Hipmi Jaya & Jakbar Ramaikan Talkshow Sukses dengan Francise Kekinian

Endy Purwanto
26 November 2018
Share Via

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Jakarta Barat (Jakbar) meramaikan Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018 di Balai Kartini, Jumat dengan menggelar Talkshow bertajuk Sukses dengan Francise Kekinian. Empat tokoh Hipmi juga pengusaha seksus mengisi talkshow dengan memaparkan keberhasilan bisnisnya sekaligus memberikan solusi juga menawarkan francise bisnisnya.

Mereka, Ketua Umum Hipmi Jakarta Raya (Jaya), Afifuddin Suhaeli Kalla, CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat, CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar  dan Owner Whats Up Cafe Valentino Ivan juga Ketua Bidang Koperasi & UKM BPC Hipmi Jakbar.

Ketua Umum Hipmi Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla menjelaskan anggota Hipmi Jaya kini mencapai 4.000 anggota, dari jumlah itu ada 300 pengusaha muda sebagai anggota baru Hipmi setiap tahunnya. "Ini menunjukkan antusias generasi muda semakin banyak menjadi pengusaha muda, yang berkecimpung di bidang kuliner paling banyak, disusul pendidikan, jasa kecantikan dan bisnis retail," ungkapnya.

Selain itu, sambung Afi - panggilan akrabnya, anggota Hipmi kini mengalami banyak kemajuan dibidang usahanya, termasuk melakukan franchise secara lokal dengan memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk berbisnis. Memang, konsep waralaba sangat cocok diterapkan di Indonesia karena budaya masyarakat yang sejak lama sudah menggeluti dunia wirausaha.

Dengan melakukan wirausaha dengan skema waralaba, pengusaha diuntungkan dengan sistem yang sudah terstandardisasi dan efisien dari segi ekonomi. "Jadi rasanya bisnis waralaba memang bentuk wiraswasta yang amat modern. Dan konsep waralaba juga baik untuk efisiensi ekonomi, standardisasi yang lazim diterapkan dengan konsep franchise membawa skala ekonomi yang menghemat banyak ongkos," lontarnya.

Sementara CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat menjelaskan usaha bisnisnya bergerak di toko online bidang Informasi Teknologi yang mayoritas berjualan di LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Usaha lainnya juga AyooMall yang memberi kesempatan kepada siapapun yang mau berjualan via online.

Selain itu, ada Ayookopi dengan menjual minuman kopi dengan cita rasa kopi yang khas dan berbeda. "Kami ingin melakukan Francise melalui Ayookopi ini agar tumbuh pengusaha muda baru. Hal ini sesuai dengan komitmen kami menggerakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kalangan muda menjadi pengusaha penggerak ekonomoi," paparnya.

Pria berkepala plontos mengakui sektor UMKM dan anak muda merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Sebab, sektor ini mampu berkontribusi menggerakan pemberdayaan ekonomi rakyat, mampu menyerap banyak tenaga kerja. Mereka juga mampu bertahan meski dengan keterbatasan permodalan. Anak muda sendiri memiliki semangat kreatif dan inovatif yang perlu mendapat dukungan," tambahnya.

Diakui, potensi dan peluang usaha sebenarnya sangat besar. Sayangnya belum mendapat perhatian khusus. Untuk itu kedepannya, ia berkomitmen untuk membantu UMKM dan kaum muda untuk menjadi pengusaha sukses. "Saya menerbitkan buku kiat sukses jadi pengusaha muda. Jadi isinya kiat-kiat bisnis, nah kalau mau jadi pebisnis ya baca buku saya. Praktis, simple, penuh kiat dan strategi juga tidak bertele-tele. Tujuannya agar mudah dipahami menjadi seorang pebisnis muda," ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, Ayookopi juga membuka tangan bagi siapa saja bagi generasi muda untuk melakukan francise. "Kami memberikan tawaran harga paling ekonomis, apalagi jika mau menjadi anggota Hipmi Jakbar pasti ada diskon banyak," lontar pengusaha muda kelahiran Jember Jawa Timur.

CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar memaparkan bisnisnya dibidang membersikan kaca dan body mobil atau coating. "Kami jamin mobil yang bodinya sudah rusak masuk show room kami pasti kinclong lagi. Kami bersyukur usaha ini bisa maju dan berkemban dengan membuka cabang di beberapa daerah di Indonesia seperti Pematang Siantar, Makassar, Solo, BSD Tangerang dan akan membuka lagi di tahun depan," paparnya.

Pabrikan kaca film premium asal Amerika Serikat, Johnson Laminating & Coating di California menunjuk Makko Group sebagai distributor baru produk kaca filmnya untuk pasar Indonesia. Makko Group menyandang status distributor tunggal produk Johnson Window Film mulai Februari 2018 dan bertanggung jawab penuh terhadap penjualan dan brand Johnson di Indonesia.

Sebelumnya, Makko Group juga menjadi distributor untuk lima merk kaca film, yaitu First Klass, Masterpiece, O2, Blacklist dan Signature serta menjadi distributor resmi karpet First Class. “Kami merasa terhormat telah ditunjuk menjadi distributor Johnson Window Film di Indonesia, yang merupakan pasar penting, strategis dan pangsa ekonomi terbesar di Asia Tenggara,“ kata Christopher Sebastian,

Pihaknya berjanji akan memacu penjualan Johnson Window Film lebih kuat lagi di Indonesia melalui terobosan inovasi dan varian produk yang dijual dengan tetap fokus pada kualitas untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen. Kaca film Johnson merupakan salah satu kaca film terlaris di AS karena keandalannya dalam mengontrol cahaya dan panas matahari serta dijual dengan harga terjangkau. "Kami telah menyiapkan strategi pemasaran yang agresif dan membuka beberapa diler baru di berbagai wilayah sebagai ujung tombak penjualan Johnson,“ kata Christopher.

Sementara Valentino Ivan menjelaskan untuk mempercepat pertumbuhan di dalam usaha ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan oleh pengusaha, salah satu strategi di dalam percepatan tersebut adalah strategi franchise. Seperti layaknya sebuah strategi pasti akan ada sesuatu yang positif maupun yang negative, pengusaha harus paham dengan jebakan - jebakan di dalam franchise yang akan menjadi titik balik kejatuhan bukannya pertumbuhan.

"Karena itu kita wajib tahu hal-hal ini sebelum mengalaminya secara langsung yang akan berdampak pada financial suatu usaha," ungkap Valention yang bergerak dibisnis Cafe dengan menyajikan Mie Instan. Café ini mampu menaikkan derajat mie instan dengan menyajikan fasilitas dan suasana yang cozy. Tahun ini What’s Up Cafe menawarkan peluang bisnisnya.

Mengusung tagline "The Next Level of Indomie", Cafe ini menghadirkan menu andalan yang terbuat dari bahan dasar mie instan. Bukan sekedar menyajikan mie instan seperti di warung pada umumnya, What’s Up Cafe meracik sendiri bumbu untuk mie instan dengan berbagai variasi.

Lebih dari itu What’s Up Café juga didirikan bukan sekadar tempat nongkrong, tapi juga sebagai wadah berkreasi anak muda dan komunitas. Cafe ini diluncurkan atas dasar merangkul komunitas anak muda untuk terus berkreasi. Tak hanya itu cafe ini juga mengajak mereka untuk ikut berkontibusi dalam acara-acara yang diadakan oleh What’s Up Café.

Konsep yang diusung What’s Up Cafe adalah tempat fun and young terlihat dari wall-art yang ada dan colorful. Disini juga menyediakan fasilitas lengkap yang dibutuhkan oleh anak muda yang kekinian seperti free Wifi, free games, colokan listrik untuk charger handphone dan live musik.

