APU, Lulusan Teknik Mesin Yang Beralih Jadi Pengusaha Kuliner

Yulistyo Pratomo
11 Desember 2017
Share Via

"The size of your success is measured by the strength of your desire; the size of your dream; and how you handle disappointment along the way."

Kata-kata yang diucapkan Robert Kiyosaki itu terngiang jelas dalam ingatan Agung Prasetyo Utomo, hingga membuat keputusan besar untuk mengundurkan dari dari Astra Internasional, sebuah perusahaan otomotif terbesar di Indonesia.

Seperti banyak anak muda lainnya, Apu begitu senang bisa diterima di perusahaan besar dan multinasional, bahkan dia berkesempatan bepergian ke sejumlah negara. Apalagi dia langsung diterima tanpa melalui tes apapun setelah masuk 10 besar lulusan terbaik Teknik Mesin di Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Namun Agung, atau akrab disapa Apu, tak mau terus berada di zona nyaman. Sebab, misi hidupnya jelas, harus pensiun di usia 40 tahun. Dengan tujuan itu pun Apu mulai mempersiapkan diri agar tetap mendapatkan fulus segar setiap bulan, ditambah bonus dari usaha dan kerja kerasnya.

Alhasil, Apu mulai menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membeli franchise minimarket. Ketika usaha tersebut mulai membuahkan hasil, beberapa tahun berikutnya dia mulai melirik bidang properti, berlanjut dengan membuka usaha di bidang kuliner untuk pertama kalinya dengan membuka Warung Pepes 33 di Karawang, Jawa Barat.

Tahun 2016, dia kembali membuka Warung Kepo di Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan konsep kekinian. Di tahun ini, tepatnya bulan Desember, Apu menetapkan diri untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang telah memberikannya banyak hal.

"Nah kemudian setelah keluar kerja saya fokus ke kuliner, karena kalau kuliner ini harus bisnis sendiri, harus business owner yang terjun langsung, enggak bisa diinvestasikan, enggak bisa nyuruh orang, ujung-ujungnya nanti rugi malah penyesalan," kata Apu saat berbincang dengan Ayooberita.com di rumahnya, kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, sepekan lalu.

Apu berencana membangun usaha baru lagi di bidang kuliner. Pengalaman bekerja di perusahaan multinasional menjadikan dirinya tidak mau gegabah, dia membuat perencanaan matang dan melakukan survei sebelum memulainya.

Perencanaan pertama diambil dari buah pengalamannya membuka dua restoran pendahulu, yakni Warung Pepes 33 dan Warung Kepo. Dua usaha ini sebenarnya cukup sukses, sejumlah pelanggan terus berdatangan bahkan sampai mengantre. Sayangnya hanya satu kekurangan, yaitu sulit berkembang.

Dari hasil review yang dia lakukan bersama tim, Warung Pepes 33 yang merupakan masakan Sunda sulit berkembang karena mutu yang harus dijaga. Sebab, masakan yang dibuat harus dalam kondisi segar.

Hal yang sama juga terjadi pada Warung Kepo yang menyediakan menu-menu seperti pisang goreng, roti bakar maupun indomie. Namun perubahan gaya hidup dan tingginya ongkos operasional membuatnya sulit melakukan ekspansi.

Setelah melakukan survei dengan mengambil data-data dari lembaga kredibel, dia dan tim beserta sejumlah investor memutuskan sepakat untuk membuka usaha kuliner berupa nasi dan ayam, hingga akhirnya diputuskan membuka Ayam GEPREK JUARA dengan cabang pertama di kawasan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

"Pemain ayam geprek mungkin sudah ada sebelum-sebelumnya, tapi yang memiliki konsep seperti kami, yang bisa memberikan unique selling point yang berbeda dengan yang lain itu Ayam GEPREK JUARA. Kenapa kasih ayam juara, salah satunya adalah yang lain boleh jualan ayam geprek, tapi juaranya tetep Ayam GEPREK JUARA," paparnya.

