Hipmi Jaya & Jakbar Ramaikan Talkshow Sukses dengan Francise Kekinian

Endy Purwanto
26 November 2018
Share Via

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Jakarta Barat (Jakbar) meramaikan Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018 di Balai Kartini, Jumat dengan menggelar Talkshow bertajuk Sukses dengan Francise Kekinian. Empat tokoh Hipmi juga pengusaha seksus mengisi talkshow dengan memaparkan keberhasilan bisnisnya sekaligus memberikan solusi juga menawarkan francise bisnisnya.

Mereka, Ketua Umum Hipmi Jakarta Raya (Jaya), Afifuddin Suhaeli Kalla, CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat, CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar  dan Owner Whats Up Cafe Valentino Ivan juga Ketua Bidang Koperasi & UKM BPC Hipmi Jakbar.

Ketua Umum Hipmi Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla menjelaskan anggota Hipmi Jaya kini mencapai 4.000 anggota, dari jumlah itu ada 300 pengusaha muda sebagai anggota baru Hipmi setiap tahunnya. "Ini menunjukkan antusias generasi muda semakin banyak menjadi pengusaha muda, yang berkecimpung di bidang kuliner paling banyak, disusul pendidikan, jasa kecantikan dan bisnis retail," ungkapnya.

Selain itu, sambung Afi - panggilan akrabnya, anggota Hipmi kini mengalami banyak kemajuan dibidang usahanya, termasuk melakukan franchise secara lokal dengan memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk berbisnis. Memang, konsep waralaba sangat cocok diterapkan di Indonesia karena budaya masyarakat yang sejak lama sudah menggeluti dunia wirausaha.

Dengan melakukan wirausaha dengan skema waralaba, pengusaha diuntungkan dengan sistem yang sudah terstandardisasi dan efisien dari segi ekonomi. "Jadi rasanya bisnis waralaba memang bentuk wiraswasta yang amat modern. Dan konsep waralaba juga baik untuk efisiensi ekonomi, standardisasi yang lazim diterapkan dengan konsep franchise membawa skala ekonomi yang menghemat banyak ongkos," lontarnya.

Sementara CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat menjelaskan usaha bisnisnya bergerak di toko online bidang Informasi Teknologi yang mayoritas berjualan di LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Usaha lainnya juga AyooMall yang memberi kesempatan kepada siapapun yang mau berjualan via online.

Selain itu, ada Ayookopi dengan menjual minuman kopi dengan cita rasa kopi yang khas dan berbeda. "Kami ingin melakukan Francise melalui Ayookopi ini agar tumbuh pengusaha muda baru. Hal ini sesuai dengan komitmen kami menggerakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kalangan muda menjadi pengusaha penggerak ekonomoi," paparnya.

Pria berkepala plontos mengakui sektor UMKM dan anak muda merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Sebab, sektor ini mampu berkontribusi menggerakan pemberdayaan ekonomi rakyat, mampu menyerap banyak tenaga kerja. Mereka juga mampu bertahan meski dengan keterbatasan permodalan. Anak muda sendiri memiliki semangat kreatif dan inovatif yang perlu mendapat dukungan," tambahnya.

Diakui, potensi dan peluang usaha sebenarnya sangat besar. Sayangnya belum mendapat perhatian khusus. Untuk itu kedepannya, ia berkomitmen untuk membantu UMKM dan kaum muda untuk menjadi pengusaha sukses. "Saya menerbitkan buku kiat sukses jadi pengusaha muda. Jadi isinya kiat-kiat bisnis, nah kalau mau jadi pebisnis ya baca buku saya. Praktis, simple, penuh kiat dan strategi juga tidak bertele-tele. Tujuannya agar mudah dipahami menjadi seorang pebisnis muda," ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, Ayookopi juga membuka tangan bagi siapa saja bagi generasi muda untuk melakukan francise. "Kami memberikan tawaran harga paling ekonomis, apalagi jika mau menjadi anggota Hipmi Jakbar pasti ada diskon banyak," lontar pengusaha muda kelahiran Jember Jawa Timur.

CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar memaparkan bisnisnya dibidang membersikan kaca dan body mobil atau coating. "Kami jamin mobil yang bodinya sudah rusak masuk show room kami pasti kinclong lagi. Kami bersyukur usaha ini bisa maju dan berkemban dengan membuka cabang di beberapa daerah di Indonesia seperti Pematang Siantar, Makassar, Solo, BSD Tangerang dan akan membuka lagi di tahun depan," paparnya.

Pabrikan kaca film premium asal Amerika Serikat, Johnson Laminating & Coating di California menunjuk Makko Group sebagai distributor baru produk kaca filmnya untuk pasar Indonesia. Makko Group menyandang status distributor tunggal produk Johnson Window Film mulai Februari 2018 dan bertanggung jawab penuh terhadap penjualan dan brand Johnson di Indonesia.

Sebelumnya, Makko Group juga menjadi distributor untuk lima merk kaca film, yaitu First Klass, Masterpiece, O2, Blacklist dan Signature serta menjadi distributor resmi karpet First Class. “Kami merasa terhormat telah ditunjuk menjadi distributor Johnson Window Film di Indonesia, yang merupakan pasar penting, strategis dan pangsa ekonomi terbesar di Asia Tenggara,“ kata Christopher Sebastian,

Pihaknya berjanji akan memacu penjualan Johnson Window Film lebih kuat lagi di Indonesia melalui terobosan inovasi dan varian produk yang dijual dengan tetap fokus pada kualitas untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen. Kaca film Johnson merupakan salah satu kaca film terlaris di AS karena keandalannya dalam mengontrol cahaya dan panas matahari serta dijual dengan harga terjangkau. "Kami telah menyiapkan strategi pemasaran yang agresif dan membuka beberapa diler baru di berbagai wilayah sebagai ujung tombak penjualan Johnson,“ kata Christopher.

Sementara Valentino Ivan menjelaskan untuk mempercepat pertumbuhan di dalam usaha ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan oleh pengusaha, salah satu strategi di dalam percepatan tersebut adalah strategi franchise. Seperti layaknya sebuah strategi pasti akan ada sesuatu yang positif maupun yang negative, pengusaha harus paham dengan jebakan - jebakan di dalam franchise yang akan menjadi titik balik kejatuhan bukannya pertumbuhan.

"Karena itu kita wajib tahu hal-hal ini sebelum mengalaminya secara langsung yang akan berdampak pada financial suatu usaha," ungkap Valention yang bergerak dibisnis Cafe dengan menyajikan Mie Instan. Café ini mampu menaikkan derajat mie instan dengan menyajikan fasilitas dan suasana yang cozy. Tahun ini What’s Up Cafe menawarkan peluang bisnisnya.

Mengusung tagline "The Next Level of Indomie", Cafe ini menghadirkan menu andalan yang terbuat dari bahan dasar mie instan. Bukan sekedar menyajikan mie instan seperti di warung pada umumnya, What’s Up Cafe meracik sendiri bumbu untuk mie instan dengan berbagai variasi.

Lebih dari itu What’s Up Café juga didirikan bukan sekadar tempat nongkrong, tapi juga sebagai wadah berkreasi anak muda dan komunitas. Cafe ini diluncurkan atas dasar merangkul komunitas anak muda untuk terus berkreasi. Tak hanya itu cafe ini juga mengajak mereka untuk ikut berkontibusi dalam acara-acara yang diadakan oleh What’s Up Café.

Konsep yang diusung What’s Up Cafe adalah tempat fun and young terlihat dari wall-art yang ada dan colorful. Disini juga menyediakan fasilitas lengkap yang dibutuhkan oleh anak muda yang kekinian seperti free Wifi, free games, colokan listrik untuk charger handphone dan live musik.