Adapun menu yang di tawarkan What’s Up Cafe seperti varian Indomie rasa barat Barbeque, Carbonara, Blackpaper dan sebagainya. Dari Asia ada Indomie tomyam. Sedangkan ala Indonesia ada Indomie oseng mercon. Lalu ada berbagai menu minuman yang sudah cukup familiar dan digemari anak muda. Semua disajikan dengan harga yang terjangkau sesuai kantong semua kalangan.

Tak hanya menu mie instan, What’s Up Café menawarkan menu-menu favorit seperti Roti Bakar Greentea Ice Cream, Nasi Oseng Mercon, Mantau Kaya Keju, Choco Monkey, Magic Soda, dan Aneka Mix Yoghurt. Café ini juga memiliki signature dish bernama Uwel-uwel, semacam donat kentang yang dibentuk mirip singkong goreng dan disajikan dengan es krim dan parutan coklat. "Nah untuk membuka franchise bagi pengusaha muda, kami menghadirkan menu baru sate dengan berbagai varian," jelasnya. (end)

 

Tags: HIPMI,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Asosiasi Lain - 22 Maret 2019 10:36:33 wib

REI Usul Kepemilikan Properti bagi Warga Asing Dipermudah

Asosiasi pengusaha pengembang properti tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) mengajukan usulan terhadap RUU Pertanahan yang salah satu poinnya adalah mempermudah kepemilikan properti warga negara asing (WNA). Saat
Nasional - 22 Maret 2019 10:01:47 wib

Jokowi Heran Aturan Penurunan Pajak Belum Selesai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran aturan penurunan pajak bagi korporasi belum juga selesai. Padahal, penurunan pajak bisa memberikan daya saing pada produk-produk yang dihasilkan, baik produk yang dijual di
Jakarta - 22 Maret 2019 09:53:46 wib

Pegawai Gerai OK OCE Lebih Sibuk Bersihkan Kaca

Jam menunjukkan pukul 14.30 WIB. Kasir gerai OK OCE Mart yang berada di depan kompleks Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat, itu sibuk membersihkan pintu kaca gerai. Aktivitasnya sesekali terhenti ketika beberapa anak
Teknologi - 22 Maret 2019 09:39:01 wib

Opera for Android Tambah Fitur VPN, Apa itu?

Browser Opera memasang fitur Virtual Private Network (VPN) yang terpasang secara otomatis dan gratis dalam aplikasi versi terbaru. Hingga kini sudah ada lebih dari 650 juta pengguna layanan VPN secara
Sepakbola - 22 Maret 2019 09:29:34 wib

Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Patahkan Ambisi Rusia

Dua gol dari Eden Hazard membawa Belgia menang 3-1 atas Rusia dalam laga babak kualifikasi Piala Eropa di Stade Roi Baudouin, Belegia, Jumat (22/3) dinihari. Ketiga gol tuan rumah tercipta masing-masing oleh Tielemans
Hukum - 21 Maret 2019 17:42:57 wib

Kasus Kokain, Pesinetron Steve Emmanuel Diancam Hukuman Mati

Artis peran sinetron Steve Emmanuel diajukan ke depan meja hijau di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Dalam sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaa, Kamis (21/03), terdakwa Steve dijerat dengan kepemilikan narkoba
Australia - 21 Maret 2019 17:20:20 wib

Selandia Baru Akan Siarankan Langsung Salat Di Lokasi Penembakan

Pemerintah Selandia Baru telah berupaya keras melakukan perbaikan atas Masjid Al Noor, lokasi penembakan yang menewaskan 50 orang jemaah. Bekas-bekas serangan telah ditutup dan diperbaiki, tembok-tembok juga sudah dicat
Nasional - 21 Maret 2019 17:07:56 wib

Wouw, 10 Ribu Pengusaha Indonesia Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

Dukungan terhadap kemenangan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin terus mengalir. Sekitar 10 ribu pengusaha Indonesia dari berbagai lapisan, sektor,
Politik - 21 Maret 2019 16:58:22 wib

