Pinpin Bhaktiar, Tak Harus Pengusaha, Pekerja Bisa Jadi Entrepreneur

Yulistyo Pratomo
15 Maret 2018
Share Via

Bicara soal entrepreneurship seakan tiada habisnya. Sejumlah ahli juga mencoba mencari arti atau memaparkan apa itu entrepreneur dan siapa yang bisa disebut sebagai entrepreneur.

Pada 2017 lalu, pertumbuhan entrepreneur di Indonesia sendiri masih kurang dari 4 persen berdasarkan standar dari Bank Dunia, yakni sebesar 3,31 persen. Jumlah ini masih kalah dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%).

Founder Entrepreneur Club Indonesia (ECI), Pinpin Bhaktiar, ada empat faktor yang membentuk seseorang menjadi entrepreneur, antara lain peluang, management, networking dan pengetahuan. Keempatnya saling terkait dan terpadu, jika satu tidak dilakukan maka yang ada hanya sebuah kerugian.

Baginya, entrepreneur itu belum tentu seorang pengusaha. Tetapi seorang pekerja, atau karyawan, bisa juga disebut seorang entrepreneur bila dia memiliki tujuan dan satu pemahaman dengan pemilik perusahaan.

Nah, seperti apa sih entrepreneur itu sendiri bagi seorang Pinpin? Berikut wawancara eksklusif jurnalis Ayooberita.com, Yulistyo Pratomo dengan Pinpin Bakhtiar di sebuah lokasi di Jakarta Selatan:

Dalam sebuah catatan ternyata jumlah entrepreneur kita masih kalah dengan negara-negara tetangga. Apa sih faktornya hingga entrepreneur kita belum mencapai jumlah sebesar angka yang ditetapkan oleh Bank Dunia, yakni 4 persen dari jumlah penduduk?

Kalau bicara entrepreneurs sendiri libatkan empat faktor ya, pertama itu peluang, yang kedua itu management, yang ketiga networking, satu lagi saya lupa apa. Jadi kalau bicara peluang semua entrepreneur itu sendiri lihat peluang, justru kenapa dia layak disebut entrepreneur, karena hidupnya melihat peluang secara insting. Jadi memang itu sudah satu isu saya pikir sudah enggak ada masalah, tapi yang namanya entrepreneur itu melihat peluang.

Tapi kalau ditanya permasalahannya apalagi, oh satu lagi pengetahuan. Masalahnya kalau menurut saya tinggal di tiga sisanya ya, pertama dari yang paling dulu lah, networking. Jadi menurut saya entrepreneur itu harus banyak temen, temen itu buat apa? Satu buat inspirasi lah, mau inspirasi baik, mau inspirasi enggak baik, kalau temennya sesama pengusaha sukses itu kan jadi inspirasi, termasuk kalau temennya sesama pengusaha ambruk nah itu juga inspirasi juga kan, jangan sampai kayak dia, gitu kan. Jadi network itu harus kuat, nanti ada sinergi-sinergi formal, join bisnis dan lainnya.

Terus yang kedua, apalagi yang dibutuhkan entrepreneurship itu adalah bicara tentang managerialship, jadi memang entreprenuer kita melek peluang, tetapi bisa jadi tidak melek tata kelola. Entrepreneur mana ada melihat tata kelola, yang penting ada barang, ada pasar nah gue jualan deh, nah ide bisnis deh. Tapi bicara tata kelola kan, gimana mengelola sebagai pemimpin, mengelola keuangan, segala macem itu memang masih masalah besar sih, karena mereka mau belajar tata kelola di mana? Entrepreneur itu kan senengnya cari duit, senengnya jual barang, kalau mau tata kelola, belajar management di mana? Sekolah bisnis, nah banyak yang enggak suka belajar management masuk sekolah bisnis, mereka sukanya cari uang, nah itu satu masalah. Sehingga bicara tata kelola itu masalah.

