Mudik Lebaran, Jangan Lupa Cicipi Jenang dan Soto Kudus

Endy Purwanto
20 Mei 2019
Share Via


Jalur pantai utara Kudus, Jawa Tengah diprediksi mengalami lonjakan arus lalu lintas saat mendekati Lebaran 2019. Jalur ini menjadi perlintasan utama pemudik dari arah Surabaya maupun Jakarta.

Untuk menghilangkan kepenatan selama perjalanan mudik dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya ketika memasuki jalur pantura Kudus, ada baiknya menyempatkan diri mencari tempat peristirahatan sambil berwisata edukasi atau kuliner di Kota Kudus. Ada beberapa lokasi yang cocok untuk menjadi lokasi wisata kuliner.

Jika sampai di Gerbang Kudus Kota Kretek atau Jembatan Tanggulangin bagi pemudik dari Jakarta, maka arahkan kendaraan tetap lurus hingga jarak 5,2 kilometer. Setelah melewati Alun-alun Kudus arahkan kendaraan menuju Jalan Sunan Kudus kemudian di sisi kiri jalan terdapat Museum Jenang Mubarok.

Bagi pemudik dari arah Surabaya menuju Jakarta, maka ketika sampai pertigaan Ngembalrejo tetap lurus menuju Kota Kudus. Ketika sampai di persimpangan Pentol bisa belok ke kanan kemudian lurus menuju Jalan Sunan Kudus dengan jarak sekitar 4,5 kilometer akan menemukan Museum Jenang Mubarok di sisi kanan jalan.

Di Museum Jenang Kudus, pengunjung akan merasakan hawa sejuk karena di lengkapi pendingin ruangan. Di tempat ini bisa dilihat sejumlah koleksi peralatan pendukung untuk membuat jenang dari yang tradisional hingga modern serta miniatur Menara Kudus.

Pemudik juga bisa memanjakan mata dengan melihat diorama Pasar Bubrah, rumah adat Kudus, hingga foto-foto sejarah Kota Kudus serta koleksi lainnya. Di lokasi yang sama juga tersaji aneka puisi tokoh terkenal serta aneka kerajinan Kota Kudus mulai dari batik, ukir hingga menggiling rokok yang dikemas dalam satu kompleks bernama Gusjigang X-Building .

Museum Jenang Kudus tidak hanya menjadi tempat rekreasi, melainkan bisa menjadi tempat untuk berbuka puasa karena tersedia kafe yang menyajikan menu makanan cepat saji. Aneka makanan ringan juga tersaji, mulai dari kentang goreng, hamburger, siomay, hingga jenang pukis yang merupakan produk baru dari Mubarokfood sebagai produsen jenang khas Kudus.

"Khusus menyambut pemudik luar kota yang ingin transit ke Kota Kudus untuk membeli oleh-oleh khas Kudus, kami menambah jam operasional dari semula pukul 08.00 hingga 21.00 WIB baru tutup, maka khusus momen ini ditambah satu jam menjadi pukul 22.00 WIB tutupnya," kata Manajer Marketing Mubarok Food, Muhammad Kirom di Kudus, seperti dilansir Antara, Senin (20/05/2019).

Dalam rangka melayani lonjakan pemudik yang berbelanja oleh-oleh khas Kudus di gerai Mubarok, jumlah personel pelayanan juga ditambah untuk memberikan kenyamanan pengunjung. Sementara bagi pengunjung yang ingin berbuka puasa, tersedia kafe yang juga menyajikan pemandangan Kota Kudus maupun lalu lalang kendaraan dari lantai dua.

Menu makanan yang disajikan di kafe tersebut, sengaja diubah demi menyambut pemudik. Dari semula hanya kopi muria, kini ditambah aneka minuman hangat dan dingin, soto hingga makanan cepat saji seperti hamburger, siomay dan kentang goreng.

Ia menilai kafe tersebut memang cocok dijadikan tempat peristirahatan sementara para pemudik, termasuk ketika hendak menunaikan ibadah shalat juga tersedia mushala yang cukup bersih. Mayoritas pengunjung menjelang Lebaran, katanya, merupakan warga luar Kudus yang memang hendak mudik ke kampung halamannya dengan membawa oleh-oleh khas Kudus untuk dibagikan kepada sanak saudaranya.

Hafid, salah seorang pengunjung Museum Jenang Kudus mengakui sengaja membeli oleh-oleh jenang Kudus untuk dibagikan kepada sanak familinya sebelum mudik ke Jakarta. Ia sengaja mudik dari tempat kerjanya di Kabupaten Pati ke Jakarta lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Musthofa pemudik asal Jakarta yang kebetulan juga mengunjungi Museum Jenang mengakui tempatnya representatif karena selain ada wisata edukasi dan belanja, juga dilengkapi dengan tempat peribadatan sehingga nyaman untuk pemudik yang hendak beristirahat sejenak.

