David Christian, Pejuang Lingkungan Berinovasi Lewat Bisnis Kreatif

Yulistyo Pratomo
08 Oktober 2018
Share Via

Sepulang dari sekolah di Kanada, David Christian terkejut mendapati pemandangan yang sangat jauh berbeda tidak lama setelah menginjakkan kaki di Jakarta. Di kota yang menjadi pusat pemerintahan negara Republik Indonesia ini ternyata banyak dipenuhi sampah.

Sampah-sampah bertebaran di mana-mana, entah di jalanan, tanah kosong, bahkan air sungai. Pemandangan ini membuat David bertepuk dada. Pemandangan bersih, minim sampah dan keindahan yang dulu dilihatnya di Kanada kini sudah tidak terlihat lagi.

Salah satu yang membuatnya merasa sangat miris adalah permasalahan sampah plastik. Sampah-sampah inilah yang sangat sulit terurai meski sudah dikubur di dalam tanah, bahak butuh waktu sampai ratusan hingga ribuan tahun untuk bisa menyatu dengan bumi.

"Sampah plastik ini juga mencemari semuanya termasuk air minum kita. 70 Persen sudah tercemar microplastic, termasuk makanan kita, ikan, daging-daging semua itu juga sudah tercemar," jelas David saat berbincang dengan Ayooberita.com di Cocowork, UOB Plaza, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Melihat pemandangan itu, terbesit dalam pikiran David untuk berbuat sesuatu demi melindungi lingkungan hidup dari bahaya plastik. Alhasil, dia pun ngubek-ngubek video-video di internet, buku-buku hingga akhirnya menemukan cara yang dia nilai lebih efektif.

 

 

Ya, David berencana membuat gelas yang terbuat dari jelly atau agar sehingga bisa dimakan selain fungsinya sebagai tempat minuman. Bahan baku yang dipilihnya berasal dari rumput laut.

"Karena Indonesia penghasil rumput laut terbesar di dunia, tetapi penduduk kita banyak yang miskin. Makanya visi misi di Evoware itu, kita ingin bikin bisnis yang bisa menciptakan solusi-solusi untuk masalah plastik tetapi juga membantu petani rumput laut yang ada di Indonesia," terang David.

Setelah melalui beberapa proses percobaan, akhirnya dia pun berhasil memproduksi gelas agar pertama buatannya sendiri yang diberi nama Ello Jello. Namun perjalanan itu masih belum berakhir, dia harus mencari orang yang mau menjual atau membeli produknya itu.

Sampai sekitar Januari 2016, dia bertemu rekannya Edwin yang bersedia membantunya memperkenalkan Ello Jello kepada publik. Peluncuran pertama pun akhirnya dilakukan tiga bulan setelahnya, dan menamakan perusahannya dengan nama Evoware.

Di saat bersamaan, Edwin ternyata juga memiliki produk yang hampir serupa. Namun produk buatannya adalah pembungkus makanan yang bisa dimakan langsung atau mencair ketika disiram air panas.

"Jadi setelah partneran sama kita, ini kita jual ke market untuk yang packaging," kenangnya.

Beranjak dari sana, David memulai kampanye untuk mengubah cara pandang orang agar bisa lebih penduli terhadap lingungan. Rupanya, masih sangat sulit untuk bisa menyadarkan orang agar bisa mengubah kebiasaannya dari menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sembari mengajak orang peduli dengan lingkungan, dia juga berjuang memperkenalkan produknya yang dipandang unik bagi sebagian besar orang. "Orang yang enggak peduli lingkungan pun mau beli gelasnya, mau coba gelasnya, karena unik gelasnya bisa dimakan jadi mereka mau coba gitu. Dari situ kita bisa kasih tahu mereka 'thank you lho kalian sudah jadi bagian untuk mengurangi gelas plastik," ujar David dengan bangga.

 

 

Selain orang dewasa, David menekankan sosialisasi kepedulian lingkungannya kepada anak-anak sekolah. Sebab, dia yakin anak merupakan masa depan bangsa, jika diberikan pemahaman mengenai arti lingkungan maka selajutnya akan lebih peduli.

Untuk melakukannya, dia menggandeng banyak pihak. Baik pemerintah, swasta maupun organisasi non-pemerintah atau NGO. Dia juga pernah membuat acara di mana seluruh pesertanya diharamkan membawa plastik ke dalam area acara.

Edukasi tidak berhenti pada masyarakat umum, tapi juga para pengusaha seperti yang pernah dilakukan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Barat. "Kita edukasi ke pengusaha-pengusaha muda di Hipmi, karena mungkin bukan karena mereka enggak mau untuk peduli, tapi mereka karena enggak ngerti aja efeknya apa, dampaknya apa."

