Perih, Penyelam Temukan Kantong Plastik di Kedalaman 11 Km

Yulistyo Pratomo
14 Mei 2019
Share Via

Sebuah pemandangan miris terjadi saat seorang penjelajah asal Amerika Serikat (AS) menyelam ke kedalaman laut hingga hampir ke kedalaman 11 kilometer. Dia menemukan sampah plastik yang terdampat di lokasi lautan terdalam, tepatnya Palung Mariana, Samudera Pasifik.

Temuan itu dilihat langsung oleh Victor Vescovo. Dia menyelam jauh hingga hampir 11 kilometer. Dia menghabiskan empat jam menjelajah dasar palung dengan menumpang kapal selam yang dirancang untuk menahan tekanan laut dalam.

Alih-alih menemukan sejumlah makhluk laut yang belum pernah terlihat, dia melihat beberapa kantong plastik dan bungkus permen di dasar laut. Secara rekor, ini merupakan kali ketiga manusia mampu mencapai kedalaman ekstrem di laut.

Penyelaman pertama ke dasar Palung Mariana berlangsung pada 1960, ketika Letnan Angkatan Laut AS, Don Walsh, dan insinyur asal Swiss, Jacques Piccard, menumpang kapal selam bernama Trieste. Kemudian pada 2012, sutradara film, James Cameron, menggunakan kapal selam hijau untuk menjelajah Palung Mariana.

Penyelaman terkini yang dilakukan Vescovo mencapai kedalaman 10.927 meter di bawah permukaan air. Ini artinya Vescovo memecahkan rekor penyelaman paling dalam dengan selisih 11 meter.

Secara keseluruhan, Vescovo dan timnya melakukan lima kali penyelaman ke dasar palung. Perangkat robot juga dikerahkan untuk menjelajah kawasan itu.

"Hampir tidak bisa digambarkan betapa gembiranya kami semua mencapai yang kami lakukan."

"Kapal selam ini dan induk kapalnya, bersama dengan tim ekspedisi yang luar biasa berbakat, membawa teknologi kelautan ke level baru yang lebih tinggi dengan menyelam secara beruntun dan berulang kali ke wilayah lautan terdalam dan tertangguh."

Saksi mata penyelaman di Samudera Pasifik adalah Don Walsh, satu dari dua manusia pertama yang menjelajah Palung Mariana.

"Saya memberi salut kepada Victor Vescovo dan timnya yang hebat atas rampungnya penjelajahan mereka yang bersejarah ke dalam Palung Mariana."

"Enam dekade lalu, saya dan Jacques Piccard adalah yang penyelam pertama di lautan terdalam. Kini, pada usia senja, saya sungguh terhormat diundang dalam ekspedisi ke tempat saya sewaktu masih muda," papar Walsh.

Vescovo dan timnya meyakini mereka telah menemukan empat spesies baru sejenis udang yang bernama amphipod, menyaksikan cacing sendok di kedalaman 7.000 meter, serta snailfish merah jambu pada kedalaman 8.000 meter.

Mereka juga menemukan bebatuan cadas berwarna cerah, yang kemungkinan diciptakan mikroba di dasar laut, sekaligus mengambil sejumlah sampel batu pada dasar laut.

Dampak ulah manusia pada planet ini tampak jelas seiring dengan ditemukannya sampah plastik di dalam Palung Mariana. Hal ini juga pernah disaksikan para peneliti dalam ekspedisi lain menggunakan perangkat robot.

Jutaan ton sampah plastik masuk ke laut setiap tahun, tapi sedikit orang yang tahu ke mana sampah itu tertimbun.

Ilmuwan-ilmuwan kini berencana memeriksa makhluk-makhluk yang mereka temukan untuk melihat apakah makhluk-makhluk tersebut mengandung mikroplastik. Kajian sebelumnya menemukan bahwa masalah sampah plastik telah mendunia, bahkan dialami hewan-hewan di dasar lautan.

Penyelaman tersebut merupakan bagian dari ekspedisi Five Deeps yang berupaya menjelajahi titik-titik terdalam di lima samudera dunia.

Penyelaman itu didanai Vescovo, seorang investor akuitas yang berambisi menjelajah kedalaman ekstrem di laut serta mendaki puncak-puncak gunung tertinggi di tujuh benua.

Selain Palung Mariana, penyelaman selama enam bulan terakhir dilakukan di Palung Puerto Rico di Samudera Atlantik (8.376 meter), Palung South Sandwich di Samudera Selatan (7.433 meter), serta Palung Jawa di Samudera Hindia (7.192 meter).