Sebagai perusahaan baru, dia langsung menentukan tiga pilar utama agar usaha ini bisa terus berjalan meski terjadi perubahan gaya hidup. Ketiga hal itu adalah konsep partial ownership, pemberdayaan dan bagi hasil.

"Maksudnya partial ownership atau jemaah adalah Ayam GEPREK JUARA ini dimiliki oleh gabungan beberapa orang yang memiliki visi dan misi yang sama, yang kemudian menelurkan brand Ayam GEPREK JUARA dan kita sama-sama melakukan pengelolaannya secara bersama-sama. Di sini kita libatkan teman-teman. Total teman-teman pengelola di saya itu ada 16-an orang, terus kemudian teman-teman yang menjadi investor sekitar ada 45-an orang," paparnya.

Kemudian melibatkan masyarakat sekitar dengan sistem pemberdayaan, di mana dia meminta ibu-ibu untuk membuat tahu, tempe maupun gorengan yang kemudian dibeli perusahaannya untuk dijual kembali. Jumlah dan standar masakan tersebut ditentukan oleh Ayam GEPREK JUARA, dengan harga yang sudah disepakati.

"Laku enggak laku itu tanggung jawabnya dari perusahaan, itu salah satu yang kita jalankan, karena kita enggak mau buat orang kecil susah."

Terakhir adalah sistem bagi hasil. Di mana semua orang, mulai dari masyarakat, pelanggan hingga pengelola memperoleh keuntungannya masing-masing. Yakni masyarakat sekitar yang terbantu secara ekonomi karena digandeng, pelanggan dengan menu makanannya yang murah dan enak, baru kemudian keuntungan bagi investor serta pengelola.

Dengan landasan itu, usaha yang dimulai sejak Juli 2017 ini sudah mulai berkembang dengan membuka tiga cabang baru di Tanjung Priok, Jakarta Utara; Sunter Agung, Jakarta Utara dan Perumnas Klender, Jakarta Timur. Bahkan, dia juga bersiap membuka enam cabang baru di Jakarta, serta tujuh cabang lainnya di luar ibu kota.

"Nah sekarang untuk di Kupang, bangunan fisik sudah jadi, orangnya juga sudah training, bulan depan insya Allah opening. Kalau kota lainnya, orangnya masih training," tutupnya.

Berbagi Ilmu Lewat Tauladan Umar Bin Khattab

Dalam rentang empat bulan sejak rumah makan Ayam GEPREK JUARA dibuka pertama kali di bulan Juli 2017 lalu, kini usaha tersebut sudah bertambah dengan berdirinya dua cabang baru dan segera menyusul 10 cabang lainnya di Jakarta dan luar ibu kota.

Sukses tersebut membuat beberapa orang ingin mengetahui kunci suksesnya, bahkan ada pula yang memintanya secara khusus untuk membuka workshop. Namun, permintaan itu lantas dia tolak.

"Saya merasa workshop itu tidak efektif," ucapnya singkat, saat berbincang dengan Ayooberita.com.

Meski sudah ditolak, namun kenalannya tersebut tetap mendorong untuk bisa membagi ilmu. Alhasil, dia pun membuat event khusus bernama JUARA Camp Batch I.

"Pesertanya ada lima orang. Mereka menginap di rumah saya selama tiga hari, dan ikut semua kegiatan saya secara penuh tanpa banyak tanya saya ke mana, cukup ikut saja," ungkapnya.

Tak hanya itu, seluruh biaya yang timbul seperti transportasi, makan dan lain sebagainya ditanggung sendiri oleh Apu. Alhasil, peserta tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dari kantongnya.

"Bedakan dengan workshop yang hanya tiga sampai empat jam, rasanya enggak efektif. Kalau ini peserta bisa bertanya-tanya sepanjang perjalanan. Makanya mereka menginap selama lima hari, makan di hotel pun saya yang membayari," bebernya.