Adapun menu yang di tawarkan What’s Up Cafe seperti varian Indomie rasa barat Barbeque, Carbonara, Blackpaper dan sebagainya. Dari Asia ada Indomie tomyam. Sedangkan ala Indonesia ada Indomie oseng mercon. Lalu ada berbagai menu minuman yang sudah cukup familiar dan digemari anak muda. Semua disajikan dengan harga yang terjangkau sesuai kantong semua kalangan.

Tak hanya menu mie instan, What’s Up Café menawarkan menu-menu favorit seperti Roti Bakar Greentea Ice Cream, Nasi Oseng Mercon, Mantau Kaya Keju, Choco Monkey, Magic Soda, dan Aneka Mix Yoghurt. Café ini juga memiliki signature dish bernama Uwel-uwel, semacam donat kentang yang dibentuk mirip singkong goreng dan disajikan dengan es krim dan parutan coklat. "Nah untuk membuka franchise bagi pengusaha muda, kami menghadirkan menu baru sate dengan berbagai varian," jelasnya. (end)

 

Tags: HIPMI,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 22 Februari 2019 17:55:33 wib

Baru di GooglePlay, Aplikasi LinkAja Alami Gangguan

Sistem aplikasi LinkAja, produk dompet digital yang diproduksi oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang baru diluncurkan di googleplay pada Jumat (22/02) kini sedang dalam masa perbaikan akibat tingginya jumlah
Otomotif - 22 Februari 2019 17:32:37 wib

Bentley Bentayga Speed Diklaim SUV Tercepat di Dunia

Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Bentley Motors, mengumumkan bahwa model terbaru Bentley Bentayga Speed merupakan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) termewah dan tercepat di dunia. Mengutip CNET, Jumat (22/02)
Perbankan - 22 Februari 2019 16:12:36 wib

Pengguna Bank Digital Jenius Tembus 1,2 Juta Orang

Aplikasi digital banking Jenius kini terus mencatatkan pertumbuhan positif di tengah masyarakat Indonesia. Sepanjang 2018, produk bank BTPN tersebut sudah memiliki 1,2 juta pengguna yang tersebar di seluruh
Sepakbola - 22 Februari 2019 16:00:21 wib

Gaji Pertama Dalot di Man United buat Beli Bus

Diogo Dalot menggunakan gaji pertama dari Manchester United untuk membelikan bus bagi sekolah sepak bola Fintas yang merupakan klub masa kecil bek asal Portugal itu. Kisah kedermawanan Dalot diungkapkan Luis Travassos
Teknologi - 22 Februari 2019 14:42:40 wib

Facebook Tambah Fitur Kontrol Privasi untuk Android

Facebook menambahkan fitur kontrol privasi baru ke aplikasinya untuk perangkat Android. Memungkinkan pengguna untuk memblokir aplikasi dari pengumpulan dan penyimpanan detil informasi lokasi mereka. "Kami
Teknologi - 22 Februari 2019 14:32:26 wib

Samsung Persembahkan The Space Monitor, Apa Keunggulannya?

Samsung Electronics Indonesia mempersembahkan The Space Monitor, yang tampil dengan desain ramping, minimalis, modern, serta fungsional agar area kerja semakin efektif dan membantu produktivitas kerja penggunanya.
Olahraga Lainnya - 22 Februari 2019 13:57:36 wib

Di Kandang Sendiri, Bucks Menang Dramatis atas Celtics

Milwaukee Bucks mampu mengalahkan salah satu rival beratnya di Wilayah Timur NBA Boston Celtics. Pada lanjutan NBA, Jumat (22/2/2019), Bucks menang dramatis 98-97 di Fiserv Forum. Bermain di kandang sendiri, Bucks
Makro - 22 Februari 2019 13:38:58 wib

Indonesia Investasi Ekonomi Digital di ISBF 2019

Ajang Indonesia - San Francisco Business Forum (ISBF) 2019, Pemerintah Indonesia menawarkan peluang investasi ekonomi digital juga pembangunan destinasi wisata 10 Bali Baru. Forum ini merupakan kolaborasi Konsulat
Gaya - 22 Februari 2019 13:35:41 wib

