Mudik Lebaran, Jangan Lupa Cicipi Jenang dan Soto Kudus

Endy Purwanto
20 Mei 2019
Share Via


Jalur pantai utara Kudus, Jawa Tengah diprediksi mengalami lonjakan arus lalu lintas saat mendekati Lebaran 2019. Jalur ini menjadi perlintasan utama pemudik dari arah Surabaya maupun Jakarta.

Untuk menghilangkan kepenatan selama perjalanan mudik dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya ketika memasuki jalur pantura Kudus, ada baiknya menyempatkan diri mencari tempat peristirahatan sambil berwisata edukasi atau kuliner di Kota Kudus. Ada beberapa lokasi yang cocok untuk menjadi lokasi wisata kuliner.

Jika sampai di Gerbang Kudus Kota Kretek atau Jembatan Tanggulangin bagi pemudik dari Jakarta, maka arahkan kendaraan tetap lurus hingga jarak 5,2 kilometer. Setelah melewati Alun-alun Kudus arahkan kendaraan menuju Jalan Sunan Kudus kemudian di sisi kiri jalan terdapat Museum Jenang Mubarok.

Bagi pemudik dari arah Surabaya menuju Jakarta, maka ketika sampai pertigaan Ngembalrejo tetap lurus menuju Kota Kudus. Ketika sampai di persimpangan Pentol bisa belok ke kanan kemudian lurus menuju Jalan Sunan Kudus dengan jarak sekitar 4,5 kilometer akan menemukan Museum Jenang Mubarok di sisi kanan jalan.

Di Museum Jenang Kudus, pengunjung akan merasakan hawa sejuk karena di lengkapi pendingin ruangan. Di tempat ini bisa dilihat sejumlah koleksi peralatan pendukung untuk membuat jenang dari yang tradisional hingga modern serta miniatur Menara Kudus.

Pemudik juga bisa memanjakan mata dengan melihat diorama Pasar Bubrah, rumah adat Kudus, hingga foto-foto sejarah Kota Kudus serta koleksi lainnya. Di lokasi yang sama juga tersaji aneka puisi tokoh terkenal serta aneka kerajinan Kota Kudus mulai dari batik, ukir hingga menggiling rokok yang dikemas dalam satu kompleks bernama Gusjigang X-Building .

Museum Jenang Kudus tidak hanya menjadi tempat rekreasi, melainkan bisa menjadi tempat untuk berbuka puasa karena tersedia kafe yang menyajikan menu makanan cepat saji. Aneka makanan ringan juga tersaji, mulai dari kentang goreng, hamburger, siomay, hingga jenang pukis yang merupakan produk baru dari Mubarokfood sebagai produsen jenang khas Kudus.

"Khusus menyambut pemudik luar kota yang ingin transit ke Kota Kudus untuk membeli oleh-oleh khas Kudus, kami menambah jam operasional dari semula pukul 08.00 hingga 21.00 WIB baru tutup, maka khusus momen ini ditambah satu jam menjadi pukul 22.00 WIB tutupnya," kata Manajer Marketing Mubarok Food, Muhammad Kirom di Kudus, seperti dilansir Antara, Senin (20/05/2019).

Dalam rangka melayani lonjakan pemudik yang berbelanja oleh-oleh khas Kudus di gerai Mubarok, jumlah personel pelayanan juga ditambah untuk memberikan kenyamanan pengunjung. Sementara bagi pengunjung yang ingin berbuka puasa, tersedia kafe yang juga menyajikan pemandangan Kota Kudus maupun lalu lalang kendaraan dari lantai dua.

Menu makanan yang disajikan di kafe tersebut, sengaja diubah demi menyambut pemudik. Dari semula hanya kopi muria, kini ditambah aneka minuman hangat dan dingin, soto hingga makanan cepat saji seperti hamburger, siomay dan kentang goreng.