Selain sulit menyadarkan orang lain terhadap lingkungan, ternyata kesulitan serupa terjadi ketika dia mulai mencoba memasarkan produknya itu. Apalagi, Evoware merupakan bisnis pertamanya sejak pulang dari Kanada untuk bersekolah.

"Sulit banget sih pastinya karena sebelumnya belum pernah ada bisnis kan, jadi evoware itu bisnis pertama ku. Terus semua belajar sendiri semua, dari kayak ngatur karyawan, atau untuk bikin produknya, untuk produksi, untuk menjual, sharingnya dan segala macam, dan sekarang kayak marketingnya semuanya dari awal kita semuanya belajar sendiri."

Sayangnya, David dan rekannya bukan pemilik modal yang melimpah. Agar mampu bertahan, setidaknya untuk membiayai hidup sehari-hari, dia terus memutar otaknya agar bisa menjual produk-produk miliknya, sekaligus meningkatkan produksi.

"Begitu kita launching sampai sekarang kita sudah banyak orang tahu dari media sosial atau dari media-media lain juga. Tapi untuk kesulitan pasti ada juga, sampai sekarang bagian produksi masih ada kesulitan juga untuk memenuhi orderan," tambahnya.

Setelah Evoware, David kini sedang mengembangkan eCommerce sendiri yang dia beri nama padipadi.com. Sama seperti misinya di Evoware, lini bisnis barunya ini diharapkan menjadi penghubung langsung petani dengan pembelinya secara langsung.

Melalui usaha barunya ini, David berharap bisa mengubah nasib petani untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. PadiPadi sendiri yang berhubungan dengan petaninya secara langsung sekaligus mendorong membantu meningkatkan kualitas produksi.

"Jadi kita bisa bantu banyak petani Indonesia, terutama kita fokusnya di organik dan ecovalue juga, jadi kita ingin bantu sejaterahkan petani di Indonesia lah, karena kita tahu kan kita banyak sumber daya alamnya, petani juga banyak, tetapi masih banyak petani yang masih miskin karena kita di Evoware kita melihat petani banyak yang miskin. Mereka dibayar sangat rendah, kalau kita paling enggak bisa bayar mereka 2-3 kali lipat dari pada yang orang lain bayar. Ini bisnis, tapi tujuannya lebih ke memecahkan masalah dan membantu dari sisi sosial."

 

 

Sejak memulai bisnis, David mengaku telah mengambil banyak pengalaman baik dari segi manajemen waktu hingga sumber daya manusia. Tidak hanya itu, dia juga memiliki kesempatan untuk lebih pandai dalam berbicara dan mengurangi rasa groginya.

Tidak hanya itu, banyak ilmu dan strategi yang dia dapatkan selama menjalankan bisnisnya tersebut, antara lain strategi marketing, strategi bisnis, strategi untuk produksi.

"Banyak banget sih untuk belajar sih, terutama kayak padipadi.co belajar mengenai iculture, banyak juga di situ kayak kopi atau segala macam, gula, beras itu banyak banget belajar," pungkasnya. (TYO)

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 22 Februari 2019 17:55:33 wib

Baru di GooglePlay, Aplikasi LinkAja Alami Gangguan

Sistem aplikasi LinkAja, produk dompet digital yang diproduksi oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang baru diluncurkan di googleplay pada Jumat (22/02) kini sedang dalam masa perbaikan akibat tingginya jumlah
Otomotif - 22 Februari 2019 17:32:37 wib

Bentley Bentayga Speed Diklaim SUV Tercepat di Dunia

Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Bentley Motors, mengumumkan bahwa model terbaru Bentley Bentayga Speed merupakan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) termewah dan tercepat di dunia. Mengutip CNET, Jumat (22/02)
Perbankan - 22 Februari 2019 16:12:36 wib

Pengguna Bank Digital Jenius Tembus 1,2 Juta Orang

Aplikasi digital banking Jenius kini terus mencatatkan pertumbuhan positif di tengah masyarakat Indonesia. Sepanjang 2018, produk bank BTPN tersebut sudah memiliki 1,2 juta pengguna yang tersebar di seluruh
Sepakbola - 22 Februari 2019 16:00:21 wib

Gaji Pertama Dalot di Man United buat Beli Bus

Diogo Dalot menggunakan gaji pertama dari Manchester United untuk membelikan bus bagi sekolah sepak bola Fintas yang merupakan klub masa kecil bek asal Portugal itu. Kisah kedermawanan Dalot diungkapkan Luis Travassos
Teknologi - 22 Februari 2019 14:42:40 wib

Facebook Tambah Fitur Kontrol Privasi untuk Android

Facebook menambahkan fitur kontrol privasi baru ke aplikasinya untuk perangkat Android. Memungkinkan pengguna untuk memblokir aplikasi dari pengumpulan dan penyimpanan detil informasi lokasi mereka. "Kami
Teknologi - 22 Februari 2019 14:32:26 wib

Samsung Persembahkan The Space Monitor, Apa Keunggulannya?