DPR Nilai UU Terorisme Tak Tepat Diterapkan Buat Jerat Penyebar Hoaks

Rencana pemerintah untuk menjerat pelaku penyebaran hoaks dengan Undang-undang anti-terorisme mengundang pro dan kontra. Sejumlah pihak meminta agar penjeratan tetap menggunakan Undang-undang Informasi dan Transaksi
Teknologi - 21 Maret 2019 16:51:58 wib

Pemain PUBG Mobile Tembus 30 Juta Setiap Hari

Jumlah pengguna aktif game online PUBG Mobile sudah melampaui angka 30 juta per hari dengan jumlah unduhan mencapai 200 juta dalam waktu kurang dari setahun. Hal tersebut diungkap oleh Tencent Games dan PUBG Corporation
Selebriti - 21 Maret 2019 16:29:36 wib

Syahrini Laporkan Lia Ladysta ke Polda Metro Jaya

Penyanyi Syahrini (36) resmi melaporkan pedangdut Lia Ladysta, yang merupakan eks Trio Macan. Laporan itu dibuat Syahrini ke Polda Metro Jaya pada Selasa (19/3/2019), dengan nomor laporan LP/1690/III/2019/PMJ/DIT
Korporat - 21 Maret 2019 16:11:53 wib

Ayooklik.com Gelar Sosialisasi Belanja e-Katalog di Bogor

PT. Airmas Perkasa (Ayooklik.com) menggelar Sosialisasi Belanja e-katalog yang mengangkat tema "Solusi Belanja Cerdas Tanpa Was-was". Soalisisasi yang berlangsung di Hotel Olympic Renotel Bogor, pada Kamis
Makro - 21 Maret 2019 15:58:10 wib

BI Pertahankan Suku Acuan Di Angka 6 Persen

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku acuan BI atau 7-Day Reverse Repo Rate sebesar enam persen. Keputusan itu diambil setelah bank sentral ini menggelar rapat Rapat Dewan Gubernur atau RDG Bank
Jakarta - 21 Maret 2019 15:48:39 wib

Tarif MRT Ditentukan Rapim DPRD DKI Jakarta Pada Pekan Depan

Tarif transportasi cepat massal (mass rapid transit/MRT) masih belum juga ditetapkan. Saat ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta aan menggelar rapat pimpinan gabungan demi membahas masalah
Ayoo Memilih - 21 Maret 2019 15:32:49 wib

Indo Barometer: Jokowi-Maruf 50,2 Persen, Prabowo-Sandi 28,9 Persen

Mendekati proses pemilihan presiden yang berlangsung pada 17 April mendatang, sejumlah lembaga terus mengumumkan hasil survei. Kali ini giliran Indo Barometer. Dalam survei yang mereka lakukan, elektabilitas pasangan
Politik - 21 Maret 2019 15:20:54 wib

Tolak Survei Kompas, Gerindra Pede Elektabilitas Sejajar Dengan PDIP

Harian Kompas merilis survei terbaru mereka terkait sejumlah partai yang bisa melenggang ke Senayan. Dari hasil tersebut memperlihatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berada di peringkat pertama, disusul
Hukum - 21 Maret 2019 15:09:37 wib

Hakim Tolak Eksepsi, Habib Bahar Pilih Legowo

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung, Edison M memutuskan peradilan kasus penganiayaan anak di bawah umur dengan terdakwa Habib Bahar bin Smith dilanjutkan dengan pemeriksaan
Nasional - 21 Maret 2019 15:03:10 wib

Jokowi: Siapapun Presidennya, Tidak Mungkin Berani Larang Azan

Sejumlah berita hoaks masih saja menyambangi calon presiden petahana, Joko Widodo. Beberapa di antaranya seperti pernikahan sesama jenis, legalisasi zina, larangan azan hingga sejumlah berita fiktif lainnya. Tak
Jakarta - 21 Maret 2019 14:33:24 wib

MRT Segera Beroperasi, Kemenhub Ingin Tata Keberadaan Ojol & Opang

Kereta bawah tanah pertama di Jakarta atau yang dikenal sebagai angkutan cepat massal (Mass Rapid Transit/MRT) segera beroperasi. Namun, pemerintah juga telah menyoroti salah satu potensi kemacetan di sekitar stasiun,
Sepakbola - 21 Maret 2019 14:14:47 wib