Ia menilai kafe tersebut memang cocok dijadikan tempat peristirahatan sementara para pemudik, termasuk ketika hendak menunaikan ibadah shalat juga tersedia mushala yang cukup bersih. Mayoritas pengunjung menjelang Lebaran, katanya, merupakan warga luar Kudus yang memang hendak mudik ke kampung halamannya dengan membawa oleh-oleh khas Kudus untuk dibagikan kepada sanak saudaranya.

Hafid, salah seorang pengunjung Museum Jenang Kudus mengakui sengaja membeli oleh-oleh jenang Kudus untuk dibagikan kepada sanak familinya sebelum mudik ke Jakarta. Ia sengaja mudik dari tempat kerjanya di Kabupaten Pati ke Jakarta lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Musthofa pemudik asal Jakarta yang kebetulan juga mengunjungi Museum Jenang mengakui tempatnya representatif karena selain ada wisata edukasi dan belanja, juga dilengkapi dengan tempat peribadatan sehingga nyaman untuk pemudik yang hendak beristirahat sejenak.

Dua anaknya yang ikut berkunjung, kata dia, menjadi paham soal sejarah jenang Kudus serta bisa menikmati sejumlah koleksi, seperti miniatur menara Kudus serta rumah adat tanpa harus menuju ke objek wisata sesungguhnya karena membutuhkan waktu yang lama.

Sentra Kuliner Bojana

Jika belum puas setelah berkunjung ke Museum Jenang, pemudik yang ingin mencicipi menu masakan khas Kudus bisa mengunjungi Taman Bojana. Taman Bojana jaraknya dari museum hanya sekitar 600 meteran menuju arah Alun-alun Kudus.

Lokasinya yang berada di pojok Alun-alun Kudus, cukup strategis bagi pengunjung luar kota yang ingin mencicipi aneka masakan khas Kudus, mulai dari soto, nasi pindang, lontong tahu hingga garang asem. Salah satu penjual nasi pindang dan soto terkenal bagi pemudik luar kota, yakni warung makan Haji Sulichan yang berada di bagian pojok kompleks Taman Bojana.

Musyafak, yang merupakan anak pertama Haji Sulichan, mengakui setiap menjelang Lebaran Taman Bojana memang menjadi tempat transit warga luar kota yang hendak mudik ke kampung halamannya untuk mencicipi makanan khas Kudus.

Warung makan yang selalu ramai pengunjung itu sejak awal sudah mempersiapkan bahan baku dalam jumlah banyak demi melayani pemudik yang biasanya singgah ke Taman Bojana berburu kuliner khas Kudus. "Jika hari biasa hanya masak dua kali, maka menjelang Lebaran saat ramai pemudik bisa meningkat menjadi empat kali masakan," ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan karena harus mempersiapkan stok bahan baku untuk membuat nasi pindang maupun soto sejak awal, dengan harapan kualitas masakannya tetap terjaga dan harga jual baku juga tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Cita rasa masakannya tetap terjaga.

Salah satunya karena takaran bumbu tetap dan ayam yang digunakan merupakan ayam kampung. Selain itu, proses memasak masih mempertahankan bahan bakar kayu serta dandang untuk memasak yang terbuat dari tanah liat.

Untuk penghangatnya menggunakan kayu arang sehingga penikmat kuliner akan merasakan kelezatan soto maupun nasi pindang buatannya. Menu yang disediakan, mulai dari soto ayam, soto kerbau, nasi pindang ayam dan nasi pindang kerbau dengan harga yang sama untuk satu porsi cukup Rp 15 ribu.

Demi melayani pembeli yang datang silih berganti saat mudik Lebaran nanti, maka karyawannya dibagi menjadi tiga shift jaga mulai dari pagi, siang dan malam. Pemudik yang ingin menikmati menu masakan khas Kudus yang lain, tersedia warung makan di kompleks yang sama mulai dari lontong tahu hingga garang asem, serta kuliner yang bukan khas Kudus juga tersedia karena terdapat banyak warung makan.