Lewat Rethink, Anak-anak Muda Ini Ingin RI Bebas Dari Sampah Plastik

Penyebaran sampah plastik di seluruh dunia sudah sangat memprihatinkan. Dalam sebuah penelitian, ditemukan terdapat 2,12 miliar ton sampah dan 400 juta ton di antaranya adalah sampah plastik. Indonesia sendiri telah
Teknologi - 22 Februari 2019 11:31:23 wib

Mozilla Siapkan Fitur Video Picture-in-Picture

Kebanyakan masyarakat melakukan kegiatan browsing ke internet tidak hanya sekadar mencari informasi saja, namun juga untuk hiburan. Berbagai website yang menyediakan layanan streaming video, sebut saja YouTube, Netflix
Sepakbola - 22 Februari 2019 10:50:33 wib

Liga Eropa: Mesut Ozil Kembali Tersenyum

Mesut Ozil, gelandang serang Arsenal, bisa kembali tersenyum di lapangan pada laga kedua babak 32 besar Liga Eropa melawan Bate Borisov. Senyum itu terajut setelah dua bulan penuh rasa frustrasi sang bintang di bawah
Nasional - 22 Februari 2019 10:46:43 wib

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan di Amerika Serikat

Satelit Nusantara Satu (PSN) VI diluncurkan dari Cape Canaveral. Florida, Amerika Serikat. Satelit Nusantara Satu merupakan satelit komunikasi geo stasioner (GEO) Indonesia dimiliki oleh Pasifik Satelit Nusantara (PSN).
Teknologi - 22 Februari 2019 10:10:48 wib

Apple Patenkan Keyless Entry System

Membuka pintu mobil sangatlah sederhana. Seperti membuka pintu rumah, tinggal masukkan kunci ke lubang, putar hingga kunci terbuka, dan menarik gagang pintu. Meski sederhana, rupanya teknologi buka kunci mobil makin
Sepakbola - 22 Februari 2019 09:53:27 wib

Liga Europa: Chelsea Lolos ke Babak 16

Chelsea berhasil menang atas Malmo 3-0 pada laga leg kedua babak 16 Liga Europa di Stampford Bridge, Inggris Jumat (22/2) dinihari WIB. Chelsea unggul telak setelah menit ke-73 klub asal Swedia itu harus bermain 10
Teknologi - 21 Februari 2019 17:34:46 wib

Aplikasi Office Baru di Windows 10 Lebih Praktis

Microsoft baru saja meluncurkan aplikasi terbaru bertajuk " Office" untuk pengguna Windows 10. Aplikasi ini sejatinya adalah pembaruan (re-branding) dari aplikasi My Office yang sebelumnya sudah
Bisnis - 21 Februari 2019 17:30:05 wib

Bisnis Mobile Payment di Indonesia Kian Dahsyat

Promo cashback ketika bayar pakai mobile payment tertentu di sejumlah tenant, mulai dari ritel modern hingga ke penjaja di pinggir jalan sedang riuh-riuhnya. Ini fenomena yang wajar ketika persaingan menggaet konsumen
Asosiasi Lain - 21 Februari 2019 17:25:02 wib

AMLI Khawatir Usaha Reklame Jakarta Lesu

Asosiasi Perusahaan Media Luargriya Indonesia (AMLI) mengkhawatirkan lesunya iklim investasi atas reklame di DKI Jakarta seiring dengan dijalankannya Pergub No. 148/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan
Gaya - 21 Februari 2019 15:51:33 wib

MPOW X3.0, Headphone Bluetooth Berdaya Tahan Lama

Produsen Headphone dengan brand MPOW melalui MPOW X3.0 Bluetooth menawarkan produk yang memberikan daya lebih lama yang mampu bertahan hingga 20 jam dalam kondisi nonstop digunakan. Sedangkan untuk posisi standby produk
Gadget - 21 Februari 2019 15:36:54 wib