Dua anaknya yang ikut berkunjung, kata dia, menjadi paham soal sejarah jenang Kudus serta bisa menikmati sejumlah koleksi, seperti miniatur menara Kudus serta rumah adat tanpa harus menuju ke objek wisata sesungguhnya karena membutuhkan waktu yang lama.

Sentra Kuliner Bojana

Jika belum puas setelah berkunjung ke Museum Jenang, pemudik yang ingin mencicipi menu masakan khas Kudus bisa mengunjungi Taman Bojana. Taman Bojana jaraknya dari museum hanya sekitar 600 meteran menuju arah Alun-alun Kudus.

Lokasinya yang berada di pojok Alun-alun Kudus, cukup strategis bagi pengunjung luar kota yang ingin mencicipi aneka masakan khas Kudus, mulai dari soto, nasi pindang, lontong tahu hingga garang asem. Salah satu penjual nasi pindang dan soto terkenal bagi pemudik luar kota, yakni warung makan Haji Sulichan yang berada di bagian pojok kompleks Taman Bojana.

Musyafak, yang merupakan anak pertama Haji Sulichan, mengakui setiap menjelang Lebaran Taman Bojana memang menjadi tempat transit warga luar kota yang hendak mudik ke kampung halamannya untuk mencicipi makanan khas Kudus.

Warung makan yang selalu ramai pengunjung itu sejak awal sudah mempersiapkan bahan baku dalam jumlah banyak demi melayani pemudik yang biasanya singgah ke Taman Bojana berburu kuliner khas Kudus. "Jika hari biasa hanya masak dua kali, maka menjelang Lebaran saat ramai pemudik bisa meningkat menjadi empat kali masakan," ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan karena harus mempersiapkan stok bahan baku untuk membuat nasi pindang maupun soto sejak awal, dengan harapan kualitas masakannya tetap terjaga dan harga jual baku juga tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Cita rasa masakannya tetap terjaga.

Salah satunya karena takaran bumbu tetap dan ayam yang digunakan merupakan ayam kampung. Selain itu, proses memasak masih mempertahankan bahan bakar kayu serta dandang untuk memasak yang terbuat dari tanah liat.

Untuk penghangatnya menggunakan kayu arang sehingga penikmat kuliner akan merasakan kelezatan soto maupun nasi pindang buatannya. Menu yang disediakan, mulai dari soto ayam, soto kerbau, nasi pindang ayam dan nasi pindang kerbau dengan harga yang sama untuk satu porsi cukup Rp 15 ribu.

Demi melayani pembeli yang datang silih berganti saat mudik Lebaran nanti, maka karyawannya dibagi menjadi tiga shift jaga mulai dari pagi, siang dan malam. Pemudik yang ingin menikmati menu masakan khas Kudus yang lain, tersedia warung makan di kompleks yang sama mulai dari lontong tahu hingga garang asem, serta kuliner yang bukan khas Kudus juga tersedia karena terdapat banyak warung makan.

Jangan khawatir dengan persoalan tempat parkir, karena di kawasan Taman Bojana tersedia lahan parkir luas untuk menampung mobil pribadi maupun minibus. Bagi pemudik yang hendak melanjutkan perjalanan juga tidak perlu khawatir karena akses jalan di Kota Kudus cukup mudah dan banyak rambu penunjuk jalan serta bisa memanfaatkan "google map" sebagai alternatif. (Antara/End)

Tags: Kuliner,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Jakarta - 25 Juni 2019 17:33:42 wib

Nelayan Teluk Jakarta Mengaku Dikhianati Gubernur Anies

  Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar mencabut kembali keputusan penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) di Pulau C dan D
Sepakbola - 25 Juni 2019 17:01:41 wib

Ivan Perisic Tertarik Gabung Arsenal

Penyerang Inter Milan, Ivan Perisic dikabarkan tertarik ingin bergabung dengan Arsenal di bursa transfer musim panas ini. Perisic, yang memainkan peran penting dalam membawa Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018,
UKM - 25 Juni 2019 16:57:57 wib

Berdaya Saing Global, UMKM Didorong Manfaatkan Teknologi

Pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia masih sangat sedikit yang telah mengadopsi teknologi. Padahal kontribusi dan potensi UMKM sangat besar bagi roda perekonomian Indonesia. “Jumlah UKM
Hukum - 25 Juni 2019 16:18:18 wib