Yang ketiga memang bicara pengetahuan ya. Buat entrepreneu itu pengetahuan penting, karena bisnis kita sekarang segini, pengetahuan kita sekarang ya hanya untuk segini. Jadi misalnya bisnis kita ukurannya satu miliar sekarang, nah tata kelolanya hanya mampu untuk Rp 1 miliar, tiba-tiba tahun depan membesar bisnis kita menjadi Rp 30 miliar, sanggup enggak kita? Ya sanggup, cuma tergopoh-gopoh karena mindset kita belum ada di pengelolaan Rp 30 miliar, ya kita ngelola Rp 1 miliar otomatis mindset atau pikiran kita di Rp 1 miliar itu, makanya dengan sengaja entrepreneur itu harus menumbuhkan pengetahuannya, sehingga pengetahuannya yang Rp 1 miliar dia tumbuhkan jadi Rp 5 miliar, pengetahuannya sepadan dengan ukuran bisnis Rp 10 miliar, sehingga ketika bisnisnya tumbuh, ilmunya siap. Jadi tiga itu problemnya bicara tentang manajegerialship, bicara tentang netorking dan bicara pengetahuan.

90 Persen orang masih cari pekerjaan, mungkin kurang 10 persen atau kurang dari itu yang memiliki jiwa entrepreneur. Nah, bagaimana sih cara mengubah mindset orang agar bisa menjadi entrepreneur dan tidak lagi berpikiran untuk bekerja dengan orang lain?

Bagaimana orang yang bukan orang yang bukan entreprenur, orang yang bukan pengusaha niat jadi pengusaha kalau mau dijawab secara pendek menurut saya mereka harus bisa menemukan menjadi entrepreneur itu harus ada mindset yang happy, jadi menjadi entrepreneur itu suatu kegembiraan. Nah itu dulu menurut saya harus dipegang.

Kegembiraan seperti apa? Pertama banyak mindset yang salah, banyak orang yang bilang aku mau jadi entrepreneur untuk lebih kaya lagi, oh padahal enggak. Banyak kok entreprenur yang ambruk. So, temen-temen yang bukan entrepreneur mau jadi entrepreneur buang itu mindset menjadi orang kaya. Tidak, menjadi entrepreneur itu pilihan hidup gua, kalaupun gagal gua siap. Nah itu yang gue bilang mindset happy tadi, dia menjadi entrepreneur bukan buat menjadi orang kaya, menjadi entrepreneur adalah untuk menjadi keputusan hidupnya. Karena kalau bicara menjadi orang kaya, banyak entrepreneur yang ambruk kok. Survei game global entrepreneur monitoring, ini survei internasional, 20 persen entreprenur bangkrut kok di tahun pertama, jadi kalau ada 20 orang buka bisnis, tahun pertama pasti bangkrut kok dan seterusnya.

Tetapi buat apa sih jadi entrepreneur kalau bukan buat jadi kaya raya? Menjadi entreprenur tidak otomatis menjadi orang kaya tetapi menjadi entrepreneur kita memasuki dua dimensi unlimited potential grow. Apa itu? Potensi pertumbuhan tanpa batas. Potensi lho, bukan pertumbuhan tanpa batas tapi potensi. Unlimited potential grow, potensi pertumbuhan tanpa batas. Nah itu yang menggemberikan, kenapa menggembirakan? Karena ketika kita bekerja, kita kan ada pembatasan, struktur gaji, ukuran perusahaan, kebijakan perusahaan, kebijakan bos. Nah itukan yang menjadi batasan. Tetapi ketika menjadi entrepreneur tidak ada yang membatasi penghasilan kita, cuma PR-nya harus success, enggak success kan ambruk. Tetapi potensinya itu adalah tanpa batas, kalau kita lihat kan kayak Jack Ma, bagaimana mantan bahasa Inggris menjadi orang terkaya di China, kita lihat juga Nadiem, kita lihat sekarang kan nilai kekuatan perusahaannya kan GO-JEK hampir Rp 40 triliun, padahal kalau enggak salah modal awalnya kan sekitar Rp 5 miliar kan, jadi bagaimana transformasi dari non-entrepreneur menjadi entrepreneur saya mengatakan mindsetnya harus happy dulu.

