. Data APJII, 45,3 persen responden mengaku mengaskes
Kadin - 20 Mei 2019 15:00:55 wib

Kadin DKI: Jelang 22 Mei, Pelaku Usaha Khawatir

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) berencana mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 pada Rabu (22/5). Informasi yang beredar luas di masyarakat bakal ada aksi unjuk rasa
Otomotif - 20 Mei 2019 14:51:12 wib

Renault Hadirkan 3 Prototipe Mobil Listrik

Renault baru saja memperkenalkan tiga prototipe mobil listrik yang diproyeksikan menjadi solusi mobilitas di masa depan. Prototipe mobil listrik pertama yang dikenalkan adalah Renault ZOE Cab yang juga mengusung
Asosiasi Lain - 20 Mei 2019 14:42:28 wib

Aprindo: Politik Memanas, Pertumbuhan Industri Ritel Terhambat

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku sepanjang 2019 menjadi tahun sulit bagi pengusaha ritel. Iklim politik yang panas serta belum pulihnya daya beli masyarakat menjadi faktor penghambat pertumbuhan
Teknologi - 20 Mei 2019 13:15:44 wib

Laptop Vaio Rencana Hadir di Pasar Indonesia

Pasca lepas dari Sony, laptop Vaio akan kembali memasuki pasar Indonesia. Kini, laptop tersebut akan dihadirkan oleh Nexstgo sebagai pemegang lisensi baru merek Vaio untuk kawasan Asia. Rencana kehadiran laptop Vaio ini
Hukum - 20 Mei 2019 12:57:00 wib

Pilot Penyebar Ujaran Kebencian Ditangkap

Seorang pilot maskapai penerbangan swasta nasional berinisial IR ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polrestro Jakarta Barat, karena  menyebarkan ujaran kebencian (hate speech) secara masif di media sosial (medsos),
Gadget - 20 Mei 2019 12:40:58 wib

Spesifikasi Redmi 7A Bocor di Internet

Informasi spesifikasi mengenai smartphone baru Redmi 7A bocor di Internet yakni  situs web regulator telekomunikasi Tiongkok, Tenaa. Hal ini mencakup spesifikasi dan gambar desain smartphone tersebut. Berdasarkan
Sepakbola - 20 Mei 2019 11:11:26 wib

Pep Guardiola Incar Jawara di Pentas Eropa

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menargetkan tim asuhannya menjadi jawara di pentas Eropa. Dia mengakui betapa penting trofi Liga Champions. Jika dibandingkan pelatih lainnya di Inggris, Guardiola terbilang
Teknologi - 20 Mei 2019 11:00:42 wib

Tips Sembunyikan Unggahan Teman Mengganggu di Instagram

Pasti setiap pengguna media sosial, khususnya Instagram, ada yang merasa terganggu dengan unggahan foto atau Stories following-nya. Mau di-unfollow tapi Kamu gak enak melakukannya, kan? Dilansir dari Mirror Online,
Gadget - 20 Mei 2019 10:23:28 wib

OPPO Persembahkan Rilis A9X Ditunjang Kamera 48MP

Menyasar ke segmen menengah, OPPO baru saja meluncurkan smartphone OPPO A9X di China. Punya bobot 190 gram berdimensi 162 x 76,2 x 8,3mm, OPPO A9X hadir dengan layar 6,53 inci beresolusi 2340 x 1080 piksel dan rasio
Teknologi - 20 Mei 2019 10:11:21 wib

4 Aplikasi Teman Mudik Lebaran

Libur lebaran dan mudik bagi para perantau sudah semakin dekat. Untuk memudahkan perjalanan mudik Lebaran Anda, ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk arah. Selain itu, aplikasi-aplikasi ini
Nasional - 20 Mei 2019 09:57:54 wib

Jokowi Tampil di Cover Majalah Bergengsi Arab Saudi Bahas Isu Terorisme

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tampil di halaman muka (cover) majalah Ar-Rajol terbitan Arab Saudi. Kabar tersebut terungkap setelah Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan OKI, Agus Maftuh Abegebriel, mengunggah
Gadget - 17 Mei 2019 16:18:43 wib

Asus Zenfone 6 Hadirkan Kamera Putar Canggih

Asus merilis smartphone terbaruZenfone 6. Smartphone tersebut membawa inovasi di bagian kameranya yakni flip camera atau kamera putar yang cukup menarik. Modul flip camera dapat berfungsi sebagai kamera utama yang juga
Nasional - 17 Mei 2019 15:58:26 wib

Presiden Jokowi Bangga Pembangunan Sirkuit MotoGP 2021 di Mandalika

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga dengan progres perkembangan lokasi MotoGP 2021 di Mandalika, dengan konsep Street Race Sirkuit sejauh ini sudah bagus. Sesuai laporan Direktur Utama Indonesia Tourism Development
Korporat - 17 Mei 2019 15:53:22 wib