Jangan khawatir dengan persoalan tempat parkir, karena di kawasan Taman Bojana tersedia lahan parkir luas untuk menampung mobil pribadi maupun minibus. Bagi pemudik yang hendak melanjutkan perjalanan juga tidak perlu khawatir karena akses jalan di Kota Kudus cukup mudah dan banyak rambu penunjuk jalan serta bisa memanfaatkan "google map" sebagai alternatif. (Antara/End)

Tags: Kuliner,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Ekonomi - 17 September 2019 11:50:56 wib

INDEF: 2019, Utang Luar Negeri Swasta bakal Membengkak

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memproyeksikan utang luar negeri (ULN) swasta bakal membengkak sampai dengan akhir tahun 2019 dari posisi saat ini. Berdasarkan data Bank Indonesia utang
Gadget - 17 September 2019 11:01:32 wib

Vivo Nex 3 5G Mengusung Snapdragon 855 Plus & Layar Waterfall

Vivo resmi meluncurkan Vivo Nex 3 5G di negara asalnya, China. Vivo Nex 3 5G memiliki sejumlah fitur yang bisa dibilang cukup unik, salah satunya dari segi layar. Ponsel ini mengusung desain layar super lega yang
Teknologi - 17 September 2019 10:35:35 wib

ASUS Persembahkan 2 Laptop VivoBook Terbaru

 ASUS resmi memboyong laptop seri VivoBook terbarunya ke Indonesia, yakni VivoBook A409 (14 inci) dan A509 (15,6 inci). Kedua laptop anyar ini tetap mengedepankan aspek desain dengan bobot ringan agar mudah untuk
UKM - 17 September 2019 10:10:16 wib

Produk UKM Indonesia Punya Potensi Pasar di Singapura

Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) menilai produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memiliki peluang besar untuk dipasarkan ke negara-negara Asia, khususnya Singapura. Mengingatm banyak
Sepakbola - 17 September 2019 09:44:48 wib

De Gea Teken Perpanjangan Kontrak dengan MU

DAVID de Gea telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Manchester United. Hal itu diumumkan klub Liga Primer Inggris itu, Senin (16/9), mengakhiri spekulasi mengenai masa depan penjaga gawang itu. Kiper
Sepakbola - 17 September 2019 09:31:16 wib

Tuduhan Perkosaan, Ronaldo Merasa Dipermalukan

Cristiano Ronaldo merasa dipermalukan dengan tuduhan pemerkosaan yang pernah kembali diarahkan kepada bintang Juventus tersebut. Wanita asal Amerika Serikat, Kathryn Mayorga, sebelumnya kembali melaporkan Ronaldo atas
Teknologi - 16 September 2019 17:23:31 wib

Tips Amankan Akun Media Sosial

Masalah keamanan dan privasi dianggap sebagai 'momok' terbesar bagi Facebook. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk memberikan edukasi kepada para pengguna betapa pentingnya menjaga privasi akun
Teknologi - 16 September 2019 17:21:03 wib

Fitur Baru Google Photos Mirip Instagram Stories

Google menambahkan fitur baru di Google Photos bernama "Memories". Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan foto kenangan yang diambil di hari yang sama setahun, dua tahun, tiga
Teknologi - 16 September 2019 16:24:51 wib

Kaspersky Rilis Solusi Anti-Cheat Atasi Kecurangan di Kompetisi E-Sports

Kaspersky meluncurkan versi beta solusi terbarunya, yaitu Kaspersky Anti-Cheat, untuk membantu penyelenggara turnamen olaharaga-el dalam mencegah terjadinya kecurangan dalam permainan. Solusi berbasis komputasi awan ini
Kadin - 16 September 2019 15:22:23 wib