Nah ini bagaimana caranya bisa mengubah mindset itu menjadi happy, apalagi memang banyak yang berpikir menjadi entrepreneur itu hanya untuk menjadi orang kaya?

Supaya happy, pertama dia harus bisa lihat menjadi entrepreneur itu adalah pilihan hidup. Satu pilihan hidup, yang kedua unlimited potential grow, potensi pertumbuhan tanpa batas, yang ketiga dia harus iklhas melihat menjadi entrepreneur dan menjadi pekerja sama mulianya. Yang jadi masalah ketika orang menganggap menjadi pekerja kemuliaannya di bawah menjadi pengusaha sehingga motivasi dia untuk menjadi pengusaha adalah untuk, agar memuliakan dirinya, padahal enggak, sama mulianya kok. Nah itu yang saya bilang kalau seseorang bisa rileks melihat itu. Menjadi pengusaha itu mulia, menjadi pekerja itu mulia. Orang-orang seperti itu kalau menjadi pengusaha bisa rileks, karena dia tidak punya kebutuhan, aku menjadi pengusaha supaya mulia, enggak. Ketika menjadi pekerja, dia juga tetap mulia, rileks aja, enggak harus jadi pengusaha juga enggak apa-apa.

Nah makanya kalau bicara entrepreneurship itu sebenarnya bicara motivasi entrepreneurship itu ada tiga, jadi entrepreneurship itu sebenarnya banyak definisinya, akhirnya para ahli bersepakat entrepreneurship itu tentang mindset sebenarnya, kalau saya suka sekali memegang definisi guru saya, namanya Pak Arian Nugroho, dia definisi entrepreneur itu adalah semangat kemandirian.

Jadi kalau kita melihat entrepreneurship itu sebagai mindset, jadi ketika kita mendengar motivasi entrepreneurship, kita bisa emngambil tiga pilihan. Jadi kayak mas Momo nih belum jadi pengusaha, tahu-tahu termotivasi jadi entrepreneurship menjadi pengusaha, mas Momo sebenarnya punya tiga pilihan, pertama adalah mas Momo tetep aja bekerja apa adanya, cuma menjadi pekerja yang sudah dalam mindset entrepreneur.

Apa yang menjadi kepentingan pemilik bisnis, itu menjadi kepentingan saya. Nah kalau di dalam dunia teori kan namanya intrapreneurship. Intrapreneurship itu adalah para karyawan yang semangat kerjanya, cara pikirnya sama kayak bosnya. Jadi kalau mas Momo punya semangat entrepreneurship, tetapi mas Momo enggak jadi pengusaha ya rileks aja, karena pengetahuan entrepreneurship itu bisa mas Momo bawa ke pekerjaan mas Momo.

Jadi enggak melulu entrepreneur itu bicara soal pengusaha ya?

Enggak, kan karena entrepreneurship itu semangat kemandirian, karena tidak semua pengusaha adalah entrepreneur, tidak semua pedagang adalah entrepreneur, tidak semua pebisnis adalah entrepreneur.