Samsung Electronics Indonesia mempersembahkan The Space Monitor, yang tampil dengan desain ramping, minimalis, modern, serta fungsional agar area kerja semakin efektif dan membantu produktivitas kerja penggunanya.
Olahraga Lainnya - 22 Februari 2019 13:57:36 wib

Di Kandang Sendiri, Bucks Menang Dramatis atas Celtics

Milwaukee Bucks mampu mengalahkan salah satu rival beratnya di Wilayah Timur NBA Boston Celtics. Pada lanjutan NBA, Jumat (22/2/2019), Bucks menang dramatis 98-97 di Fiserv Forum. Bermain di kandang sendiri, Bucks
Makro - 22 Februari 2019 13:38:58 wib

Indonesia Investasi Ekonomi Digital di ISBF 2019

Ajang Indonesia - San Francisco Business Forum (ISBF) 2019, Pemerintah Indonesia menawarkan peluang investasi ekonomi digital juga pembangunan destinasi wisata 10 Bali Baru. Forum ini merupakan kolaborasi Konsulat
Gaya - 22 Februari 2019 13:35:41 wib

Lewat Rethink, Anak-anak Muda Ini Ingin RI Bebas Dari Sampah Plastik

Penyebaran sampah plastik di seluruh dunia sudah sangat memprihatinkan. Dalam sebuah penelitian, ditemukan terdapat 2,12 miliar ton sampah dan 400 juta ton di antaranya adalah sampah plastik. Indonesia sendiri telah
Teknologi - 22 Februari 2019 11:31:23 wib

Mozilla Siapkan Fitur Video Picture-in-Picture

Kebanyakan masyarakat melakukan kegiatan browsing ke internet tidak hanya sekadar mencari informasi saja, namun juga untuk hiburan. Berbagai website yang menyediakan layanan streaming video, sebut saja YouTube, Netflix
Sepakbola - 22 Februari 2019 10:50:33 wib

Liga Eropa: Mesut Ozil Kembali Tersenyum

Mesut Ozil, gelandang serang Arsenal, bisa kembali tersenyum di lapangan pada laga kedua babak 32 besar Liga Eropa melawan Bate Borisov. Senyum itu terajut setelah dua bulan penuh rasa frustrasi sang bintang di bawah
Nasional - 22 Februari 2019 10:46:43 wib

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan di Amerika Serikat

Satelit Nusantara Satu (PSN) VI diluncurkan dari Cape Canaveral. Florida, Amerika Serikat. Satelit Nusantara Satu merupakan satelit komunikasi geo stasioner (GEO) Indonesia dimiliki oleh Pasifik Satelit Nusantara (PSN).
Teknologi - 22 Februari 2019 10:10:48 wib

Apple Patenkan Keyless Entry System

Membuka pintu mobil sangatlah sederhana. Seperti membuka pintu rumah, tinggal masukkan kunci ke lubang, putar hingga kunci terbuka, dan menarik gagang pintu. Meski sederhana, rupanya teknologi buka kunci mobil makin
Sepakbola - 22 Februari 2019 09:53:27 wib

Liga Europa: Chelsea Lolos ke Babak 16

Chelsea berhasil menang atas Malmo 3-0 pada laga leg kedua babak 16 Liga Europa di Stampford Bridge, Inggris Jumat (22/2) dinihari WIB. Chelsea unggul telak setelah menit ke-73 klub asal Swedia itu harus bermain 10
Teknologi - 21 Februari 2019 17:34:46 wib

Aplikasi Office Baru di Windows 10 Lebih Praktis

Microsoft baru saja meluncurkan aplikasi terbaru bertajuk " Office" untuk pengguna Windows 10. Aplikasi ini sejatinya adalah pembaruan (re-branding) dari aplikasi My Office yang sebelumnya sudah
Bisnis - 21 Februari 2019 17:30:05 wib

Bisnis Mobile Payment di Indonesia Kian Dahsyat

Promo cashback ketika bayar pakai mobile payment tertentu di sejumlah tenant, mulai dari ritel modern hingga ke penjaja di pinggir jalan sedang riuh-riuhnya. Ini fenomena yang wajar ketika persaingan menggaet konsumen
Asosiasi Lain - 21 Februari 2019 17:25:02 wib

AMLI Khawatir Usaha Reklame Jakarta Lesu

Asosiasi Perusahaan Media Luargriya Indonesia (AMLI) mengkhawatirkan lesunya iklim investasi atas reklame di DKI Jakarta seiring dengan dijalankannya Pergub No. 148/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan
Gaya - 21 Februari 2019 15:51:33 wib