KADIN: Revisi UU KPK Perlu Dikawal

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) memandang bahwa Revisi Undang-Undang KPK perlu dikawal agar poin-poin penting yang diperlukan dalam pengembangan KPK masuk dalam revisi tersebut. Pasalnya, yang namanya sebuah
Hipmi - 16 September 2019 15:15:42 wib

Buka Munas HIPMI, Presiden Jokowi: Indonesia Perlu Konglomerat Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai di Indonesia perlu ada konglomerat-konglomerat baru di Indonesia. Dan peluang itu sangat besar. Karenanya, pemerintah perlu turun tangan memberikan jalan serta memberikan
Teknologi - 16 September 2019 13:40:58 wib

Fitur-fitur Penting WhatsApp demi Jaga Privasi

APLIKASI berbagi pesan WhatsApp menyediakan sejumlah fitur penting bagi para pengguna yang ingin menjaga privasi mereka agar tetap terlindungi. Penyediaan fitur-fitur tersebut merupakan bentuk komitmen dari WhatsApp
Teknologi - 16 September 2019 13:19:33 wib

Microsoft Siapkan Perangkat Surface Layar Ganda

Microsoft kabarnya tengah menggarap perangkat Surface layar ganda yang diperkirakan akan dipamerkan dalam sebuah acara spesial yang dihelat pada Oktiber mendatang. Namun, paten baru menunjukkan bahwa perangkat tersebut
Nasional - 16 September 2019 12:52:19 wib

Presiden Jokowi: KPK Tak Mengenal Pengembalian Mandat

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengenal mekanisme pengembalian mandat kepada Presiden. "Dalam Undang-Undang KPK tidak ada, tidak mengenal yang namanya
Gadget - 16 September 2019 12:01:29 wib

Inovasi Kunci Kesukesan Bisnis Smartphone Huawei

Huawei melesat dari peringkat keempat menjadi peringkat kedua pasar smartphone di dunia. Huawei berhasil mengalahkan Apple untuk menjadi penjual smartphone global terbesar kedua sejak kwartal kedua tahun 2018. Data
Migas - 16 September 2019 10:59:35 wib

Kilang Arab Diserang, Harga Minyak Dunia Melambung

Harga minyak mentah  dunia melambung  lebih dari 10 persen pada Senin (16/9). Kenaikan dipicu oleh serangan terhadap dua kilang minyak Arab Saudi pada akhir pekan lalu. Serangan tersebut telah meningkatkan
Teknologi - 16 September 2019 10:42:42 wib

Tips Mengelola Pengaturan Privasi Facebook, IG dan WA

Banyak pengguna media sosial mulai dari Facebook, Instagram sampai WhatsApp belum memahami bagaimana cara mengatur privasi. Ketidaktahuan cara mengelola pengaturan privasi media sosial membuat akun akan menjadi sasaran
Sepakbola - 16 September 2019 10:15:42 wib

Lawan Watford, Arsenal Dipaksa Main Imbang

Arsenal dipaksa bermain imbang 2-2 saat melawan Watford di Vicarage Road, Minggu (15/9/2019). The Gunners  hanya mampu membawa pulang satu poin di babak pertama, dan sempat unggul dua gol. Dari hasil seri yang
Nasional - 16 September 2019 10:11:06 wib

Di Bandung, Gerakan Nasional 1.000 Startup Gaet 1.700 Pendaftar

Gerakan Nasional 1.000 Startup di Bandung mampu menggaet 1.700 lebih pendaftar. Panitia merancang program sekitar 2-3 bulan dengan metode baru. “Kalau dulu harus ikut dari awal, sekarang bisa ikut di tengah
Teknologi - 16 September 2019 09:47:03 wib

Google Maps Bantu Pemulihan Pecandu Narkoba

Google mengumumkan fitur baru yang dirancang untuk mereka yang ingin pulih dari kecanduan alkohol atau narkoba di AS. Fitur baru tersebut kini menampilkan lebih dari 83.000 pertemuan, beberapa di antaranya dijalankan
Hipmi - 14 September 2019 15:41:45 wib

Mau Bisnis Fashion Tanpa Modal, Caranya?