Jadi yang pertama bicara soal entrepreneurship adalah intrapreneurship. Yang kedua itu yang disebut dengan next entrepreneur atau future entrepreneur. Jadi bicara entrepreneur itu begini, kalau mas Momo sekarang misalnya kerja, terus denger motivasi soal entrepreneurship, terus mas Momo bilang, "gila keren banget jadi pengusaha, jadi pekerja juga keren juga sih. Tetapi kayaknya lima tahun lagi gua juga mau jadi pengusaha deh." Nah, enggak apa-apa. Itu yang dimaksud dengan future entrepreneur, future enrepreneur apa? Jadi dia memutuskan menjadi entrepreneur itu lima tahun lagi, jadi by design bukan by nafsu. Lima tahun lagi gua mau menjadi entrepreneur, nah udah niat kan. Jadi sudah ada rentang waktu nih dari sekarang sampai lima tahun lagi, keren kan selama lima tahun ini bisa dibilang bisa ambil macem-macem, pengen pengetahuan dikejar, networking dibangun, modal dibangun, biaya hidup selama dua tahun dipersiapkan. Jadi ketika lima tahun menjadi entrepreneur, happy. Enggak kagetan, enggak wah jadi pekerja norak, jadi pengusaha keren, bukan karena motivasi-motivasi dangkal kayak gitu.

Nah yang ketiga memang adalah direct entrepreneur. Direct entrepreneur artinya ketika ada orang memberikan motivasi entrepreneur kepada mas Momo, sekarang kan kerja, tahu-tahu mas Momo pikir, "oh menjadi pengusaha keren," ya udah aku resign deh, aku dah siap resign, sekarang aku mau menjadi pengusaha, ya monggo itu juga bisa. Tetapi bicara pengaruh menjadi entrepreneur itu bisa berada di tiga itu. Sebagai intrapreneurship, sebagai future entrepreneur, maupun sebagai direct entrepreneur, langsung berubah menjadi pengusaha. Tetapi banyakan orang masuk ke yang tiga ini tetapi dengan paradigma yang nafsu, atau tahap pengerjaannya salah. Mungkin gitu.

Yang bikin seorang entrepreneur menuju kegagalan itu selain terlalu nafsu apa lagi?

Ya, ada dua penyebab entrepreneur gagal, ada namanya faktor eksternal dan faktor internal. Kalau faktor internal faktornya menurut saya sih dua, sati leadership, kedua managerialship. Leadership itu faktor kepemimpinan karena saya pernah rapat sama Pak Arif Yahya, Menteri Pariwisata, beliau kan doktor, beliau kan bilang, kalau UKM itu mereka bisa success itu tergantung pemimpinnya. Pemimpinnya keren ya bisnisnya keren, pemimpinnya memble ya bisnisnya memble, jadi faktor leadership, jadi kalau leadershipnya bisnisnya kuat, kalau leadershipnya memble ya bisnisnya memble. Yang kedua faktor managerialship, managerialship itu tata kelola lah. Banyak orang bisnisnya bagus segala macem, tetapi tata kelolanya enggak diurusin kacau juga. Jadi perusahaannya berjalan tanpa target, tanpa proses yang diketahui dengan jelek, budayanya juga jelek, jelek dalam artian karyawannya mencuri, tidak menjaga, tidak efisien, nah itu faktor internal mengapa seorang entrereneur bisa gagal.

Kedua faktor eksternal. Kenapa entrepreneur bisa gagal karena satu makro, kedua adalah persaingan. Saya enggak mau ngomong ke sana kemari, memang kita rileks aja, maksudnya kalau menjadi entrepreneur, pertama kalau success bagus, kedua ya rileks aja. Karena banyak yang dikerjakan sudah dikerjakan bagus-bagus gagal juga, tetapi hati kita tahu kok, kalau kita kelola kurang sungguh-sungguh kalau gagal ya salahnya kita. Tetapi kalau sudah maksimal masih gagal, sudah santai, terima kegagalan itu, lanjut lagi bikin bisnis baru, karena secara analisa manajemen bisnis ya ada dua faktor itu. Analisa makro dan analisa persaingan, nah sekarang kayak analisa makro, di Amerika ada surat kabar sudah 150 tahun tutup juga, cuma saya lupa namanya. Apa kita mau tuding yang tutup-tutup, ah elo kerjanya enggak bener, kan enggak mungkin ngomong gitu kan. Nah kalau di Indonesia dalam konteks pastel, kalau dari pastel itu kan ada "T", T-nya adalah teknologi, ya ini teknologi ini kan banyak meningkatkan persaingan sekaligus banyak memukul perusahaan. Ya yang bisa adaptasi dengan teknologi perusahaannya bisa bangkit, salah satunya kan bluebird, bluebird kemarin kan lumayan terpukul sama GO-JEK tetapi dia mulai pelan-pelan bangkit, sekarang punya aplikasi sendiri.

