Constantine Otis Wuisan-Anak Indonesia Yang Tidak Lupa Tanah Kelahirannya

Setiohadi
02 Februari 2017
Share Via

Jakarta, Ayooberita.com - Constantine Otis Wuisan saat ini membidangi bidang Pasar Modal dan Investasi BPD HIPMI JAYA (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), memilih menjadi entreprenuer padahal bisa berkarir di dunia perbankan, karena latar belakang keluarga yang dekat dengan dunia perbankan. Constantine menyebut dikeluarganya, perbankan menjadi semacam norma keluarga, terbiasanya dengan obrolan tentang bisnis perbankan bahkan pada saat makan malam.

Setelah menyelesaikan studi Master of Science in Finance di The City University of New York, Baruch, New York pada Februari 2009, diumur 27 tahun memilih pulang ke Jakarta -  Indonesia karena merasa sebagai orang Indonesia, bangga dan mampu berbuat lebih banyak untuk Indonesia walaupun, orang tuanya yang menetap lama di Singapura menginginkan Constantine untuk tinggal di Singapura.

Sempat bekerja sebagai Graduate Management Acceleration Program (SME Banking) di Bank Permata, tetapi pada akhirnya mendirikan perusahaan sendiri di bidang agrobisnis yang nanti merambah bidang lain yaitu, properti dan Infrastruktur. Baginya bisa saja terus berkarir di dunia perbankan, tetapi dirinya masih muda dan jika terus dipaksakan untuk berkarir diperbankan itu menjadi bukan dirinya.

Pilihannya untuk berwirausaha karena merasa mampu berbuat lebih banyak untuk negaranya, Constantine merasa mempunyai strong sense of belonging sebagai orang Indonesia. Bidang usaha yang dipilihnya adalah usaha yang sustainable development dan tidak mau bekerja untuk usaha yang merusak lingkungan. Berdasarkan pengalaman kuliahnya di Amerika, dia berkesimpulan orang orang lebih tertarik kepada industri makanan dan gaya hidup, sehingga pilihan jatuh kepada industri agribisnis.

Constantine kemudian mendirikan perusahaan PT Walnut Capital, sebuah perusahaan investasi di bidang pertanian, properti dan infrastruktur. Perluasan bidang usahanya dari agrobisnis bertambah ke bidang properti dan infrastrutur disebabkan karena pergaulan dan wawasannya yang luas, tidak hanya di Indonesia koleganya juga berasal dari Amerika, Hongkong, Singapura, Jepang, Korea dll. Misalnya seorang teman kuliahnya dari Korea yang kemudian mengajaknya bekerjasama di bidang infrasruktur dan properti.

Constantine sangat memaksimalkan kesempatannya sebagai young social entreprenuer dengan mencoba dan terus bekerja keras. Ketertarikannya dibidang properti karena ada banyak peluang pariwisata di Indonesia khususnya di Indonesia Timur yang memiliki pantai yang bagus bagus tapi minim sarana dan prasarana. Peluang berikutnya Constantine memprediksi kalangan menengah ke atas di Indonesia akan semakin bertambah dan pariwisata adalah salah satu andalan Indonesia.

Begitu juga dibidang infrastruktur, menurutnya tidak mungkin pemerintah sendirian melaksanakan pembangunan infrastruktur di Indonesia, mesti di dukung oleh sektor swasta. Infrastruktur juga dipandang oleh Constantine sebagai bisnis yang mempunyai multiple effect bagi masyarakat banyak.

Constantine menyadari sebagai sosial entreprenuer, bidang usaha yang digelutinya harus memberi manfaat bagi orang banyak, profit memang penting tetapi kontribusi bagi negara juga harus diperhatikan. Hal ini menunjukan adanya idealisme dirinya dalam menjalankan usahanya sebagai social entreprenuer.

Dari diskusi dan pengalamannya di organisasi, HIPMI misalnya Constantine berpendapat peran pemerintah dalam dunia usaha kurang maksimal. Pemerintah dan pengusaha harus bergandengan tangan berjalan bersama untuk perbaikan ekonomi nasional. Solusi ekonomi harus menyentuh sebagai solusi yang mendasar dan bukan hanya sampai kulitnya saja, oleh karena itulah basic need perekonomian itu infrastruktur.

Tetapi, Constantine mengapresiasi langkah pemerintah yang telah berani menerapkan tax amnesty di Indonesia, sebab menerapkan sistem baru yang berlaku di negara lain ke negara sendiri itu cukup sulit.

Bagi pengusaha pemula atau yang sedang belajar menjadi entreprenuer Constantine mengatakan dalam berusaha harus tahan banting dalam mencari peluang usaha, prinsip utama dalam bekerja adalah 4 S (kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas). Harus berani keluar dari zona nyaman (Out of comfort zone), dan selalu berdoa untuk pertolongan Tuhan.