Tantangan tim selanjutnya adalah mencapai dasar Molloy Deep di Samudera Arktik, yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus mendatang.

Kapal selam yang digunakan Vescovo bernama DSV Limiting Factor. Kapal buatan perusahaan AS, Triton Submarines, itu mencapai panjang 4,6 meter, tinggi 3,7 meter, dan bisa memuat dua orang.

Dengan bahan titanium setebal 9 cm, kapal dirancang menahan tekanan hingga 1.000 bar yang setara dengan bobot 50 jet jumbo ditumpuk ke tubuh seseorang. Selain harus bekerja di bawah tekanan, kapal selam itu mesti mampu beroperasi dalam kegelapan dan suhu hampir beku.

Beragam kondisi ini membuat kapal selam tersebut sulit diliput oleh tim Atlantic Productions yang merekamnya untuk acara dokumenter Discovery Channel.

Anthony Geffen, direktur kreatif Atlantic Productions, mengaku peliputan ekspedisi ini adalah yang paling sulit yang dia pernah hadapi.

"Tim kami harus membuat sistem kamera baru yang bisa dipasang pada kapal selam, beroperasi pada kedalaman 10.000 meter di bawah laut, dan bekerja dengan perangkat robot dan sistem kamera sehingga kami bisa merekam kapal selam Victor di dasar laut."

"Kami juga harus merancang rig baru yang bisa masuk ke dalam kapal selam Victor dan menangkap setiap momen penyelaman Victor," papar Geffen.

Begitu ekspedisi Five Deeps rampung tahun ini, Vescovo berencana menghibahkan kapal selamnya ke berbagai lembaga sains sehingga para peneliti bisa memakainya. Tantangan menjelajahi lautan dalam meski menggunakan perangkat robot menjadikan palung-palung lautan sebagai tapal batas terakhir planet Bumi.

Khalayak dahulu mengira dasar laut adalah tepat terpencil yang tidak dihuni makhluk hidup, nyatanya justru kebalikannya. Bukti-bukti juga kian bertambah bahwa dasar lautan adalah penyerap karbon yang memainkan peranan dalam mengatur iklim Bumi. (DISCOVERYCHANNEL/TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Wisata - 23 Juli 2019 18:15:06 wib

Wisatawan Indonesia Jadi Incaran Pariwisata Negara Asia

Wisatawan asal Indonesia menjadi magnet tersendiri bagi negara-negara di wilayah Asia, termasuk Taiwan. Mengingat, Potensi penduduk Indonesia untuk pariwisata Taiwan sangatlah besar. Hal itu terlihat dari jumlah
Hukum - 23 Juli 2019 17:10:57 wib

Mantan Ketua Umum PSSI Divonis 1,5 Tahun Penjara

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara terhadap mantan Ketua Umum PSSI Joko Driyono dalam kasus perusakan barang bukti pengaturan skor Liga Indonesia. Vonis tersebut lebih rendah dari
Nasional - 23 Juli 2019 17:06:06 wib

3 Pernyataan Ahok Terkait Karier Politiknya

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( BTP) alias Ahok melontarkan sejumlah pernyataan yang menegaskan bahwa ia kemungkinan besar tak akan kembali terjun ke dunia politik. Bagi Ahok, kariernya di ranah
Teknologi - 23 Juli 2019 15:38:26 wib

Wouw, 10.000 Orang Indonesia Tertipu Aplikasi FaceApp Palsu

Aplikasi FaceApp kini kembali viral dan banyak dipakai oleh para pengguna smartphone lewat tantangan #AgeChallenge, termasuk di Indonesia. Kini ada modus baru yang dilakukan oleh para penjahat siber. Para pengguna yang
Hiburan - 23 Juli 2019 15:25:50 wib

Netflix Sasar Semua Segmen Penonton Indonesia

Sejak hadir di Indonesia pada awal tahun 2016, Netflix perusahaan penyedia layanan media streaming digital terus mengalami perkembangan. Dengan menggarap segmen penonton yang luas, layanan Netflix cukup mendapat
Sepakbola - 23 Juli 2019 14:21:04 wib

Goetze Buka Peluang Main di Luar Jerman

GELANDANG Borussia Dortmund, Mario Goetze, membuka peluang bermain di luar Jerman. Apalagi kontraknya tinggal menyisakan setahun dan harganya diperkirakan tidak akan terlalu mahal. "Ini akan menjadi musim ke-10
Hukum - 23 Juli 2019 14:04:40 wib