Bicara adaptability, mereka yang terpukul tetapi mampu adaptif, itu ya bisa survive bisa unggul lagi. Tetapi yang enggak bisa adaptif ya ambles juga sih.

Ketika orang sudah menjadi entrepreneur apa yang harus dijaga biar tidak sampai terpeleset?

Ya satu pengetahuan lah, jadi harus mengejar, kalau entrepreneurnya pandai, karena enggak ada sih orang sukses yang enggak pandai, karena kalau enggak pandai mari memandaikan diri, coba carilah orang sukses wawancara itu dan menemukan dia tidak pandai, enggak bisa. Cuma memang ada orang yang kelihatan pandai dan pandainya tidak terlalu dimunculkan, kayak Jack Ma kan, yang Alibaba memang kelihatan pandai sering jadi pembicara sering tampil jadi narasumber. Tetapi pengusaha lain yang tidak diwawancara apakah dia bodoh atau tidak paham, ya sama pandainya kayak Jack Ma, jadi tidak ada pengusaha sukses yang tidak pandai. Pengusaha iru kalau dia belum pandai mari memandaikan diri dengan belajar, terus yang kedua memang kepemimpinan, harus bangun kepemimpinan, yang ketiga integritas saya pikir ya.

(TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Politik - 18 April 2019 18:02:25 wib

Prabowo-Sandi Deklarasi Kemenangan, Sebut Diri Presiden 2019-2024

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangannya di Pilpres 2019. Deklarasi itu diklaim berdasarkan hasil penghitungan tim internal Badan Pemenangan Nasional
Ayoo Memilih - 18 April 2019 17:55:00 wib

Begini Bedanya Hasil Survei Capres dan Quick Count

Jokowi-Ma'ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga di quick count Pilpres 2019 versi berbagai lembaga survei. Bagaimana perbandingannya dengan hasil survei yang dirilis sebelum pencoblosan? Berikut ini perbandingan
Nasional - 18 April 2019 17:54:33 wib

Jokowi: Mahathir hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat

Calon presiden petahana Joko Widodo mengaku menerima telepon dari kepala negara dan kepala pemerintahan sejumlah negara terkait Pemilu 2019. Mereka yang menghubungi, seperti yang disebutkan Jokowi, adalah Perdana
Teknologi - 18 April 2019 17:42:16 wib

Tips Menghapus Kontak WhatsApp

Ketika pengguna menambahkan kontak di telepon, kontak itu secara otomatis juga muncul di daftar kontak WhatsApp. Misalkan Anda menyimpan nomor si A di ponsel. Jika si A juga menyimpan nomor Anda, dia akan dapat melihat
Ayoo Memilih - 18 April 2019 17:38:08 wib

Suara Jokowi Mendominasi Rutan Ahmad Dhani dan Vanessa Angel

Suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin mendominasi perolehan di TPS Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng, tempat penahanan terdakwa Ahmad Dhani dan Vanessa Angel. Ada empat TPS
Asosiasi Lain - 18 April 2019 15:49:10 wib

idEA: Presiden Terpilih Didesak Memihak Industri E-commerce

Indonesia E-commerce Association ( idEA) atau Asosiasi E-commerce Indonesia berharap pemerintahan baru nanti berpihak pada industri e-commerce. Selama ini, perhatian pemerintah belum begitu maksimal pada sektor bisnis
Sepakbola - 18 April 2019 15:30:23 wib

Zidane Desak Real Madrid Prioritaskan Penjualan Bale

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane telah meminta manajemen klub untuk menjual Gareth Bale di bursa transfer musim panas 2019. Bahkan, jika kesepakatan itu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Real Madrid memang
Ayoo Memilih - 18 April 2019 15:15:20 wib

Moeldoko: Kami Enggak Mengklaim Kemenangan...

