17 April 2019, Jokowi Plooooong.....

Endy Purwanto
18 April 2019
Share Via

Pemungutan suara Pemilihan Umum serentak pada Rabu (17/04) sukses dilaksanakan. Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin menang dibandingkan sang rival nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih antara 8 hingga 10 persen.

Meski demikian, kubu 01 tidak melakukan selebrasi. Ini cerita dari Jokowi di hari bersejarah, 17 April 2019. “Plooong...”

Jokowi menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 008 yang terletak di pelataran gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Usai bermain bersama cucu, Sedah Mirah, di kediamannya Paviliun Bayu Rini, Istana Kepresidenan Bogor pada pagi harinya, Jokowi dan Iriana kompak mengenakan baju putih, menuju TPS. Menggunakan mobil Toyota Alphard B 2541 TOI, Jokowi dan Iriana tiba di TPS yang dihiasi ondel-ondel itu pukul 10.17 WIB.

Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu serentak 2019 di TPS 008, Pelataran Gedung Lembaga Adminsitrasi Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Jokowi dan Iriana diperlakukan sama seperti para pemilih lainnya. Begitu masuk TPS, keduanya langsung menyerahkan surat undangan ke meja panitia pemungutan suara. Setelah itu, keduanya duduk bersama para pemilih lain menunggu antrean. Sekitar 2 menit kemudian, panitia pemunggutan suara memanggil nama mereka. Dimulai dari nama Jokowi, Iriana menuyusl.

Usai mendapatkan penjelasan dari panitia pemungutan suara mengenai kertas suara yang diberikan, Jokowi dan Iriana berjalan menuju bilik suara untuk mencoblos. Meski Jokowi tiba di bilik suara terlebih dahulu, namun waktu selesai mencoblos berbarengan dengan Iriana.

Keduanya kemudian berjalan menuju kotak suara. Satu per satu kertas suaranya dimasukan ke dalam kotak, mulai dari kertas suara capres cawapres, calon anggota legislatif pusat, calon anggota senator dan calon anggota legislatif DKI Jakarta. “Plooooong,” kata Jokowi ketika ditanya wartawan, bagaimana rasanya seusai menggunakan suaranya.

Jokowi yang merupakan calon presiden petahana juga mengaku optimis menang dalam Pemilu 2019 ini. “Ya dalam bekerja kita ini selalu optimis terus,” ujar Jokowi.

Pukul 11.40 WIB, Jokowi dan Iriana meninggalkan TPS menuju Istana Kepresidenan Jakarta untuk makan siang dan melanjutkan pekerjaan kepresidenannya. Sekitar pukul 14.30 WIB, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyambangi Istana. Ditemani teh manis hangat, Megawati dan Jokowi berbincang-bincang soal situasi pascapencoblosan di Indonesia.

Sekitar satu jam kemudian, Jokowi dan Megawati menggunakan satu kendaraan bertolak ke gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat untuk berkumpul bersama Kiai Haji Ma’ruf Amin, struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) sekaligus seluruh ketua umum partai politik pendukung.

Hadir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Soeharso Manoarfa, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Hadir pula Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Pengarah TKN Jusuf Kalla, Ketua TKN Erick Thohir dan Luhut Binsar Panjaitan.
Tanpa Selebrasi Jokowi serta para tim sukses duduk di satu meja bundar. Sementara struktur TKN dan parpol lainnya duduk di meja serupa di samping kiri dan kanan meja utama.

Tidak ada kegiatan khusus selama di sana. Mereka hanya berbincang satu sama lain sambil sesekali melihat layar lebar yang menampilkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan kemenangan kubu 01. Tidak ada pula makanan ala pesta dalam acara itu. Hanya air mineral yang berada di botol hijau dan sepotong kue bolu yang sudah tersaji di piring kecil.

Sekitar pukul 16.45 WIB, tepatnya setelah kubu Prabowo-Sandiaga melaksanakan konferensi pers mengklaim kemenangan Pemilu 2019 di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jokowi dan tim sukses turun menemui awak media.

Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) karena sukses menyelenggarakan pesta demokrasi. Secara spesifik, Jokowi menyebut, “proses pesta demokrasi, Pileg dan Pilpres tadi pagi, telah berjalan dengan jujur dan adil,” ujar Jokowi.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih yang sama kepada TNI-Polri yang telah menciptakan stabilitas keamanan selama pelaksanaan pencoblosan. Jokowi menyampaikan masyarakat dapat melihat gambaran hasil Pemilu 2019 melalui exit poll maupun hitung cepat yang sudah dipublikasikan. Namun, ia meminta para pendukung bersabar. “Kita harus bersabar menunggu perhitungan resmi dari KPU,” ujar Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali sebagai saudara sebangsa setanah air. Menjaga persatuan, kerukunan dan persaudaraan usai momen pemungutan suara yang membuat masyarakat cenderung terbelah.

Jokowi dan para tim sukses tidak menyinggung kemenangannya versi hasil hitung cepat. Setelah menyampaikan keterangan pers, Jokowi, Ma’ruf beserta tim sukses pergi meninggalkan lokasi.

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung saat memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Maruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat.

Hanya para pendukungnya yang heboh saat bertemu Jokowi. Mereka berkerumum di sisi kiri dan kanan akses Jokowi melintas. Bahkan, massa memenuhi pelataran Djakarta Theater. Mereka ingin melihat Jokowi dari dekat dan mengucapkan selamat atas kemenangannya meski baru sebatas versi hitung cepat.

Lantas, mengapa Jokowi tidak memilih narasi kemenangan? “Pak Jokowi itu orangnya rendah hati dan sederhana. Beliau itu bukan ‘ge-er’ an dan patuh terhadap konstitusi,” ujar Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid sebagai bagian dari tim sukses.

Jokowi memilih tidak mengumbar kemenangan telebih lantaran menunggu lembaga berwenang yang mengumumkannya. “Walaupun kami 01 ini percaya diri akan ditetapkan sebagai pemenang, kami tidak ingin bersikap arogan dan kemudian mendeklarasikan kemenangan terlalu dini,” ujar Yenny.

“Kami ingin pihak yang memang memiliki wewenang mengumumkan hasil Pemilu, itulah suara yang harusnya didengar oleh masyarakat. Karena KPU itu lembaga independen,” lanjut dia.

Saat pergi meninggalkan Djakarta Theater, Jokowi mengatakan, akan berkegiatan seperti biasa setelah pencoblosan, yakni menjalankan tugas kenegaraan sebagai Presiden RI. “Ke Istana lagi, masih ada kerjaan,” ujar Jokowi dari dalam mobilnya.

Ia kemudian menutup jendela mobil yang bergerak perlahan keluar dari lokasi. Jokowi diketahui langung pulang ke kediamannya di Istana Kepresidenan Bogor. (Kompas/end)

 

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Gadget - 17 Mei 2019 16:18:43 wib

Asus Zenfone 6 Hadirkan Kamera Putar Canggih

Asus merilis smartphone terbaruZenfone 6. Smartphone tersebut membawa inovasi di bagian kameranya yakni flip camera atau kamera putar yang cukup menarik. Modul flip camera dapat berfungsi sebagai kamera utama yang juga
Nasional - 17 Mei 2019 15:58:26 wib

Presiden Jokowi Bangga Pembangunan Sirkuit MotoGP 2021 di Mandalika

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga dengan progres perkembangan lokasi MotoGP 2021 di Mandalika, dengan konsep Street Race Sirkuit sejauh ini sudah bagus. Sesuai laporan Direktur Utama Indonesia Tourism Development
Korporat - 17 Mei 2019 15:53:22 wib

Tim Helpdesk PT Airmas Perkasa Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Seluruh Tim Helpdesk PT Airmas Perkasa menggelar acara Buka Puasa dengan anak-anak Yatim Piatu dari Yayasan Yatim Piatu Rasullulah SAW di markasnya Jalan Petojo Binatu Raya No.19 RT 13/RW 08 Petojo Utara Gambir Jakarta
Hiburan - 17 Mei 2019 14:13:49 wib

Gara-gara Foto, Ariana Grande Dituntut Rp720 Juta

Robert Barbera menuntut Ariana Grande karena dua foto diri Ariana yang dipotret Barbera diunggah ke Instagram tanpa izin. Dalam beberapa laporan media menyebutkan Barbera adalah fotografer profesional dan
Olahraga Lainnya - 17 Mei 2019 14:08:35 wib

Zaha Siap Kembali Perkuat Old Trafford

Pemain Crystal Palace Wilfried Zaha dikabarkan siap kembali ke Manchester United jika pihak Setan Merah melayangkan tawaran. Pemain timnas Pantai Gading itu juga sudah meminta pihak klub untuk menjualnya pada musim
Teknologi - 17 Mei 2019 14:05:25 wib