Sebagai pengusaha muda yang sukses dibidang agribisnis, properti dan infrastruktur, masih ada cita cita Constantine yang belum terwujud yaitu berharap suatu saat mempunyai sebuah Yayasan untuk saudara saudara kita yang belum beruntung. Yayasan dibuat untuk kebutuhan paling dasar yaitu dibidang kesehatan dan pendidikan.

Biodata

Nama : Constantine Otis Wuisan

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 9 April 1983

Pendidikan

TK Regina Pacis , Jakarta

SD Regina Pacis, Jakarta

SMP Regina Pacis , Jakarta

Choate Rosemary Hall Academy, Wallingford, Connecticut, USA

Universitas S1: University of Wisconsin - Madison, USA. Jurusan ekonomi

Universitas S2: Baruch College, New York, USA. Jurusan finance

 

WORK EXPERIENCE

 PT Walnut Agro; Jakarta, Indonesia        

President Director May 2010 - Present

Agroforestry, food estates. and distribution of organic rice product with the brand Naturice

PT Walnut Capital; Jakarta, Indonesia

A new fast growing investment company that focus on agriculture, property, and infrastructure

President Director  May 2010 - Present

PT Bank Permata Tbk; Jakarta, Indonesia

Permata Bank Graduate Management Acceleration Program (SME banking)    January 2009 - January 2010

LGT Bank in Liechtenstein (Singapore) Ltd; Singapore, Singapore

An affiliate of LGT Group who is a leading provider of private banking and asset management services for clients who value professional and discreet advice.  

PT Credit Suisse Investment Management Indonesia; Jakarta, Indonesia                        

A subsidiary of Credit Suisse Private Banking that provides expert advice and a comprehensive range of investment products and services tailored to the complex needs of high-net-worth individuals.

Assistant Relationship Manager ( May 2006 - February 2007)

Provide support, advice, and help to serve ultra high net worth clients.

Handle client orders (equities, bonds, and Foreign Exchange related products).

Develop investments proposals with the support of investment consultants, financial planners, and trust officers.

        Assist relationship managers in client meetings by preparing presentation and account statements.

        Learn and build client base network by applying marketing and acquisition strategies.

LEADERSHIP

 

Nasdem Student League (Liga Mahasiswa Nasdem)

 

Head of Department Division Agriculture, Maritime, and Forestry. November 2011 - Present

 

Young Indonesian Entrepreneur Organization - Jakarta Chapter (HIPMI Jaya)

 

Chairman of Capital Market and Investment

 

PROFESSIONAL TRAINING & QUALIFICATION :

 

CREDIT SUISSE BUSINESS SCHOOL CAMPUS ASIA (Singapore) May €“ October 2006

 

AMERICAN ACADEMY OF FINANCIAL MANAGEMENT (AAFM)   2009

 

Master of Financial Professional

SKILLS

 

Computer: Microsoft Office (Excel, Access, PowerPoint, Word, Visio)

 

Languages: Fluent in Indonesian, English, and Mandarin source : Indonesia Daily News  

Tags: hipmi,pengusaha,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Asosiasi Lain - 14 Agustus 2019 18:42:15 wib

Apindo: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Industri tak Kompetitif

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyoroti kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa membuat industri menjadi tidak kompetitif. Pasalnya porsi iuran BPJS baik BPJS Kesehatan mau pun BPJS
Selebriti - 14 Agustus 2019 17:28:58 wib

Kasus Narkoba, Artis Rio Reifan Kembali Ditangkap

Tak pernah jera dan kapok karena pernah dipenjara, artis Rio Reifan kembali ditangkap dalam kasus Narkoba. Penangkapan pemain sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini, merupakan ketiga kalinya diciduk polisi akibat
Sepakbola - 14 Agustus 2019 16:25:59 wib

Ronaldo Klaim Lebih Baik Ketimbang Messi

PENYERANG Juventus Cristiano Ronaldo mengklaim dirinya lebih baik ketimbang Lionel Messi ketika berlaga di Liga Champions. Ronaldo sukses meraih lima trofi Liga Champions bersama dua klub berbeda, Manchester United dan
Hipmi - 14 Agustus 2019 15:46:45 wib

Ketua Umum Hipmi Bahlil Segera Lepas Jabatan

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia akan segera melepaskan jabatannya tahun ini. Meskipun baru satu periode, Bahlil sepertinya ikhlas merelakan jabatan ketua umum dari organisasi cukup
Gadget - 14 Agustus 2019 15:39:40 wib