MPOW X3.0, Headphone Bluetooth Berdaya Tahan Lama

Produsen Headphone dengan brand MPOW melalui MPOW X3.0 Bluetooth menawarkan produk yang memberikan daya lebih lama yang mampu bertahan hingga 20 jam dalam kondisi nonstop digunakan. Sedangkan untuk posisi standby produk
Gadget - 21 Februari 2019 15:36:54 wib

Oppo Kawinkan 10x Optical Zoom Optik dengan Kamera Sony 48 MP

Wakil Presiden Oppo, Shen Yiren, mengumumkan beberapa detail dari smartphone flagship Oppo berikutnya terbilang canggih. Smartphone itu hadir dengan kamera 48 MP Sony 48 IMX586, yang sedang tren di industri seluler.
Teknologi - 21 Februari 2019 15:21:05 wib

BBM Tingkatkan Fitur Chatting dan Video Call

BBM baru saja meluncurkan pembaruan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Pembaruan ini membawa sejumlah peningkatan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Dalam keterangan resmi, Kamis (21/2),
Ekonomi - 21 Februari 2019 14:51:39 wib

BI Tahan Suku Bunga di Level 6 Persen

Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/7DRRR) di posisi 6 persen pada bulan ini. Tingkat suku bunga deposit facility dan
Teknologi - 21 Februari 2019 14:25:51 wib

Apple Segera Luncurkan 31 Inci Layar Monitor

Ming-Chi Kuo, seorang analis produk Apple mengabarkan bahwa perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini akan mengeluarkan serangkaian produk baru. Apple akan meluncurkan seri terbaru dari iPad, MacBook Pro ukuran 16
UKM - 21 Februari 2019 13:44:17 wib

Platform DealShaker Bantu UMKM Pasarkan Produknya

  Lembaga edukasi OneAcademy Indonesia meluncurkan platform digital bernama DealShaker.ID.  untuk membantu usaha mikro kecil menengah ( UMKM) memasarkan produknya. Bahkan, UMKM Indonesia bisa memasarkan
Otomotif - 21 Februari 2019 12:58:19 wib

Q4 E-Tron, Kejutan Mobil Audi Baru Bertenaga Listrik

AUDI membuat langkah kejutan di ajang Geneva Motor Show 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Alih-alih menghadirkan mobil baru Audi Q4 dengan mesin pembakaran internal, perusahaan mobil yang bermarkas di
Teknologi - 21 Februari 2019 12:29:06 wib

Tampilan Gmail di Android Serba Putih Pasca Dirombak

Setelah diuji coba, Google akhirnya resmi merombak desain tampilan untuk aplikasi Gmail di Android. Kesan yang pertama kali muncul ketika menjajalnya adalah bersih dan simpel dengan balutan serba putih. Elemen-elemen
Teknologi - 21 Februari 2019 11:21:08 wib

Trik Ajari Anak Mengelola Emosi Saat Main Video Game

  Tak selalu negatif, kadang-kadang video game juga bisa memiliki manfaat positif bagi anak. Salah satunya adalah bisa membantu anak belajar mengelola emosi. Tapi itu tidak berlaku untuk semua game. Selain itu,
Gadget - 21 Februari 2019 10:56:26 wib

Galaxy Fold, Smartphone Layar Lipat Samsung Dirilis

Bersamaan acara peluncuran trio Galaxy S10, Samsung juga merilis kehadiran smartphone layar lipat pertamanya yang resmi diberi nama Galaxy Fold. Perangkat tersebut hadir dengan dua layar, bagian depan berukuran 4,6 inci
Teknologi - 21 Februari 2019 10:35:19 wib

Aplikasi Qlue Sabet Best Mobile Empowerment

Platform Smartcity Qlue berhasil meraih penghargaan Best Mobile Goverment Service untuk kategori Public Empowerment pada ajang The 7th World Goverment Summit yang digelar di Dubai Uni Emirat Arab pada 10-12 Februari
Gadget - 21 Februari 2019 10:29:44 wib

2018: Pengguna Smartphone Indonesia Tembus 103 Juta Orang

Pengguna smartphone di Indonesia terus berkembang. Data eMarketer menyebutkan dalam lima tahun terakhir, pengguna Indonesia tumbuh dari 38,3 juta di 2014 berkembang ke angka 52,2 juta, 69,4 juta, 86,6 juta, dan 103 di
Sepakbola - 21 Februari 2019 09:50:11 wib

Man City Curi Poin di Kandang Schalke

Manchester City mengalahkan tuan rumah Schalke 3-2 di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Kamis (21/2/2019) dini hari. Kemenangan ini diraih dengan City meski