David Christian, Pejuang Lingkungan Berinovasi Lewat Bisnis Kreatif

Yulistyo Pratomo
08 Oktober 2018
Share Via

Sepulang dari sekolah di Kanada, David Christian terkejut mendapati pemandangan yang sangat jauh berbeda tidak lama setelah menginjakkan kaki di Jakarta. Di kota yang menjadi pusat pemerintahan negara Republik Indonesia ini ternyata banyak dipenuhi sampah.

Sampah-sampah bertebaran di mana-mana, entah di jalanan, tanah kosong, bahkan air sungai. Pemandangan ini membuat David bertepuk dada. Pemandangan bersih, minim sampah dan keindahan yang dulu dilihatnya di Kanada kini sudah tidak terlihat lagi.

Salah satu yang membuatnya merasa sangat miris adalah permasalahan sampah plastik. Sampah-sampah inilah yang sangat sulit terurai meski sudah dikubur di dalam tanah, bahak butuh waktu sampai ratusan hingga ribuan tahun untuk bisa menyatu dengan bumi.

"Sampah plastik ini juga mencemari semuanya termasuk air minum kita. 70 Persen sudah tercemar microplastic, termasuk makanan kita, ikan, daging-daging semua itu juga sudah tercemar," jelas David saat berbincang dengan Ayooberita.com di Cocowork, UOB Plaza, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Melihat pemandangan itu, terbesit dalam pikiran David untuk berbuat sesuatu demi melindungi lingkungan hidup dari bahaya plastik. Alhasil, dia pun ngubek-ngubek video-video di internet, buku-buku hingga akhirnya menemukan cara yang dia nilai lebih efektif.

 

 

Ya, David berencana membuat gelas yang terbuat dari jelly atau agar sehingga bisa dimakan selain fungsinya sebagai tempat minuman. Bahan baku yang dipilihnya berasal dari rumput laut.

"Karena Indonesia penghasil rumput laut terbesar di dunia, tetapi penduduk kita banyak yang miskin. Makanya visi misi di Evoware itu, kita ingin bikin bisnis yang bisa menciptakan solusi-solusi untuk masalah plastik tetapi juga membantu petani rumput laut yang ada di Indonesia," terang David.

Setelah melalui beberapa proses percobaan, akhirnya dia pun berhasil memproduksi gelas agar pertama buatannya sendiri yang diberi nama Ello Jello. Namun perjalanan itu masih belum berakhir, dia harus mencari orang yang mau menjual atau membeli produknya itu.

Sampai sekitar Januari 2016, dia bertemu rekannya Edwin yang bersedia membantunya memperkenalkan Ello Jello kepada publik. Peluncuran pertama pun akhirnya dilakukan tiga bulan setelahnya, dan menamakan perusahannya dengan nama Evoware.

Di saat bersamaan, Edwin ternyata juga memiliki produk yang hampir serupa. Namun produk buatannya adalah pembungkus makanan yang bisa dimakan langsung atau mencair ketika disiram air panas.

"Jadi setelah partneran sama kita, ini kita jual ke market untuk yang packaging," kenangnya.

Beranjak dari sana, David memulai kampanye untuk mengubah cara pandang orang agar bisa lebih penduli terhadap lingungan. Rupanya, masih sangat sulit untuk bisa menyadarkan orang agar bisa mengubah kebiasaannya dari menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sembari mengajak orang peduli dengan lingkungan, dia juga berjuang memperkenalkan produknya yang dipandang unik bagi sebagian besar orang. "Orang yang enggak peduli lingkungan pun mau beli gelasnya, mau coba gelasnya, karena unik gelasnya bisa dimakan jadi mereka mau coba gitu. Dari situ kita bisa kasih tahu mereka 'thank you lho kalian sudah jadi bagian untuk mengurangi gelas plastik," ujar David dengan bangga.

 

 

Selain orang dewasa, David menekankan sosialisasi kepedulian lingkungannya kepada anak-anak sekolah. Sebab, dia yakin anak merupakan masa depan bangsa, jika diberikan pemahaman mengenai arti lingkungan maka selajutnya akan lebih peduli.

Untuk melakukannya, dia menggandeng banyak pihak. Baik pemerintah, swasta maupun organisasi non-pemerintah atau NGO. Dia juga pernah membuat acara di mana seluruh pesertanya diharamkan membawa plastik ke dalam area acara.

Edukasi tidak berhenti pada masyarakat umum, tapi juga para pengusaha seperti yang pernah dilakukan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Barat. "Kita edukasi ke pengusaha-pengusaha muda di Hipmi, karena mungkin bukan karena mereka enggak mau untuk peduli, tapi mereka karena enggak ngerti aja efeknya apa, dampaknya apa."