Menurutnya, cara ini dia ikuti sesuai dengan teladan sahabat Nabi Muhammab SAW, yakni Umar bin Khattab. Di mana jika ingin mengenal lebih dalam seseorang tidak bisa dilakukan hanya dalam sehari.

Dengan teladan itu, Apu memiliki visi meng-Indonesia-kan Ayam GEPREK JUARA di seluruh pelosok Nusantara dari Sabang sampai Merauke dengan tiga pilar utama Juara: partial ownership, empowerment, profit sharing sehingga ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dengan menu olahan ayam yang bergizi, menyehatkan dan ringan di kantong. (TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 22 Februari 2019 17:55:33 wib

Baru di GooglePlay, Aplikasi LinkAja Alami Gangguan

Sistem aplikasi LinkAja, produk dompet digital yang diproduksi oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang baru diluncurkan di googleplay pada Jumat (22/02) kini sedang dalam masa perbaikan akibat tingginya jumlah
Otomotif - 22 Februari 2019 17:32:37 wib

Bentley Bentayga Speed Diklaim SUV Tercepat di Dunia

Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Bentley Motors, mengumumkan bahwa model terbaru Bentley Bentayga Speed merupakan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) termewah dan tercepat di dunia. Mengutip CNET, Jumat (22/02)
Perbankan - 22 Februari 2019 16:12:36 wib

Pengguna Bank Digital Jenius Tembus 1,2 Juta Orang

Aplikasi digital banking Jenius kini terus mencatatkan pertumbuhan positif di tengah masyarakat Indonesia. Sepanjang 2018, produk bank BTPN tersebut sudah memiliki 1,2 juta pengguna yang tersebar di seluruh
Sepakbola - 22 Februari 2019 16:00:21 wib

Gaji Pertama Dalot di Man United buat Beli Bus

Diogo Dalot menggunakan gaji pertama dari Manchester United untuk membelikan bus bagi sekolah sepak bola Fintas yang merupakan klub masa kecil bek asal Portugal itu. Kisah kedermawanan Dalot diungkapkan Luis Travassos
Teknologi - 22 Februari 2019 14:42:40 wib

Facebook Tambah Fitur Kontrol Privasi untuk Android

Facebook menambahkan fitur kontrol privasi baru ke aplikasinya untuk perangkat Android. Memungkinkan pengguna untuk memblokir aplikasi dari pengumpulan dan penyimpanan detil informasi lokasi mereka. "Kami
Teknologi - 22 Februari 2019 14:32:26 wib

Samsung Persembahkan The Space Monitor, Apa Keunggulannya?

Samsung Electronics Indonesia mempersembahkan The Space Monitor, yang tampil dengan desain ramping, minimalis, modern, serta fungsional agar area kerja semakin efektif dan membantu produktivitas kerja penggunanya.
Olahraga Lainnya - 22 Februari 2019 13:57:36 wib

Di Kandang Sendiri, Bucks Menang Dramatis atas Celtics

Milwaukee Bucks mampu mengalahkan salah satu rival beratnya di Wilayah Timur NBA Boston Celtics. Pada lanjutan NBA, Jumat (22/2/2019), Bucks menang dramatis 98-97 di Fiserv Forum. Bermain di kandang sendiri, Bucks
Makro - 22 Februari 2019 13:38:58 wib

Indonesia Investasi Ekonomi Digital di ISBF 2019

Ajang Indonesia - San Francisco Business Forum (ISBF) 2019, Pemerintah Indonesia menawarkan peluang investasi ekonomi digital juga pembangunan destinasi wisata 10 Bali Baru. Forum ini merupakan kolaborasi Konsulat
Gaya - 22 Februari 2019 13:35:41 wib

Lewat Rethink, Anak-anak Muda Ini Ingin RI Bebas Dari Sampah Plastik

Penyebaran sampah plastik di seluruh dunia sudah sangat memprihatinkan. Dalam sebuah penelitian, ditemukan terdapat 2,12 miliar ton sampah dan 400 juta ton di antaranya adalah sampah plastik. Indonesia sendiri telah
Teknologi - 22 Februari 2019 11:31:23 wib