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Moeldoko membantah jika ada yang menyebut kubunya mengklaim kemenanngan Pemilihan Umum serentak 2019. "Kami enggak mengklaim (kemenangan). Cek saja,
Teknologi - 18 April 2019 15:05:15 wib

2 Prosesor Intel Terbaru Perkuat Lini Whiskey Lake

Pertengahan 2018, Intel merilis prosesor Core 8th Gen. dengan kode Whiskey Lake. Lini prosesor Whiskey Lake ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, yang membutuhkan laptop dengan performa dan fitur yang
Nasional - 18 April 2019 14:40:00 wib

Menko Polhukam: Pemilu 2019 Berjalan Aman dan Damai

Menko Polhukam Wiranto menyatakan bahwa pencoblosan Pemilu serentak 17 April 2019 berjalan aman dan damai. Secara umum, pencoblosan itu, kegiatan puncak Pemilu di semua wilayah berjalan kondusif. Tak ada gangguan
Nasional - 18 April 2019 12:22:18 wib

Jokowi-Maruf Unggul di Filipina, New York & Rusia

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Maruf Amin, dilaporkan mendominasi perolehan suara dalam pemilu yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN)
Teknologi - 18 April 2019 12:20:21 wib

Spesifikasi Sony PS5: Bisa 8K dan Mainkan Game PS4

Meski belum dapat dipastikan kapan diluncurkan, Sony secara terang-terangan telah membeberkan spesifikasi dari konsol PlayStation 5 ( PS5). Konsol ini akan membawa jeroan yang lebih canggih ketimbang PlayStation 4 (PS4)
Makro - 18 April 2019 11:59:15 wib

Kado Pasca-Pilpres, Rupiah Menguat 0,53 Persen Atas Dolar

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sehari setelah digelarnya Pemilihan Umum 2019, mengalami penguatan. Di pasar spot, rupiah saat ini diperdagangkan di posisi Rp 14.010 per USD, menguat 0,53 persen
Gadget - 18 April 2019 11:32:07 wib

iOS 13 Bakal Usung Modus Night Mode

Apple dilaporkan tengah menyiapkan iOS versi terbaru. Bocoran seputar fitur yang diusung sistem operasi ini juga sempat diungkap dari laporan 9to5mac. Beberapa fitur yang akan tersedia di update kali ini adalah
Ayoo Memilih - 18 April 2019 11:18:57 wib

Kawal Pemilu: Jokowi-Maruf 55,30%, Prabowo-Sandiaga 44,70%

Situs kawalpemilu.org sudah menginput data soal perolehan suara hasil Pilpres 2019 berdasarkan foto C1 Plano. Data sementara, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul. Seperti dilihat detikcom di situs tersebut sekitar
Ayoo Memilih - 18 April 2019 11:16:57 wib

Quick Count Pilpres 2019 di Jabar & Banten: Prabowo Unggul

Lembaga survei Indo Barometer hampir merampungkan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019. Hitung cepat itu, dilakukan di seluruh Indonesia. Dari data 99,67 persen yang sudah masuk pada Kamis, (18/4)  pukul
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:55:43 wib

Siaran Quick Count Salah Ketik Viral, Begini Kata MetroTV

Stasiun televisi MetroTV memberi klarifikasi terkait siaran quick count sementara Pilpres 2019 yang menjadi viral. Tayangan itu memuat grafis hasil quick count sementara Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo
Teknologi - 18 April 2019 10:49:01 wib

Tips Berantas Cyberbullying di Media Sosial

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menegaskan aksi cyberbullying di media sosial ternyata lebih berbahaya dibanding tindakan di dunia nyata. Aksi perundungan di media sosial yang dilakukan warganet bisa dilakukan
Sepakbola - 18 April 2019 10:27:13 wib