Instagram Hadirkan Filter dan GIF Bertajuk Ramadhan

Berdasarkan riset data dari Yotpo Voice, hingga awal tahun 2019, lebih dari satu miliar akun aktif setiap bulannya. Banyak orang menggunakan Instagram untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan
Sepakbola - 17 Mei 2019 11:25:18 wib

Luka Jovic Bergabung ke Real Madrid

Akhirnya Eintracht Frankfurt tak kuasa mempertahankan Luka Jovic agar tidak pergi. Rupanya godaan bermain untuk Real Madrid membuat pemain asal Serbia itu rela meninggalkan Frankfurt. Tidak itu saja Jovic bergabung
Hiburan - 17 Mei 2019 10:58:51 wib

17 Caleg Artis Tak Lolos ke Senayan

Jawa Timur (Jatim) tampaknya bukan daerah pemilihan yang bisa memberi nasib baik bagi belasan calon legislatif (caleg) dari kalangan artis. Tercatat ada 19 caleg artis yang maju dari dapil Jatim, tapi hanya dua nama
Teknologi - 17 Mei 2019 10:40:47 wib

Wouw, Laptop Huawei Matebook X Pro bakal Masuk Pasar Indonesia

Huawei berencana membawa produk laptop premiumnya, Matebook X Pro ke pasar Indonesia pada paruh kedua 2019 atau setelah lebaran. Saat Ajang MWC Februari 2019, Laptop Huawei Matebook X Pro mendapat perhatian pengunjung,
Teknologi - 17 Mei 2019 10:27:22 wib

Facebook Hapus 265 Akun soal Israel

Facebook mengklaim menghapus 265 akun Facebook, akun Instagram, halaman, grup, dan acara yang terkait Israel. Akun-akun ini menargetkan para pengguna di Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Afrika. Langkah tersebut menjadi
Gadget - 17 Mei 2019 09:51:08 wib

2019, Inovasi Baru Huawei Mendongkrak Pasar Ponsel Indonesia

Sepanjang tahun 2019, Huawei melakukan inovasi baru, terobosan baru dan strategi baru dalam mendongkrak pasar ponsel di Indonesia. Inovasi itu dengan membawa banyak gawai premium ke pasar gadget di Indonesia, serta
Sepakbola - 17 Mei 2019 09:15:02 wib

Cristiano Ronaldo Ternyata Tak Sekuat Edin Dzeko

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo dinilai kalah kuat dibandingkan dengan penyerang AS Roma Edin Dzeko menurut bek tengah Inter Milan, Milan Skriniar. Cristiano Ronaldo merupakan simbol kesuksesan pesepakbola saat ini.
Teknologi - 16 Mei 2019 15:12:50 wib

Kembangkan Teknologi Pesawat Tanpa Awak, Indonesia Gandeng AS

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dalam transfer pengetahuan dan teknologi terkait pesawat tanpa awak (Unmanned
Teknologi - 16 Mei 2019 15:07:36 wib

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik Dengan Harga Murah

Penasaran dengan cara memilih laptop gaming murah tapi tangguh. Memang agak susah sih. Karena pilihan yang luar biasa banyak dengan segala variasinya. Apalagi kini banyak laptop yang diiklankan sebagai laptop gaming,
Gadget - 16 Mei 2019 13:53:47 wib

Google: Merek Ponsel Melimpah, Konsumen Kewalahan

Smartphone saat ini sudah menjelma menjadi kebutuhan primer dari banyak kalangan. Setiap minggunya, pasar Indonesia selalu didatangi oleh produk-produk terbaru dari brand smartphone. Tentunya dengan semakin banyaknya
Teknologi - 16 Mei 2019 13:26:26 wib

Hebat, Penjualan Nintendo Switch di Jepang Kalahkan PS4

Gamer Jepang memang selalu lebih memilih perangkat gaming yang lebih mobile, ini sudah menjadi sebuah fakta yang tidak terbantahkan. Perangkat mobile seperti ini memungkinkan mereka untuk mencicipi game favorit mereka
Teknologi - 16 Mei 2019 13:23:09 wib

HP Omen X 2S: Laptop Gaming dengan Dual-Screen Pertama

HP - salah satu produsen laptop terkemuka kembali mengumumkan laptop gaming terbaru dari lini Omen. Produk yang diberi nama HP Omen X 2S ini baru saja diumumkan pada acara HP Gaming Festival di Beijing. Omen X 2S
Asosiasi Lain - 16 Mei 2019 13:18:01 wib