Selain sulit menyadarkan orang lain terhadap lingkungan, ternyata kesulitan serupa terjadi ketika dia mulai mencoba memasarkan produknya itu. Apalagi, Evoware merupakan bisnis pertamanya sejak pulang dari Kanada untuk bersekolah.

"Sulit banget sih pastinya karena sebelumnya belum pernah ada bisnis kan, jadi evoware itu bisnis pertama ku. Terus semua belajar sendiri semua, dari kayak ngatur karyawan, atau untuk bikin produknya, untuk produksi, untuk menjual, sharingnya dan segala macam, dan sekarang kayak marketingnya semuanya dari awal kita semuanya belajar sendiri."

Sayangnya, David dan rekannya bukan pemilik modal yang melimpah. Agar mampu bertahan, setidaknya untuk membiayai hidup sehari-hari, dia terus memutar otaknya agar bisa menjual produk-produk miliknya, sekaligus meningkatkan produksi.

"Begitu kita launching sampai sekarang kita sudah banyak orang tahu dari media sosial atau dari media-media lain juga. Tapi untuk kesulitan pasti ada juga, sampai sekarang bagian produksi masih ada kesulitan juga untuk memenuhi orderan," tambahnya.

Setelah Evoware, David kini sedang mengembangkan eCommerce sendiri yang dia beri nama padipadi.com. Sama seperti misinya di Evoware, lini bisnis barunya ini diharapkan menjadi penghubung langsung petani dengan pembelinya secara langsung.

Melalui usaha barunya ini, David berharap bisa mengubah nasib petani untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. PadiPadi sendiri yang berhubungan dengan petaninya secara langsung sekaligus mendorong membantu meningkatkan kualitas produksi.

"Jadi kita bisa bantu banyak petani Indonesia, terutama kita fokusnya di organik dan ecovalue juga, jadi kita ingin bantu sejaterahkan petani di Indonesia lah, karena kita tahu kan kita banyak sumber daya alamnya, petani juga banyak, tetapi masih banyak petani yang masih miskin karena kita di Evoware kita melihat petani banyak yang miskin. Mereka dibayar sangat rendah, kalau kita paling enggak bisa bayar mereka 2-3 kali lipat dari pada yang orang lain bayar. Ini bisnis, tapi tujuannya lebih ke memecahkan masalah dan membantu dari sisi sosial."

 

 

Sejak memulai bisnis, David mengaku telah mengambil banyak pengalaman baik dari segi manajemen waktu hingga sumber daya manusia. Tidak hanya itu, dia juga memiliki kesempatan untuk lebih pandai dalam berbicara dan mengurangi rasa groginya.

Tidak hanya itu, banyak ilmu dan strategi yang dia dapatkan selama menjalankan bisnisnya tersebut, antara lain strategi marketing, strategi bisnis, strategi untuk produksi.

"Banyak banget sih untuk belajar sih, terutama kayak padipadi.co belajar mengenai iculture, banyak juga di situ kayak kopi atau segala macam, gula, beras itu banyak banget belajar," pungkasnya. (TYO)

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Asosiasi Lain - 22 Maret 2019 10:36:33 wib

REI Usul Kepemilikan Properti bagi Warga Asing Dipermudah

Asosiasi pengusaha pengembang properti tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) mengajukan usulan terhadap RUU Pertanahan yang salah satu poinnya adalah mempermudah kepemilikan properti warga negara asing (WNA). Saat
Nasional - 22 Maret 2019 10:01:47 wib

Jokowi Heran Aturan Penurunan Pajak Belum Selesai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran aturan penurunan pajak bagi korporasi belum juga selesai. Padahal, penurunan pajak bisa memberikan daya saing pada produk-produk yang dihasilkan, baik produk yang dijual di
Jakarta - 22 Maret 2019 09:53:46 wib

Pegawai Gerai OK OCE Lebih Sibuk Bersihkan Kaca

Jam menunjukkan pukul 14.30 WIB. Kasir gerai OK OCE Mart yang berada di depan kompleks Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat, itu sibuk membersihkan pintu kaca gerai. Aktivitasnya sesekali terhenti ketika beberapa anak
Teknologi - 22 Maret 2019 09:39:01 wib

Opera for Android Tambah Fitur VPN, Apa itu?