Oppo Kawinkan 10x Optical Zoom Optik dengan Kamera Sony 48 MP

Wakil Presiden Oppo, Shen Yiren, mengumumkan beberapa detail dari smartphone flagship Oppo berikutnya terbilang canggih. Smartphone itu hadir dengan kamera 48 MP Sony 48 IMX586, yang sedang tren di industri seluler.
Teknologi - 21 Februari 2019 15:21:05 wib

BBM Tingkatkan Fitur Chatting dan Video Call

BBM baru saja meluncurkan pembaruan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Pembaruan ini membawa sejumlah peningkatan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Dalam keterangan resmi, Kamis (21/2),
Ekonomi - 21 Februari 2019 14:51:39 wib

BI Tahan Suku Bunga di Level 6 Persen

Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/7DRRR) di posisi 6 persen pada bulan ini. Tingkat suku bunga deposit facility dan
Teknologi - 21 Februari 2019 14:25:51 wib

Apple Segera Luncurkan 31 Inci Layar Monitor

Ming-Chi Kuo, seorang analis produk Apple mengabarkan bahwa perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini akan mengeluarkan serangkaian produk baru. Apple akan meluncurkan seri terbaru dari iPad, MacBook Pro ukuran 16
UKM - 21 Februari 2019 13:44:17 wib

Platform DealShaker Bantu UMKM Pasarkan Produknya

  Lembaga edukasi OneAcademy Indonesia meluncurkan platform digital bernama DealShaker.ID.  untuk membantu usaha mikro kecil menengah ( UMKM) memasarkan produknya. Bahkan, UMKM Indonesia bisa memasarkan
Otomotif - 21 Februari 2019 12:58:19 wib

Q4 E-Tron, Kejutan Mobil Audi Baru Bertenaga Listrik

AUDI membuat langkah kejutan di ajang Geneva Motor Show 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Alih-alih menghadirkan mobil baru Audi Q4 dengan mesin pembakaran internal, perusahaan mobil yang bermarkas di
Teknologi - 21 Februari 2019 12:29:06 wib

Tampilan Gmail di Android Serba Putih Pasca Dirombak

Setelah diuji coba, Google akhirnya resmi merombak desain tampilan untuk aplikasi Gmail di Android. Kesan yang pertama kali muncul ketika menjajalnya adalah bersih dan simpel dengan balutan serba putih. Elemen-elemen
Teknologi - 21 Februari 2019 11:21:08 wib

Trik Ajari Anak Mengelola Emosi Saat Main Video Game

  Tak selalu negatif, kadang-kadang video game juga bisa memiliki manfaat positif bagi anak. Salah satunya adalah bisa membantu anak belajar mengelola emosi. Tapi itu tidak berlaku untuk semua game. Selain itu,
Gadget - 21 Februari 2019 10:56:26 wib

Galaxy Fold, Smartphone Layar Lipat Samsung Dirilis

Bersamaan acara peluncuran trio Galaxy S10, Samsung juga merilis kehadiran smartphone layar lipat pertamanya yang resmi diberi nama Galaxy Fold. Perangkat tersebut hadir dengan dua layar, bagian depan berukuran 4,6 inci
Teknologi - 21 Februari 2019 10:35:19 wib

Aplikasi Qlue Sabet Best Mobile Empowerment

Platform Smartcity Qlue berhasil meraih penghargaan Best Mobile Goverment Service untuk kategori Public Empowerment pada ajang The 7th World Goverment Summit yang digelar di Dubai Uni Emirat Arab pada 10-12 Februari
Gadget - 21 Februari 2019 10:29:44 wib

2018: Pengguna Smartphone Indonesia Tembus 103 Juta Orang

Pengguna smartphone di Indonesia terus berkembang. Data eMarketer menyebutkan dalam lima tahun terakhir, pengguna Indonesia tumbuh dari 38,3 juta di 2014 berkembang ke angka 52,2 juta, 69,4 juta, 86,6 juta, dan 103 di
Sepakbola - 21 Februari 2019 09:50:11 wib

Man City Curi Poin di Kandang Schalke

Manchester City mengalahkan tuan rumah Schalke 3-2 di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Kamis (21/2/2019) dini hari. Kemenangan ini diraih dengan City meski