Mozilla Siapkan Fitur Video Picture-in-Picture

Kebanyakan masyarakat melakukan kegiatan browsing ke internet tidak hanya sekadar mencari informasi saja, namun juga untuk hiburan. Berbagai website yang menyediakan layanan streaming video, sebut saja YouTube, Netflix
Sepakbola - 22 Februari 2019 10:50:33 wib

Liga Eropa: Mesut Ozil Kembali Tersenyum

Mesut Ozil, gelandang serang Arsenal, bisa kembali tersenyum di lapangan pada laga kedua babak 32 besar Liga Eropa melawan Bate Borisov. Senyum itu terajut setelah dua bulan penuh rasa frustrasi sang bintang di bawah
Nasional - 22 Februari 2019 10:46:43 wib

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan di Amerika Serikat

Satelit Nusantara Satu (PSN) VI diluncurkan dari Cape Canaveral. Florida, Amerika Serikat. Satelit Nusantara Satu merupakan satelit komunikasi geo stasioner (GEO) Indonesia dimiliki oleh Pasifik Satelit Nusantara (PSN).
Teknologi - 22 Februari 2019 10:10:48 wib

Apple Patenkan Keyless Entry System

Membuka pintu mobil sangatlah sederhana. Seperti membuka pintu rumah, tinggal masukkan kunci ke lubang, putar hingga kunci terbuka, dan menarik gagang pintu. Meski sederhana, rupanya teknologi buka kunci mobil makin
Sepakbola - 22 Februari 2019 09:53:27 wib

Liga Europa: Chelsea Lolos ke Babak 16

Chelsea berhasil menang atas Malmo 3-0 pada laga leg kedua babak 16 Liga Europa di Stampford Bridge, Inggris Jumat (22/2) dinihari WIB. Chelsea unggul telak setelah menit ke-73 klub asal Swedia itu harus bermain 10
Teknologi - 21 Februari 2019 17:34:46 wib

Aplikasi Office Baru di Windows 10 Lebih Praktis

Microsoft baru saja meluncurkan aplikasi terbaru bertajuk " Office" untuk pengguna Windows 10. Aplikasi ini sejatinya adalah pembaruan (re-branding) dari aplikasi My Office yang sebelumnya sudah
Bisnis - 21 Februari 2019 17:30:05 wib

Bisnis Mobile Payment di Indonesia Kian Dahsyat

Promo cashback ketika bayar pakai mobile payment tertentu di sejumlah tenant, mulai dari ritel modern hingga ke penjaja di pinggir jalan sedang riuh-riuhnya. Ini fenomena yang wajar ketika persaingan menggaet konsumen
Asosiasi Lain - 21 Februari 2019 17:25:02 wib

AMLI Khawatir Usaha Reklame Jakarta Lesu

Asosiasi Perusahaan Media Luargriya Indonesia (AMLI) mengkhawatirkan lesunya iklim investasi atas reklame di DKI Jakarta seiring dengan dijalankannya Pergub No. 148/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan
Gaya - 21 Februari 2019 15:51:33 wib

MPOW X3.0, Headphone Bluetooth Berdaya Tahan Lama

Produsen Headphone dengan brand MPOW melalui MPOW X3.0 Bluetooth menawarkan produk yang memberikan daya lebih lama yang mampu bertahan hingga 20 jam dalam kondisi nonstop digunakan. Sedangkan untuk posisi standby produk
Gadget - 21 Februari 2019 15:36:54 wib

Oppo Kawinkan 10x Optical Zoom Optik dengan Kamera Sony 48 MP

Wakil Presiden Oppo, Shen Yiren, mengumumkan beberapa detail dari smartphone flagship Oppo berikutnya terbilang canggih. Smartphone itu hadir dengan kamera 48 MP Sony 48 IMX586, yang sedang tren di industri seluler.
Teknologi - 21 Februari 2019 15:21:05 wib