Terjerumus Narkoba, Fotografer Jerry Aurum Diringkus

Polres Metro Jakarta Barat menangkap seorang fotografer bernama Jerry Aurum alias JAW (41 tahun) terkait kasus narkoba. Jerry merupakan mantan suami penyanyi Denada. Keduanya menikah pada 2012 yang memiliki satu anak
Teknologi - 25 Juni 2019 15:17:13 wib

2020, Microsoft Rilis Surface Foldable

Microsoft Surface merupakan perangkat 2-in-1 andalan dari Microsoft yang terus dikembangkan hingga saat ini. Pada 2018, sang produsen sempat merilis beberapa perangkat 2-in-1 mereka mulai dari yang terjangkau (Surface
Teknologi - 25 Juni 2019 14:49:59 wib

Printer Baru Canon Mampu Cetak Banyak dan Hemat

Pt. Datascrip,  authorized distributor Canon secara resmi memperkenalkan jajaran mesin cetak terbaru dari Canon. Printer baru yang diperkenalkan kali ini ada tiga unit yang masuk ke dalam lini PIXMA Ink Efficient
Teknologi - 25 Juni 2019 14:36:01 wib

Keren, Microsoft dan Kano Bikin Laptop Hasil Rakitan Anak-anak

Sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan bernama Kano menjalin kerja sama dengan Microsoft. Kano membuat sebuah laptop layar sentuh yang dapat dirakit sendiri oleh anak-anak. Laptop Kano ini sengaja
Pajak - 25 Juni 2019 13:40:55 wib

Pajak Mobil dan Motor Mewah Diturunkan

Pemerintah menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) untuk mobil mewah dengan harga di atas Rp 2 miliar dan sepeda motor dengan kapasitas silinder lebih dari 250 cc. Penurunan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK)
Nasional - 25 Juni 2019 11:55:15 wib

Jelang Putusan, Kapolri Larang Unjuk Rasa di MK

KEPALA Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian melarang aksi unjuk rasa di sekitar Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, selama rapat permusyawaratan hakim untuk putusan sengketa Pemilihan Umum Presiden 2019.
Sepakbola - 25 Juni 2019 11:12:16 wib

Jurgen Klopp: Liverpool Kian Lapar Gelar Juara

Jurgen Klopp punya satu pesan khusus untuk fans Liverpool dan setiap rival mereka. Dia menegaskan The Reds masih berada di tahap awal perkembangan mereka. Sejak saat ini, Liverpool hanya akan berkembang jadi lebih
Hukum - 25 Juni 2019 10:45:42 wib

Kasus E-KTP, KPK Panggil Menteri Yasonna Laoly

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) memanggil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) sekaligus mantan anggota Komisi II DPR Yasonna Laoly, Selasa (25/6/2019). KPK juga memanggil anggota Komisi II DPR Arif
Gadget - 25 Juni 2019 10:06:37 wib

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Akhir-akhir ini baterai ponsel saya cepat sekali habis. Tidak jarang, usai diisi 100% langsung turun menjadi 95%. Melihat ini membuat saya kesal. Sudah saya coba mematikan data dan menghapus aplikasi yang tidak penting
Industri - 25 Juni 2019 09:41:34 wib

E-Commerce Industri Kecantikan Sumbang 10% Pendapatan

Setiap tahun pola konsumsi pada Ramadan hingga Lebaran selalu meningkat, terutama penjualan makanan dan pakaian, tidak terkecuali produk kecantikan. Jumlah pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia
Sepakbola - 25 Juni 2019 09:20:12 wib

Copa America: Tekuk Chile, Uruguay Juara Group

Timnas Uruguay mampu mengalahkan timnas Chile 1-0 pada laga terakhir Grup C Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Selasa (25/6). Hasil ini membuat Uruguay keluar sebagai juara grup dengan mengoleksi
Teknologi - 24 Juni 2019 17:27:40 wib

LG Patenkan Smartphone dengan Lubang di Layar

LG Electronics mengantongi hak paten baru. Turkish Patent Institute dilaporkan telah memberikan hak untuk paten terkait desain smartphone baru kepada LG Electronics. LG mendapatkan hak atas paten smartphone dengan
Teknologi - 24 Juni 2019 16:26:58 wib

Keren, Huawei Nova 5 Pakai Kirin 810

Huawei resmi mengumumkan smartphone Huawei Nova 5 yang disenjatai dengan chip terbaru Kirin 810. Hal itu membuat banyak orang menguji skor AnTuTu-nya, dengan grafik yang cukup baik dibandingkan dengan Kirin kelas
Gadget - 24 Juni 2019 16:22:18 wib

Ponsel Pintar bikin Anak Stres dan Cemas

Teknologi terus berkembang dan memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun dapat membantu untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan sebagainya, gawai ternyata bisa menjadi sumber stres dan perasaan
Film - 24 Juni 2019 15:36:22 wib

Box Office, Toy Story 4 Kantongi US$238 juta.