BNN: Alasan Nunung Pakai Narkoba Tak Masuk Akal

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari menilai alasan komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung menggunakan narkoba untuk menjaga stamina dianggap tidak masuk akal. Pasalnya, banyak
Nasional - 23 Juli 2019 12:05:39 wib

Jabar Siapkan 53.000 Smartphone Untuk Pengurus RW

Pemprov Jabar mulai merealisasikan bantuan anggaran pengadaan smartphone bagi seluruh pengurus RW. Penyediaan gawai dilakukan melalui dana bantuan. Program pengadaan gawai yang diberi nama Sapa Warga ini, bertujuan
Sepakbola - 23 Juli 2019 11:29:12 wib

Griezmann Resmi Gabung Barcelona

Setelah memutuskan bergabung dengan Barcelona di bursa transfer beberapa pekan lalu, Antoine Griezmann bakal mendapat ujian untuk membuktikan kualitasnya saat menghadapi Chelsea dalam laga ujicoba di Saitama Stadium
Makro - 23 Juli 2019 11:03:04 wib

Rupiah Melemah Seiring Harga Minyak Naik

Nilai tukar atau kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi, 23 Juli 2019, melemah seiring kenaikan harga minyak dunia. Pada pukul 9,27 WIB, rupiah melemah 30 poin atau 0,21 persen menjadi Rp
Teknologi - 23 Juli 2019 10:56:13 wib

Keren, Oppo Siapkan Smartwatch Layar Lipat

Saat Samsung dan Huawei sedang bersiap meluncurkan ponsel lipat mereka, Oppo menyiapkan kejutan dengan jam tangan layar lipat. Oppo melalui anak perusahaan BBK baru-baru ini mengajukan paten jam tangan lipat ke World
Sepakbola - 23 Juli 2019 10:24:53 wib

Gareth Bale Berakhir Tragis di Real Madrid

Giuseppe Meazza pada pertengahan Oktober 2010 menjadi saksi lahirnya seorang bintang baru di kancah sepak bola Eropa. Di kandang Inter Milan itu, Gareth Bale mendapatkan pengakuan sebagai salah satu pemain muda paling
Gadget - 23 Juli 2019 10:18:20 wib

Asus ROG Phone II, Smartphone Gaming dengan RAM 12GB

Asus akhirnya memperkenalkan generasi kedua dari ROG Phone. Seperti dugaan sebelumnya, smartphone gaming ini hadir dengan spefikasi kelas wahid yang menghasilkan performa super cepat. Kendati demikian, Asus juga
Teknologi - 23 Juli 2019 09:55:51 wib

FaceApp Diharamkan di Mesir

Aplikasi FaceApp mendapat peringatan keras dari bebeapa Timur Tengah seperti Mesir dan Arab Saudi. Di negara Mesir, muncul pernyataan bahwa aplikasi FaceApp haram karena mengubah ciptaan Tuhan. Dikutip dari Mashable,
Teknologi - 22 Juli 2019 17:07:45 wib

Brother Indonesia Persembahkan Printer Label P-Touch Cube

Industri kreatif di Indonesia kini berkembang secara pesat. Perkembangan itu diantisipasi PT. Brother International Sales Indonesia dengan mempersembahkan P-Touch Cube, produk printer label terbarunya yang lebih modern,
UKM - 22 Juli 2019 15:52:43 wib

Tips bagi UKM yang Sulit Dapat Modal

Bagi UMKM ataupun startup, permodalan menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan skala bisnis. Modal kerap dibutuhkan guna meningkatkan kualitas produksi, biaya pemasaran, upah talenta hingga
Asosiasi Lain - 22 Juli 2019 13:08:39 wib

ALFI Dukung Usul Pemerintah Terkait Keamanan Digital

Dengan meningkatnya kebiasaan masyarakat bertransaksi melalui jaringan internet, maka akan banyak dokumen yang diproduksi dalam bentuk digital. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengusulkan meterai digital untuk
Sepakbola - 22 Juli 2019 09:25:04 wib

Laga Pramusim, Sevilla Sikat Liverpool

Liverpool menelan kekalahan kedua beruntun dalam laga uji coba pramusim usai takluk 1-2 dari Sevilla di Stadion Fenway Park, Amerika Serikat, Senin (22/7) pagi WIB. Sevilla memanfaatkan kelengahan lini belakang
Teknologi - 22 Juli 2019 09:14:58 wib