BBM Tingkatkan Fitur Chatting dan Video Call

BBM baru saja meluncurkan pembaruan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Pembaruan ini membawa sejumlah peningkatan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Dalam keterangan resmi, Kamis (21/2),
Ekonomi - 21 Februari 2019 14:51:39 wib

BI Tahan Suku Bunga di Level 6 Persen

Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/7DRRR) di posisi 6 persen pada bulan ini. Tingkat suku bunga deposit facility dan
Teknologi - 21 Februari 2019 14:25:51 wib

Apple Segera Luncurkan 31 Inci Layar Monitor

Ming-Chi Kuo, seorang analis produk Apple mengabarkan bahwa perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini akan mengeluarkan serangkaian produk baru. Apple akan meluncurkan seri terbaru dari iPad, MacBook Pro ukuran 16
UKM - 21 Februari 2019 13:44:17 wib

Platform DealShaker Bantu UMKM Pasarkan Produknya

  Lembaga edukasi OneAcademy Indonesia meluncurkan platform digital bernama DealShaker.ID.  untuk membantu usaha mikro kecil menengah ( UMKM) memasarkan produknya. Bahkan, UMKM Indonesia bisa memasarkan
Otomotif - 21 Februari 2019 12:58:19 wib

Q4 E-Tron, Kejutan Mobil Audi Baru Bertenaga Listrik

AUDI membuat langkah kejutan di ajang Geneva Motor Show 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Alih-alih menghadirkan mobil baru Audi Q4 dengan mesin pembakaran internal, perusahaan mobil yang bermarkas di
Teknologi - 21 Februari 2019 12:29:06 wib

Tampilan Gmail di Android Serba Putih Pasca Dirombak

Setelah diuji coba, Google akhirnya resmi merombak desain tampilan untuk aplikasi Gmail di Android. Kesan yang pertama kali muncul ketika menjajalnya adalah bersih dan simpel dengan balutan serba putih. Elemen-elemen
Teknologi - 21 Februari 2019 11:21:08 wib

Trik Ajari Anak Mengelola Emosi Saat Main Video Game

  Tak selalu negatif, kadang-kadang video game juga bisa memiliki manfaat positif bagi anak. Salah satunya adalah bisa membantu anak belajar mengelola emosi. Tapi itu tidak berlaku untuk semua game. Selain itu,
Gadget - 21 Februari 2019 10:56:26 wib

Galaxy Fold, Smartphone Layar Lipat Samsung Dirilis

Bersamaan acara peluncuran trio Galaxy S10, Samsung juga merilis kehadiran smartphone layar lipat pertamanya yang resmi diberi nama Galaxy Fold. Perangkat tersebut hadir dengan dua layar, bagian depan berukuran 4,6 inci
Teknologi - 21 Februari 2019 10:35:19 wib

Aplikasi Qlue Sabet Best Mobile Empowerment

Platform Smartcity Qlue berhasil meraih penghargaan Best Mobile Goverment Service untuk kategori Public Empowerment pada ajang The 7th World Goverment Summit yang digelar di Dubai Uni Emirat Arab pada 10-12 Februari
Gadget - 21 Februari 2019 10:29:44 wib

2018: Pengguna Smartphone Indonesia Tembus 103 Juta Orang

Pengguna smartphone di Indonesia terus berkembang. Data eMarketer menyebutkan dalam lima tahun terakhir, pengguna Indonesia tumbuh dari 38,3 juta di 2014 berkembang ke angka 52,2 juta, 69,4 juta, 86,6 juta, dan 103 di
Sepakbola - 21 Februari 2019 09:50:11 wib

Man City Curi Poin di Kandang Schalke

Manchester City mengalahkan tuan rumah Schalke 3-2 di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Kamis (21/2/2019) dini hari. Kemenangan ini diraih dengan City meski