Browser Opera memasang fitur Virtual Private Network (VPN) yang terpasang secara otomatis dan gratis dalam aplikasi versi terbaru. Hingga kini sudah ada lebih dari 650 juta pengguna layanan VPN secara
Sepakbola - 22 Maret 2019 09:29:34 wib

Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Patahkan Ambisi Rusia

Dua gol dari Eden Hazard membawa Belgia menang 3-1 atas Rusia dalam laga babak kualifikasi Piala Eropa di Stade Roi Baudouin, Belegia, Jumat (22/3) dinihari. Ketiga gol tuan rumah tercipta masing-masing oleh Tielemans
Hukum - 21 Maret 2019 17:42:57 wib

Kasus Kokain, Pesinetron Steve Emmanuel Diancam Hukuman Mati

Artis peran sinetron Steve Emmanuel diajukan ke depan meja hijau di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Dalam sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaa, Kamis (21/03), terdakwa Steve dijerat dengan kepemilikan narkoba
Australia - 21 Maret 2019 17:20:20 wib

Selandia Baru Akan Siarankan Langsung Salat Di Lokasi Penembakan

Pemerintah Selandia Baru telah berupaya keras melakukan perbaikan atas Masjid Al Noor, lokasi penembakan yang menewaskan 50 orang jemaah. Bekas-bekas serangan telah ditutup dan diperbaiki, tembok-tembok juga sudah dicat
Nasional - 21 Maret 2019 17:07:56 wib

Wouw, 10 Ribu Pengusaha Indonesia Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

Dukungan terhadap kemenangan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin terus mengalir. Sekitar 10 ribu pengusaha Indonesia dari berbagai lapisan, sektor,
Politik - 21 Maret 2019 16:58:22 wib

DPR Nilai UU Terorisme Tak Tepat Diterapkan Buat Jerat Penyebar Hoaks

Rencana pemerintah untuk menjerat pelaku penyebaran hoaks dengan Undang-undang anti-terorisme mengundang pro dan kontra. Sejumlah pihak meminta agar penjeratan tetap menggunakan Undang-undang Informasi dan Transaksi
Teknologi - 21 Maret 2019 16:51:58 wib

Pemain PUBG Mobile Tembus 30 Juta Setiap Hari

Jumlah pengguna aktif game online PUBG Mobile sudah melampaui angka 30 juta per hari dengan jumlah unduhan mencapai 200 juta dalam waktu kurang dari setahun. Hal tersebut diungkap oleh Tencent Games dan PUBG Corporation
Selebriti - 21 Maret 2019 16:29:36 wib

Syahrini Laporkan Lia Ladysta ke Polda Metro Jaya

Penyanyi Syahrini (36) resmi melaporkan pedangdut Lia Ladysta, yang merupakan eks Trio Macan. Laporan itu dibuat Syahrini ke Polda Metro Jaya pada Selasa (19/3/2019), dengan nomor laporan LP/1690/III/2019/PMJ/DIT
Korporat - 21 Maret 2019 16:11:53 wib

Ayooklik.com Gelar Sosialisasi Belanja e-Katalog di Bogor

PT. Airmas Perkasa (Ayooklik.com) menggelar Sosialisasi Belanja e-katalog yang mengangkat tema "Solusi Belanja Cerdas Tanpa Was-was". Soalisisasi yang berlangsung di Hotel Olympic Renotel Bogor, pada Kamis
Makro - 21 Maret 2019 15:58:10 wib

BI Pertahankan Suku Acuan Di Angka 6 Persen

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku acuan BI atau 7-Day Reverse Repo Rate sebesar enam persen. Keputusan itu diambil setelah bank sentral ini menggelar rapat Rapat Dewan Gubernur atau RDG Bank
Jakarta - 21 Maret 2019 15:48:39 wib

Tarif MRT Ditentukan Rapim DPRD DKI Jakarta Pada Pekan Depan

Tarif transportasi cepat massal (mass rapid transit/MRT) masih belum juga ditetapkan. Saat ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta aan menggelar rapat pimpinan gabungan demi membahas masalah
Ayoo Memilih - 21 Maret 2019 15:32:49 wib

Indo Barometer: Jokowi-Maruf 50,2 Persen, Prabowo-Sandi 28,9 Persen

Mendekati proses pemilihan presiden yang berlangsung pada 17 April mendatang, sejumlah lembaga terus mengumumkan hasil survei. Kali ini giliran Indo Barometer. Dalam survei yang mereka lakukan, elektabilitas pasangan
Politik - 21 Maret 2019 15:20:54 wib

Tolak Survei Kompas, Gerindra Pede Elektabilitas Sejajar Dengan PDIP

Harian Kompas merilis survei terbaru mereka terkait sejumlah partai yang bisa melenggang ke Senayan. Dari hasil tersebut memperlihatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berada di peringkat pertama, disusul
Hukum - 21 Maret 2019 15:09:37 wib

Hakim Tolak Eksepsi, Habib Bahar Pilih Legowo

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung, Edison M memutuskan peradilan kasus penganiayaan anak di bawah umur dengan terdakwa Habib Bahar bin Smith dilanjutkan dengan pemeriksaan
Nasional - 21 Maret 2019 15:03:10 wib