Setiap orang pasti ingin menjadi pengusaha, apalagi bagi anda yang berminat pada dunia fesyen. Sayang, banyak yang enggan melanjutkan kreativitasnya menjadi bisnis potensial dengan alasan tidak ada modal. CoFounder
Hiburan - 13 September 2019 17:23:53 wib

Konferensi Esports 2019 Pertama di Indonesia Dibuka

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara, resmi membuka konferensi esports pertama di Indonesia. Konferensi digelar  di ICE BSD, Tangerang, pada Jumat (13/9),  Pada sesi keynote-nya, Rudiantara
Sepakbola - 13 September 2019 16:18:52 wib

Liga Inggris: Pendukung Manchester United Frustrasi

Mantan kapten Manchester United, Gary Neville, menyebut ada rasa frustrasi yang dialami oleh para penggemar saat melihat penampilan Paul Pogba dan kawan-kawan. Rasa frustrasi itu datang karena Setan Merah sudah terlalu
Teknologi - 13 September 2019 16:10:59 wib

Lenovo V130, Laptop Bisnis Harga Terjangkau

Lenovo Indonesia meluncurkan seri laptop yang membidik segmen bisnis kelas menengah dan entry-level melalui Lenovo V130. Dengan banderol harga mulai Rp3,8 jutaan, Lenovo V130 yang tersedia di Indonesia dengan dua tipe
Makro - 13 September 2019 15:17:32 wib

OJK Ingatkan Masyarakat Waspada Tawaran Utang Lewat HP

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan  masyarakat agar tetap waspada terhadap tawaran pinjaman melalui pesan seluler. Pasalnya, tawaran tersebut biasanya berasal dari financial technology (fintech) tak berizin
Otomotif - 13 September 2019 14:11:17 wib

All New Corolla Altis Generasi ke-12 Mengaspal di Indonesia

Toyota baru-baru kembali meluncurkan produk baru. Kali ini, Corolla generasi ke-12 diboyong ke Indonesia oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM). Corolla terbaru ini disinyalir sudah menggunakan platform Toyota New Global
Sepakbola - 13 September 2019 14:06:37 wib

Messi Berharap Neymar Pulang ke Barcelona

LIONEL Messi ingin Neymar kembali ke Barcelona. Menurutnya, Blaugrana bakal lebih maju apabila transfer pemain itu terwujud. Barca sudah bernegosiasi dengan Paris Saint-Germain (PSG) untuk membawa pulang Neymar. Tapi,
Hipmi - 13 September 2019 14:05:23 wib

Pecinta Sepakbola Siap-siap Yuk, Hipmi Jaya Cup Bakal Digelar Lagi

Hipmi Jaya Cup kembali digelar. Sembilan tim dari pelbagai angkatan sudah mendaftarkan diri untuk bertanding di lapangan hijau. Ajang sepakbola bergensi antar-pengusaha ini akan dimulai pada 13 Oktober mendatang, dan
Sepakbola - 13 September 2019 13:59:31 wib

Jelang Lawan Filipina, Timnas U16 Matangkan Strategi

TIMNAS U-16 menggelar latihan dengan pemantapan koordinasi dan strategi antarpemain di Lapangan ABC, Senayan Jakarta, Jumat (13/9). Dipimpin pelatih Bima Sakti, 23 pemain yang terpilih dalam skuat kualifikasi Piala Asia
Gadget - 13 September 2019 11:29:56 wib

Lubang Kamera iPhone 11 Bikin Merinding Penderita Trypophobia

Apple kembali meluncurkan model ponsel pintar terbarunya, tiga seri iPhone 11 pada Selasa (11/9). Seperti biasanya, dunia terbagi menjadi dua kubu besar, pujian dan nyinyiran. Beberapa penggemar teknologi memuji desain