Huawei Luncurkan EMUI10

Huawei terus melakuka inovasi dan kini meluncurkan EMUI10. EMUI memungkinkan adanya koneksi antarperangkat dan juga antara perangkat dan aplikasi. Nantinya, ia akan mengembangkan pengalaman konsumen di setiap kebutuhan
Sepakbola - 13 Agustus 2019 18:04:13 wib

Barcelona Ancang-ancang Lepas Coutinho ke Munchen

Barcelona memiliki dua skenario untuk melepas Philippe Coutinho ke klub raksasa Bundesliga Bayern Munchen Bayern Munchen. Barcelona punya dua skema soal rencana meminjamkan Coutinho ke klub yang bermarkas di Allianz
Nasional - 13 Agustus 2019 16:19:49 wib

Ikatan Alumni ITB Dorong Pengembangan Technopreneurship di Indonesia

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menilai para pengambil keputusan segera memberikan dukungan maksimal kepada perkembangan sektor teknologi, dengan maksud dan tujuan yang aplikatif secara bisnis. 
Gadget - 13 Agustus 2019 15:18:32 wib

20 Agustus 2019, Smartphone "Empat Kamera" Realme 5 Meluncur

Realme baru saja meluncurkan ponsel kamera pop-up Realme X. Selang beberapa bulan, Realme kembali bersiap untuk meluncurkan smartphone terbarunya, dengan empat kamera belakang. Diberi nama Realme 5, ponsel tersebut
Makro - 13 Agustus 2019 15:13:44 wib

SoftBank rencana Suntik Dana ke Startup Indonesia

SoftBank Group berencana menambah suntikan investasi kepada salah satu startup milik Indonesia di sektor perikanan yaitu Aruna. Sebelumnya, bank asal Jepang itu sudah menyuntik dana USD 2 miliar kepada Grab
Otomotif - 13 Agustus 2019 14:27:26 wib

Porsche Taycan Mulai Mengaspal 4 September 2019

Porsche Taycan kabarnya akan memulai debut dengan mengaspal di jalanan pada 4 September 019, yang akan disiarkan secara langsung secara global di jaringan televisi Jerman, China, dan Kanada. Mengutip Carbuzz, Selasa
Olahraga Lainnya - 13 Agustus 2019 12:55:12 wib

Joging, Olahraga Terbaik Cegah Kegemukan

SARAN agar rajin berolahraga sering disampaikan pada orang yang mengeluh berat badannya bertambah. Namun, olahraga seperti apa yang paling efektif? Temuan terbaru dari tim peneliti di China mengidentifikasi lima tipe
Hukum - 13 Agustus 2019 12:29:18 wib

Pedangdut Iis Sugianto Diperiksa KPK, Kasus Apa?

PENYANYI dangdut Istiningdiah Sugianto alias Iis Sugianto diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan ini sebagai saksi dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Direktur Utama PT
Sepakbola - 13 Agustus 2019 11:48:51 wib

Wesley Sneijder Gantung Sepatu

Mantan gelandang Inter Milan dan timnas Belanda Wesley Sneijder mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada Senin (12/8/2019). Keputusan untuk gantung sepatu diutarakan Sneijder hanya selang beberapa minggu
Teknologi - 13 Agustus 2019 11:40:40 wib

Fitur FaceID Apple Bakal Dibenamkan ke Komputer Mac

FaceID diperkenalkan oleh Apple beberapa tahun lalu ke iPhone X. Sekarang, raksasa teknologi asal AS ini berencana untuk membawa teknologi tersebut ke komputer Mac. Rencana Apple terkait kemungkinan membawa
Sepakbola - 13 Agustus 2019 10:59:24 wib

Gagal Gaet Pogba, Real Madrid Lamar Neymar

REAL Madrid tampaknya akan menyudahi keinginan mendatangkan gelandang Manchester United Paul Poga dan memilih berkonsentrasi memburu penyernag Paris Saint-Germain (PSG) Neymar sebelum jendela transfer La Liga dan Ligue
Gadget - 13 Agustus 2019 10:32:57 wib

Dipatenkan, LG Desain Ponsel 3 Layar 2 Layar Bisa Dilipat

  LG mematenkan smartphone dengan 3 layar dan 2 layar bisa dilipat. Paten itu dimuat dalam dokumen "Z-Fold Type Foldable Smartphone" yang diterbitkan di database World Intellectual Property Office
Teknologi - 13 Agustus 2019 10:19:46 wib

Tips Aman bagi Anak Main Internet di Ponsel Android

Anak-anak zaman Now tumbuh besar bersama teknologi yang sudah akrab dengan ponsel dan Internet dalam kegiatan sehari-hari sehingga butuh pemahaman tentang sisi negatif keberadaan teknologi. "Kemajuan teknologi
Teknologi - 13 Agustus 2019 09:57:06 wib

