Ini Rahasia Jadi Pengusaha Kuat di Era Globalisasi

Ini Rahasia Jadi Pengusaha Kuat di Era Globalisasi

Yulistyo Pratomo
17 Februari 2020
Share Via

Memilih untuk menjadi pengusaha bukan perkara mudah, selain harus terus berinovasi agar produk tetap berkualitas, juga harus memikirkan nasib karyawan yang bekerja kepada perusahaan tersebut.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengungkapkan menjadi pengusaha itu pasti harus punya mental yang kuat. Ide-ide kreatif menjadi sangat real dan untuk waktunya juga tergantung dari kesiapan individu.

”Menjadi pengusaha, harus berani jatuh. Dengan berani jatuh, seseorang dapat belajar dari kejatuhannya tersebut sehingga akan lebih kuat menghadapi tantangan di era globalisasi mendatang. Harus pantang menyerah, berani jatuh lalu membuat jaringan yang seluas-luasnya dan tetap fokus dengan usaha yang kita jalankan,” kata Erik saat acara Ngobrol Bareng Senior (Ngobras) di posko kemenangan ‘Rumah Mempesona’ di Jakarta, Sabtu, (15/2/2020).

Lebih lanjut Erik menceritakan suka dan duka bagaimana dirinya jatuh bangun untuk menyelamatkan perusahaan yang saat itu terkena krisis ekonomi 1998 dan akhirnya memutuskan masuk Hipmi pada 2007.
“Krisis 1998, kita down. Perusahaan kita turun banget, artinya sedang memulai perusahaan properti dan utang bank menumpuk banyak. Di situ saya terus memutar otak untuk menyelamatkan perusahaan,” tambahnya.

Jadi, lanjut Erik, dituntut berpikir keras, bagaimana caranya agar tetap bisa survive, misalnta dapat proyek rumah meski rumah sederhana. Tentu saja acara Ngobras yang diadakan oleh calon ketua umum Hipmi Jaya, Sona Maesana sangat bermanfaat bagi pengusaha millenial yang perlu jaringan luas. “Saya bergabung dengan organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk mendapatkan peluang-peluang lainnya,” ungkapnya.

Menurut Erik, sharing pengalaman antara senior dan junior di Hipmi sangat diperlukan sehingga ke depan bisa bersinergi. Selain soal pengalaman, tentu manfaat secara organisasi masuk Hipmi, bagaimana bisa menambah kontak dengan teman pengusaha.

“Bersinergi antara senior dan junior sudah menjadi kewajiban pengusaha sehingga dunia usaha di Indonesia lebih maju dan berkembang. Ini menumbuhkan rasa saling percaya di antara teman-teman pengusaha muda sehingga nantinya bisa bersinergi dan lebih maju,” tukas Erik.

Dalam kesempatan yang sama, calon Ketua umum Hipmi Jaya, yang juga CEO dan pendiri Satria Akasa Investama, Sona Maesana mengatakan maksud dan tujuan acara Ngobras Hipmi ini jadi acara rutin, diharapkan menjadi jembatan antara senior dan junior.

Dengan melakukan sinergi, Sona meyakini bisnis para anggota akan lebih berkembang dan menghasilkan profit yang lebih besar. Selain itu, lewat sinergi juga dapat memupuk rasa solidaritas dan semangat kerjasama diantara sesama anggota HIPMI.

Ke depan, Sona mengatakan Hipmi Jaya harus meningkatkan kerjasama antara organisasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan perusahaan swasta. “Akan ada banyak pembangunan dan kemajuan dari hasil kerjasama HIPMI Jaya dengan Pemprov DKI maupun pihak swasta. Ke depan HIPMI Jaya akan jadi strategic partner nya pemerintah provinsi DKI,” pungkas Sona. (RLS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Jakarta - 26 Juli 2021 13:11:01 wib

PPKM Diperpanjang hingga Agustus 2021; Toko di Mal Bebas PPN Periode Juni

Pemerintah menjanjikan insentif baru pasca perpanjangan PPKM Level 4. Salah satunya yaitu pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk sewa toko di mal atau pusat perbelanjaan untuk Juni hingga Agustus
Sehat - 26 Juli 2021 12:54:41 wib

Rumah Oksigen Akan Beroperasi; 4 Sebab Kematian Covid Tinggi

Ayooberita.com - Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Ahad siang, 25 Juli 2021, dimulai dari tinjauan langsung Presiden Jokowi ke Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Berikutnya ada berita
Hukum - 20 Mei 2021 13:16:21 wib

Megawati : Saya dan Pak Jokowi sama-sama prihatin bagaimana kedisiplinan terhadap prokes menurun

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melakukan halal bihalal secara virtual dengan  pengurus partai dan organisasi sayap partai dari seluruh Indonesia, Rabu (19/5/2021). Sejumlah pesan
Hukum - 20 Mei 2021 13:10:13 wib

Jokowi : Tantangan Ruang Digital Semakin Besar Dikarenakan Kejahatan Ruang Digital Terus Meningkat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa tantangan di ruang digital saat ini semakin besar. Konten konten negatif terus bermunculan dan meningkat.  Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutan
Jakarta - 10 Agustus 2020 14:38:42 wib

Penerapan Ahklak dan Etika Dalam Kehidupan Sehari-hari

PENERAPAN AHLAK DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI oleh: Shindi Elisa 201712579039 - YG Pengertian Ahlak dan Etika Jika kita lihat dari perkembangan zaman yang sekaran lebih berkembang ya? Perkembangan zaman
Daerah - 15 Juli 2020 20:56:05 wib

Mengenal Kubah Masjid di Indonesia

Kota Depok dan Masjid Kubah Emas menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan, masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri menjadi ikon bagi kota tersebut. Pendiri sekaligus pemilik masjid ini bernama Dian
Korporat - 31 Maret 2020 11:54:28 wib