Tim Helpdesk PT Airmas Perkasa Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Seluruh Tim Helpdesk PT Airmas Perkasa menggelar acara Buka Puasa dengan anak-anak Yatim Piatu dari Yayasan Yatim Piatu Rasullulah SAW di markasnya Jalan Petojo Binatu Raya No.19 RT 13/RW 08 Petojo Utara Gambir Jakarta
Hiburan - 17 Mei 2019 14:13:49 wib

Gara-gara Foto, Ariana Grande Dituntut Rp720 Juta

Robert Barbera menuntut Ariana Grande karena dua foto diri Ariana yang dipotret Barbera diunggah ke Instagram tanpa izin. Dalam beberapa laporan media menyebutkan Barbera adalah fotografer profesional dan
Olahraga Lainnya - 17 Mei 2019 14:08:35 wib

Zaha Siap Kembali Perkuat Old Trafford

Pemain Crystal Palace Wilfried Zaha dikabarkan siap kembali ke Manchester United jika pihak Setan Merah melayangkan tawaran. Pemain timnas Pantai Gading itu juga sudah meminta pihak klub untuk menjualnya pada musim
Teknologi - 17 Mei 2019 14:05:25 wib

Instagram Hadirkan Filter dan GIF Bertajuk Ramadhan

Berdasarkan riset data dari Yotpo Voice, hingga awal tahun 2019, lebih dari satu miliar akun aktif setiap bulannya. Banyak orang menggunakan Instagram untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan
Sepakbola - 17 Mei 2019 11:25:18 wib

Luka Jovic Bergabung ke Real Madrid

Akhirnya Eintracht Frankfurt tak kuasa mempertahankan Luka Jovic agar tidak pergi. Rupanya godaan bermain untuk Real Madrid membuat pemain asal Serbia itu rela meninggalkan Frankfurt. Tidak itu saja Jovic bergabung
Hiburan - 17 Mei 2019 10:58:51 wib

17 Caleg Artis Tak Lolos ke Senayan

Jawa Timur (Jatim) tampaknya bukan daerah pemilihan yang bisa memberi nasib baik bagi belasan calon legislatif (caleg) dari kalangan artis. Tercatat ada 19 caleg artis yang maju dari dapil Jatim, tapi hanya dua nama
Teknologi - 17 Mei 2019 10:40:47 wib

Wouw, Laptop Huawei Matebook X Pro bakal Masuk Pasar Indonesia

Huawei berencana membawa produk laptop premiumnya, Matebook X Pro ke pasar Indonesia pada paruh kedua 2019 atau setelah lebaran. Saat Ajang MWC Februari 2019, Laptop Huawei Matebook X Pro mendapat perhatian pengunjung,
Teknologi - 17 Mei 2019 10:27:22 wib

Facebook Hapus 265 Akun soal Israel

Facebook mengklaim menghapus 265 akun Facebook, akun Instagram, halaman, grup, dan acara yang terkait Israel. Akun-akun ini menargetkan para pengguna di Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Afrika. Langkah tersebut menjadi
Gadget - 17 Mei 2019 09:51:08 wib

2019, Inovasi Baru Huawei Mendongkrak Pasar Ponsel Indonesia

Sepanjang tahun 2019, Huawei melakukan inovasi baru, terobosan baru dan strategi baru dalam mendongkrak pasar ponsel di Indonesia. Inovasi itu dengan membawa banyak gawai premium ke pasar gadget di Indonesia, serta
Sepakbola - 17 Mei 2019 09:15:02 wib

Cristiano Ronaldo Ternyata Tak Sekuat Edin Dzeko

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo dinilai kalah kuat dibandingkan dengan penyerang AS Roma Edin Dzeko menurut bek tengah Inter Milan, Milan Skriniar. Cristiano Ronaldo merupakan simbol kesuksesan pesepakbola saat ini.
Teknologi - 16 Mei 2019 15:12:50 wib

Kembangkan Teknologi Pesawat Tanpa Awak, Indonesia Gandeng AS

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dalam transfer pengetahuan dan teknologi terkait pesawat tanpa awak (Unmanned
Teknologi - 16 Mei 2019 15:07:36 wib

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dengan Harga Murah

Penasaran dengan cara memilih laptop gaming murah tapi tangguh. Memang agak susah sih. Karena pilihan yang luar biasa banyak dengan segala variasinya. Apalagi kini banyak laptop yang diiklankan sebagai laptop gaming,
Gadget - 16 Mei 2019 13:53:47 wib

Google: Merek Ponsel Melimpah, Konsumen Kewalahan

Smartphone saat ini sudah menjelma menjadi kebutuhan primer dari banyak kalangan. Setiap minggunya, pasar Indonesia selalu didatangi oleh produk-produk terbaru dari brand smartphone. Tentunya dengan semakin banyaknya