MediaTek Hadirkan Chipset Gaming Helio G90

MediaTek tengah menyiapkan sebuah chipset khusus gaming bernama Helio G90. Chipset tersebut nantinya bakal menjadi pesaing Snapdragon 855 Plus besutan Qualcomm yang diperkenalkan pekan lalu. Seperti dilansir Weibo,
Sepakbola - 19 Juli 2019 17:42:58 wib

Arsenal Berambisi Gaet Striker Soares

Arsenal dikabarkan sedikit lagi mendapatkan penyerang Brasil, Everton Soares. Everton merupakan pemain kunci Brasil dalam menjuarai Copa America 2019. Dikutip dari Marca, Jumat (19/7), the Gunners harus merogoh kocek
Teknologi - 19 Juli 2019 17:38:10 wib

Instagram Ujicoba Sembunyikan Like di Enam Negara

Instagram telah memperluas uji coba penyembunyian like ke enam negara baru. Beberapa bulan yang lalu aplikasi milik Facebook ini meluncurkan tes pertamanya di Kanada. Enam negara tersebut adalah Australia, Brasil,
Gadget - 19 Juli 2019 16:50:35 wib

Pre-Order Vivo S1 Dibuka, Mau?

Pasca resmi memperkenalkan vivo S1, konsumen di seluruh Indonesia sudah dapat melakukan pre-order baik melalui gerai vivo store dan mitra retail vivo, maupun secara online eksklusif melaluo official online store vivo di
Olahraga Lainnya - 19 Juli 2019 16:36:01 wib

Ingat, Olahraga Malam Bisa Ganggu Waktu Tidur

Semakin banyak kita berolahraga, semakin baik tidur kita dan semakin berkualitas istirahat kita. Dengan kata lain, kita akan merasa lebih baik di keesokan harinya dan bisa kembali berolahraga dengan performa prima.
Teknologi - 19 Juli 2019 16:01:50 wib

YLKI: Pengaduan Fintech Mendominasi Semester I 2019

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia YLKI mencatat aduan pinjaman online atau P2P lending (fintech) menjadi aduan tertinggi per semester I 2019. Keluhan fintech meningkat mengingat penetrasi teknologi digital kini tengah
Makro - 19 Juli 2019 15:25:56 wib

Juli, Modal Asing Masuk Indonesia Tembus Rp 192,5 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing ke portofolio hingga minggu ketiga Juli 2019 sebesar Rp 192,5 triliun. Adapun aliran modal asing yang masuk ke Indonesia terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar
Teknologi - 19 Juli 2019 15:21:55 wib

Maxstream Hadirkan Serial Shark Tank di Saluran Techstorm

Aplikasi video streaming MAXstream, kembali memperkaya kontennya untuk mengakomodasi lebih banyak minat pelanggan. Kali ini MAXstream menghadirkan serial Shark Tank, reality show bertemakan bisnis untuk mengakomodir
Film - 19 Juli 2019 14:44:13 wib

Top Gun: Maverick, Tom Cruise Tampil Mengejutkan

Aktor Tom Cruise muncul secara tiba-tiba di San Diego Comic Con. Cruise muncul selama presentasi Paramount dan Skydance, Terminator: Dark Fate. Ia kemudian menjadi sorotan karena film Top Gun: Maverick akan ditayangkan
Sepakbola - 19 Juli 2019 14:18:05 wib

Frank Lampard Terkesan Aksi Jorginho

Pelatih anyar Chelsea FC, Frank Lampard, mendapatkan kesan positif tentang Jorginho. Ia puas melihat mentalitas dan kerja keras pemain bernama lengkap Jorge Luiz Frello Filho itu. Lampard menyaksikan Jorginho berlari
Hiburan - 19 Juli 2019 13:32:30 wib

Kuartal II 2019, Pengguna Netflix Merosot

Awal layanan streaming dibuka, tidak banyak perusahaan yang mampu menawarkan layanan yang menarik sehingga hanya segelintir brand yang populer di kalangan para pengguna internet. Kini, dengan semakin besarnya kompetisi
Teknologi - 19 Juli 2019 11:35:12 wib

Kaspersky Soroti Aplikasi FaceApp

Penghuni dunia internet sedang heboh dengan fenomena aplikasi pengubah wajah, yakni FaceApp.  Namun, ada pula yang mem mempertanyakan bagaimana keamanan data para penggunanya. Bahkan, ada senator Amerika Serikat