TOY Story 4 mengantarkan Pixar kembali meraih sikses di Box Office setelah meraup pendapatan sebesar US$118 juta pada akhir pekan lalu. Film yang kembali menampilkan suara Tom Hank untuk karakter Woody dan Tim Allen
Teknologi - 24 Juni 2019 15:24:55 wib

Tips Hadapi Krisis Talenta Teknologi

Berdasarkan survei yang dilakukan Robert Walters di Asia Tenggara ditemukan bahwa mencari dan mempekerjakan talenta teknologi merupakan hal yang cukup sulit. Pencarian dan penemuan talenta teknologi sendiri diyakini
Sepakbola - 24 Juni 2019 14:35:22 wib

Egy Maulana Masuk Kriteria The Next Lionel Messi

Memiliki tubuh mungil, serta gesit menggiring bola dengan menggunakan kaki kiri membuat beberapa pemain muda dunia dijuluki The Next Lionel Messi. Julukan tersebut tentunya membawa keberuntungan. Buktinya, Messi asal
UKM - 24 Juni 2019 14:17:31 wib

E-Commerce Gerbang IKM Menuju Digital

KEMENTERIAN Perindustrian terus mendorong tumbuhnya industri kecil dan menengah (IKM) di Tanah Air. Kehadiran perusahaan e-commerce diharapkan dapat mendorong pengembangan IKM. “Kami berharap e-commerce akan
Sepakbola - 24 Juni 2019 13:32:27 wib

Demi MU, Juan Mata Rela Gajinya Dipotong

Gelandang Juan Mata dikabarkan memilih bertahan di Manchester United (MU). Dia disebut rela gajinya dipotong daripada meninggalkan klub tersebut. Mata menerima proposal perpanjangan kontrak selama dua musim dari
Teknologi - 24 Juni 2019 12:15:32 wib

Lenovo: Mayoritas Gamers Habiskan Waktu Upgrade PC

Riset dari Lenovo menemukan mayoritas gamer menghabiskan waktu dan usahanya untuk meningkatkan performa PC mereka agar bisa memenuhi standar kebutuhan gaming. Sebanyak 85% gamer sudah memiliki daftar aspek dan bagian
Sepakbola - 24 Juni 2019 11:40:22 wib

Bekuk Qatar, Argentina Lolos Perempatfinal

 Timnas Argentina berhasil melangkah ke babak perempat final Copa Amerika, usai menang 2-0 atas Qatar di laga terakhir grup B. Bertanding di Arena do Gremio, Senin (24/6/2019) dini hari WIB, Argentina tampil
Teknologi - 24 Juni 2019 10:57:01 wib

Perluas Ekspansi Pasar, Brother Buka Customer Care ke-10 di Tangerang

Brother International Sales Indonesia sedang berusaha mengekspansi area layanan pelanggan dengan membuka Customer Care Center (CCC) yang ke-10 di Tangerang. Ini sesuai dengan dedikasi perusahaan asal Jepang tersebut
Gadget - 24 Juni 2019 10:50:02 wib

Hebat, Galaxy Note 10 Disematkan Kamera Triple Aperture

Samsung kabarnya bakal menyematkan kamera utama dengan teknologi lanjutan dari dual aperture, yaitu triple aperture, pada Galaxy Note 10 mendatang.  Kabar tersebut berasal dari seorang pembocor ulung, Ice Universe,
Ekonomi - 24 Juni 2019 10:13:54 wib

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi di ASEAN

Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia saat ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara anggota ASEAN. Pada 2015-2017, pertumbuhan dari ekonomi digital di Indonesia hampir 90 persen. "Selain itu pelaku
Sehat - 24 Juni 2019 09:58:31 wib

Waspadai, Cairan Rokok Elektrik Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah

Rokok elektrik kian ngetren, kian digemari dan kian mendunia. Namun tahukah cairan rokok elektrik diketahui berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Studi teranyar menemukan, cairan dengan varian rasa pada vape merusak
Ekonomi - 24 Juni 2019 09:41:00 wib

Bumerang Bunga Pinjaman Online yang Menjerat

Yesi Lia (25) tak pernah menyangka pinjaman online bisa menjadi bumerang bagi kariernya. Persoalan utang yang biasanya menjadi masalah pribadi dan tak diumbar, tiba-tiba diketahui nyaris seluruh koleganya. Dia
Hipmi - 22 Juni 2019 07:42:16 wib

Hipmi Jaya Pererat Silaturahmi Usai Rayakan Kemenangan

  Usai melalui masa puasa di bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri, BPD Hipmi Jaya mengadakan Halal Bihalal. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah dan penuh persahabatan. “Kami berharap kegiatan ini