Tragis, 1,4 Juta Perangkat Apple Rentan Pencurian Data

Perusahaan keamanan Check Point mendemonstrasikan kelemahan sistem operasi iOS sehingga dikhawatirkan sekitar 1,4 juta perangkat Apple rentan terhadap pencurian data dan password. Check Point menunjukkan kerentanan
Sepakbola - 12 Agustus 2019 16:58:46 wib

Fiorentina Tertarik Gaet Legenda Bayern Muenchen

Fiorentina terus mencari tenaga baru. Kali ini radar La Viola mengarah pada mantan winger Bayern Muenchen dan tim nasional Perancis, Franck Ribery. Kini, kubu Gigliati sedang berbicara dengan pihak Ribery. Klub tersebut
Wisata - 12 Agustus 2019 16:51:04 wib

Sayang, Calendar of Events Pariwisata Indonesia Tak Mampu Pikat Wisman

Selama setahun, Indonesia memiliki 100 Calendar of Event (CoE) pariwisata, seni budaya, fashion serta kuliner tradisional. Sayangnya, belum berdampak signifikan dalam menarik minat wisatawan mancanegara (Wisman)
Teknologi - 12 Agustus 2019 16:46:22 wib

Status Unicorn Tak Melulu Untung malah Bisa Jadi Ancaman

Kehadiran startup unicorn seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak membuat gegap gempita masyarakat Indonesia. Selain memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat, keempat unicorn asal Indonesia ini juga
Teknologi - 12 Agustus 2019 15:57:06 wib

Huawei Siapkan Ekosistem 5G di Indonesia

Huawei telah menandatangani perjanjian dengan Rusia untuk pengembangan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi generasi baru, 5G, di negara tersebut. Untuk Indonesia, kehadiran teknologi tersebut dikatakan Huawei masih
Hukum - 12 Agustus 2019 15:44:05 wib

Sebulan, 447 Orang di Jakarta Ditangkap Polda Metro Jaya

JAJARAN Polda Metro Jaya menangkap 447 orang terkait berbagai kasus tindak pidana seperti perampokan, begal, pencurian kendaraan bermotor, hasil operasi kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) selama sebulan, sejak
UKM - 12 Agustus 2019 15:23:09 wib

Kemajuan UMKM Diapresiasi

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) merayakan hari Usaha Mikro Kecil Menengah Nasional (UMKM) yang keempat sejak pertama kali dideklarasikan pada12 Agustus 2014. Mewakili Pemerintah, Sekretaris Menteri
Teknologi - 12 Agustus 2019 14:54:23 wib

Fintech Dituntut Jaga Keamanan Data Pengguna

Perkembangan fintech lokal menjadi topik yang patut disorot. Terutama tingginya antusiasme masyarakat Indonesia akan produk keuangan yang semakin inovatif. Hal ini dibuktikan dengan catatan OJK, kini ada 113 perusahaan
Teknologi - 12 Agustus 2019 13:22:39 wib

Google: Pengguna Android Suka Tombol Ergonomis Dibandingkan Gestur

Dibandingkan dengan smartphone beberapa tahun lalu, opsi tombol navigasi saat ini sudah semakin canggih, tidak jarang smartphone tidak membutuhkan tombol sama sekali dan hanya membutuhkan gestur tangan saja untuk bisa
Teknologi - 12 Agustus 2019 13:03:35 wib

Gameloft Gandeng Alibaba Boyong Asphalt 9: Legends Ke China

Gameloft, pemimpin dalam pengembangan dan penerbitan game, dan Alibaba Interactive Entertainment, platform distribusi mobile dari Alibaba Digital Media & Entertainment Group, mengumumkan kemitraan strategis untuk
Gadget - 12 Agustus 2019 11:47:53 wib

Ada Bug di Snapdragon, 34 Smartphone Kena Dampaknya

Qualcomm mengaku menemukan celah keamanan berbahaya atau bug di chipset Snapdragon besutannya. Oleh karena itu, sebanyak 34 model smartphone Android yang ditenagai oleh SoC rancangan Qualcomm itu diminta untuk melakukan
Kadin - 12 Agustus 2019 11:24:04 wib

Kadin: Pemanfaatan IC-CEPA Butuk Waktu

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai pemanfaatan Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia Chile (IC-CEPA) memerlukan waktu. Meski IC-CEPA mulai resmi diterapkan pada Sabtu (10/8). Karenanya
Teknologi - 12 Agustus 2019 10:36:42 wib

Tips Mengaktifkan Fitur Smart Downloads di Netflix

Awal tahun 2019, Netflix memperkenalkan fitur baru bagi pengguna aplikasi mobile-nya, yaitu Smart Downloads. Dengan Smart Downloads, pengguna Netflix akan dapat mengelola unduhan agar mereka bisa memiliki waktu lebih