Jokowi: Siapapun Presidennya, Tidak Mungkin Berani Larang Azan

Sejumlah berita hoaks masih saja menyambangi calon presiden petahana, Joko Widodo. Beberapa di antaranya seperti pernikahan sesama jenis, legalisasi zina, larangan azan hingga sejumlah berita fiktif lainnya. Tak
Jakarta - 21 Maret 2019 14:33:24 wib

MRT Segera Beroperasi, Kemenhub Ingin Tata Keberadaan Ojol & Opang

Kereta bawah tanah pertama di Jakarta atau yang dikenal sebagai angkutan cepat massal (Mass Rapid Transit/MRT) segera beroperasi. Namun, pemerintah juga telah menyoroti salah satu potensi kemacetan di sekitar stasiun,
Sepakbola - 21 Maret 2019 14:14:47 wib

Indonesia vs Thailand Laga Pembuka Piala AFC U-23

Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Thailand dalam laga pembuka kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar di Vietnam, Jumat (22/3). Laga ini akan disiarkan langsung di RCTI. Timnas U-23 Indonesia akan memperebutkan
Australia - 21 Maret 2019 14:14:15 wib

Selandia Baru Bakal Larang Senjata Otomatis Dimiliki Sipil

Tragedi penembakan yang menewaskan 50 jemaah masjid di Christchurch membuat pemerintah Selandia Baru berupaya menerapkan aturan baru dan tegas soal kepemilikan senjata. Aturan ini adalah meninjau kembali kepemilikan
Hukum - 21 Maret 2019 13:07:28 wib

Kasus Suap, Mantan Mensos Idrus Marham Dituntut 5 Tahun

Mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 4 bulan kurungan karena menerima suap Rp 2,25 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo terkait proyek PLTU
Teknologi - 21 Maret 2019 12:02:14 wib

2 April 2019, Google Plus Resmi Ditutup

Menyusul skandal kebocoran data pengguna, Google mengumumkan bakal secara resmi menutup jejaring sosial Google+ miliknya pada pertengahan 2019. Belakangan jadwal penutupan Google Plus dipercepat menjadi 2 April
Sosok - 21 Maret 2019 17:11:00 wib

Rizki Gian, Pernah Kena PHK Saat Kerja dan Kini Jadi Juragan Losmen

Jiwa pengusaha sebenarnya sudah pernah datang saat Rizki Gian Ardianto masih duduk di bangku SMA. Demi mencari uang, dia sempat berjualan baju atau menerima pesanan baju untuk ditawarkan kepada teman-teman
Gadget - 21 Maret 2019 10:47:32 wib

Realme 3 Pecahkan Rekor Penjualan Online

Realme 3 berhasil memecahkan rekor penjualan online perdananya di Lazada sebanyak 21.000 unit hanya dalam waktu tiga menit.  Ini bukan pertama kalinya Realme mencatat rekor penjualan di Lazada sejak kehadirannya di
Otomotif - 21 Maret 2019 10:37:18 wib

Mercedes-Benz OF 917 Resmi Mengaspal

Mercedes-Benz OF 917 resmi mengaspal di jalan raya Indonesia. Peluncurannya dilaksanakan bersamaan ajang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3). "Kami telah megerahkan seluruh
Teknologi - 21 Maret 2019 10:28:53 wib

Google Hentikan Aplikasi Inbox by Gmail

Raksasa teknologi Google mengumumkan akan menghentikan secara total aplikasi Inbox by Gmail pada 2 April 2019. Google menyarankan penggunanya untuk beralih dengan menggunakan Gmail. "Saat Gmail terus membaik,
Sepakbola - 21 Maret 2019 09:57:49 wib

Liga Champions: Liverpool Diprediksi Tersingkir Lawan Porto

Liverpool tidak boleh menganggap sebelah mata FC Porto pada perempat final Liga Champions. Ini kata penjaga gawang klub asal Portugal itu, Iker Casillas. Saat Manchester United harus menantang Barcelona dan Manchester
Teknologi - 21 Maret 2019 09:42:20 wib

Awal 2020, Riwayat Windows 7 Tamat

Microsoft tinggal menghitung bulan sebelum mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 7, tepatnya pada Januari 2020 mendatang. Mereka meminta penggunanya untuk segera beralih ke Windows 10. "Semua hal baik
Teknologi - 20 Maret 2019 17:33:28 wib

Slipstream Wireless Technology Janjikan Koneksi Lebih Kuat

Bayangkan jika Anda menggunakan tiga perangkat gaming secara bersamaan. Hal yang paling sering terjadi adalah interferensi sinyal, biasanya berdampak pada terganggunya koneksi dari ketiga perangkat tersebut. Untuk