APJII: 64 Persen Penduduk Indonesia Gunakan Internet

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan ada 171,17 juta pengguna internet di Indonesia pada 2018. Angka ini berdasarkan hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia
Hukum - 16 Mei 2019 12:35:45 wib

Densus 88 Bekuk 9 Terduga Teroris, 7 Orang Pernah Bertempur di Suriah

Aparat kepolisian dari Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri berhasil mengungkap lokasi persembunyian teroris. Hasilnya, pasukan ini menangkap sembilan terduga teroris yang masuk ke dalam jaringan Jamaah Ansharut Daullah
Asosiasi Lain - 16 Mei 2019 12:22:40 wib

Empat Fintech Kantongi Izin Usaha dari OJK

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengapresiasi keempat anggotanya yang mendapatkan izin usaha sebagai penyelenggara fintech lending dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terbitnya izin usaha keempat
Ayoo Memilih - 16 Mei 2019 11:55:10 wib

Bawaslu Putuskan KPU Langgar Administrasi Situng

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akhirnya memutus perkara terkait sistem informasi penghitungan suara (situng). Dalam putusannya, lembaga ini beranggapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pelanggaran
Sepakbola - 16 Mei 2019 11:28:01 wib

Jose Mourinho Tak Yakin Latih PSG

Jose Mourinho mengatakan ia tidak mungkin menjadi pelatih klub Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain. Sejak dipecat menjadi pelatih Manchester United pada Desember tahun lalu, Mourinho belum memiliki klub yang dilatih
Hukum - 16 Mei 2019 11:25:46 wib

KPK Terima Banyak Laporan Korupsi Pemilihan Rektor

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima banyak laporan praktik korupsi dalam sistem pemilihan rektor kampus di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) dan Kementerian Agama
Gadget - 16 Mei 2019 10:52:27 wib

Keren, Redmi Note 7 Dikirim ke Luar Angkasa

Redmi terus mempromosikan durabilitas smartphone andalannya, Redmi Note 7. Kali ini dengan cara menerbangkannya ke luar angkasa. Redmi Note 7 diterbangkan dengan balon udara, kemudian 'ditugaskan' untuk
Teknologi - 16 Mei 2019 10:42:44 wib

Kebijakan Baru Facebook Live Blokir Akun Bermasalah

Facebook menerapkan kebijakan baru bagi para akun yang melanggar kebijakan mereka, yakni dengan tidak bisa menggunakan fitur siaran langsung atau Facebook Live. "Mulai saat ini, orang-orang yang melanggar
Sepakbola - 16 Mei 2019 09:44:57 wib

Paul Pogba Umrah Saat Ramadhan

Bintang Manchester United, Paul Pogba melakukan ibadah umrah di bulan Ramadan, beberapa hari setelah Liga Inggris berakhir. Dalam akun instagram miliknya, Pogba mengunggah foto bersama bek Everton, Kurt Zouma di depan
Olahraga Lainnya - 16 Mei 2019 09:27:37 wib

MotoGP Prancis, Valentino Rossi Ingin Bangkit

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi yakin ia bisa bangkit dan kembali tampil bagus di seri MotoGP Prancis akhir pekan ini. Rossi yang mengawali tiga seri awal dengan hasil cukup bagus tidak bisa bersaing ketika balapan
Gadget - 15 Mei 2019 16:44:19 wib

Nokia Gandeng Qualcomm Siapkan Smartphone 5G

Qualcomm dan HMD Global menandatangani perjanjian lisensi paten untuk perangkat yang dapat terkoneksi dengan jaringan termasuk 5G. Perjanjian yang ditandatangani di San Diego, AS itu berlaku secara global, meliputi
Teknologi - 15 Mei 2019 16:40:13 wib

Waspada, WhatsApp Disusupi Spyware

Ditemukan celah keamanan pada aplikasi pesan WhatsApp yang dapat disusupi spyware yang akan menginfeksi smartphone pengguna melalui panggilan telepon, baik diangkat maupun tidak. Mengutip The Verge, Rabu (15/05)
Teknologi - 15 Mei 2019 16:27:24 wib

9 Aplikasi dan Game Terbaik Google Play Awards 2019

Setiap tahunnya Google selalu mengumumkan daftar pemenang Google Play Awards untuk mengapresiasi aplikasi dan game Android yang dinilai menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna dan berdampak positif atau inovatif.