Indonesia vs Thailand Laga Pembuka Piala AFC U-23

Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Thailand dalam laga pembuka kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar di Vietnam, Jumat (22/3). Laga ini akan disiarkan langsung di RCTI. Timnas U-23 Indonesia akan memperebutkan
Australia - 21 Maret 2019 14:14:15 wib

Selandia Baru Bakal Larang Senjata Otomatis Dimiliki Sipil

Tragedi penembakan yang menewaskan 50 jemaah masjid di Christchurch membuat pemerintah Selandia Baru berupaya menerapkan aturan baru dan tegas soal kepemilikan senjata. Aturan ini adalah meninjau kembali kepemilikan
Hukum - 21 Maret 2019 13:07:28 wib

Kasus Suap, Mantan Mensos Idrus Marham Dituntut 5 Tahun

Mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 4 bulan kurungan karena menerima suap Rp 2,25 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo terkait proyek PLTU
Teknologi - 21 Maret 2019 12:02:14 wib

2 April 2019, Google Plus Resmi Ditutup

Menyusul skandal kebocoran data pengguna, Google mengumumkan bakal secara resmi menutup jejaring sosial Google+ miliknya pada pertengahan 2019. Belakangan jadwal penutupan Google Plus dipercepat menjadi 2 April
Sosok - 21 Maret 2019 17:11:00 wib

Rizki Gian, Pernah Kena PHK Saat Kerja dan Kini Jadi Juragan Losmen

Jiwa pengusaha sebenarnya sudah pernah datang saat Rizki Gian Ardianto masih duduk di bangku SMA. Demi mencari uang, dia sempat berjualan baju atau menerima pesanan baju untuk ditawarkan kepada teman-teman
Gadget - 21 Maret 2019 10:47:32 wib

Realme 3 Pecahkan Rekor Penjualan Online

Realme 3 berhasil memecahkan rekor penjualan online perdananya di Lazada sebanyak 21.000 unit hanya dalam waktu tiga menit.  Ini bukan pertama kalinya Realme mencatat rekor penjualan di Lazada sejak kehadirannya di
Otomotif - 21 Maret 2019 10:37:18 wib

Mercedes-Benz OF 917 Resmi Mengaspal

Mercedes-Benz OF 917 resmi mengaspal di jalan raya Indonesia. Peluncurannya dilaksanakan bersamaan ajang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3). "Kami telah megerahkan seluruh
Teknologi - 21 Maret 2019 10:28:53 wib

Google Hentikan Aplikasi Inbox by Gmail

Raksasa teknologi Google mengumumkan akan menghentikan secara total aplikasi Inbox by Gmail pada 2 April 2019. Google menyarankan penggunanya untuk beralih dengan menggunakan Gmail. "Saat Gmail terus membaik,
Sepakbola - 21 Maret 2019 09:57:49 wib

Liga Champions: Liverpool Diprediksi Tersingkir Lawan Porto

Liverpool tidak boleh menganggap sebelah mata FC Porto pada perempat final Liga Champions. Ini kata penjaga gawang klub asal Portugal itu, Iker Casillas. Saat Manchester United harus menantang Barcelona dan Manchester
Teknologi - 21 Maret 2019 09:42:20 wib

Awal 2020, Riwayat Windows 7 Tamat

Microsoft tinggal menghitung bulan sebelum mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 7, tepatnya pada Januari 2020 mendatang. Mereka meminta penggunanya untuk segera beralih ke Windows 10. "Semua hal baik
Teknologi - 20 Maret 2019 17:33:28 wib

Slipstream Wireless Technology Janjikan Koneksi Lebih Kuat

Bayangkan jika Anda menggunakan tiga perangkat gaming secara bersamaan. Hal yang paling sering terjadi adalah interferensi sinyal, biasanya berdampak pada terganggunya koneksi dari ketiga perangkat tersebut. Untuk