Bayern Munchen Terpikat Antonio Conte

Bayern Munchen tertarik untuk menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih anyar pada musim mendatang. Pelatih asal Italia itu tidak terikat dengan klub mana pun setelah kontraknya diputus Chelsea pada akhir musim
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:22:07 wib

9 Partai Lolos Ke Senayan Versi Quick Count, Ini Daftarnya

Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) seusai pemungutan suara Pemilu 2019 untuk Pileg 2019. Hasilnya, ada 9 partai politik diperkirakan lolos DPR. Lembaga survei yang mengelar quick count Pileg
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:12:25 wib

17 April 2019, Jokowi Plooooong.....

Pemungutan suara Pemilihan Umum serentak pada Rabu (17/04) sukses dilaksanakan. Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin
Gadget - 18 April 2019 09:06:56 wib

24 April 2019, Generasi Terbaru Redmi Y Meluncur

Xiaomi melalui sub-brand besutannya, Redmi, dilaporkan siap merilis produk terbaru. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan memperkenalkan generasi terbaru dari seri Redmi Y, bernama Redmi Y3. Dilansir akun
Sepakbola - 16 April 2019 17:33:24 wib

Ketajaman Kaki dan Kepala Ronaldo Mampu Bobol Ajax

Dari enam laga melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, penyerang Juventus Cristiano Ronaldo sudah mencetak delapan gol melalui kaki kanan, kaki kiri, dan kepala. Ajax merupakan salah satu kesebelasan yang paling
Kuliner - 16 April 2019 16:53:15 wib

Usai Nyoblos, 30 Lokasi Kuliner Beri Diskon Khusus

Pemilihan Umum telah memanggil kita. Seluruh Rakyat menyambut gembira. Dan kegimbiraan yang digelar Rabu (17/04/2019) besok, saatnya menggunakan hak pilih. Sebagai bentuk partisipasi dan ajakan untuk tidak golput,
Gadget - 16 April 2019 16:31:44 wib

Tips Lindungi Ponsel Saat Suhu Dingin

Saat suhu dingin, terkadang ponsel tidak mampu bekerja secara maksimal. Malah, suhu dingin dapat mudah merusak ponsel. Hal ini lantaran, ponsel dengan baterai Lithium-Ion, yang terpapar suhu dingin akan mengalami
Teknologi - 16 April 2019 16:03:24 wib

Acer Luncurkan Monitor Gaming Predator CG437KP

Acer, produsen elektrobik ternama asal Taiwan itu memperkenalkan beberapa produk laptop terbaru yang menjadi andalannya di tahun 2019. Juga memperkenalkan dan meluncurkan  produk display baru, yang masuk ke dalam
Ayoo Memilih - 16 April 2019 14:57:51 wib

Ingat Saat Mencoblos, Pemilih Dilarang Selfie di TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang pemilih melakukan swafoto atau selfie di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat proses pencoblosan Pemilu 2019. Larangan itu dibuat untuk menjaga asas kerahasiaan dalam
Teknologi - 16 April 2019 14:45:35 wib

Wouw, 45% Konsumen Indonesia Riset Dulu Sebelum Belanja Online

Studi Changing Consumer Prosperity dari Nielsen mengungkapkan, setengah (50%) dari konsumen Indonesia mempertimbangkan rekomendasi dari rekan atau keluarganya sebagai faktor yang paling berpengaruh dalam pembelanjaan
Teknologi - 16 April 2019 12:13:29 wib

Google Duo, Aplikasi Video Chatting Lebih Hemat

Google Duo, aplikasi video chatting yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video, melakukan panggilan audio, dan mengirim video dan pesan suara. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan
Teknologi - 16 April 2019 12:01:40 wib

Terbaru, Qualcomm Persembahkan Chipset Snapdragon 665, 730, dan 730G

  Qualcomm baru saja menghadirkan chipset Snapdragon 665, 730, dan 730G yang diciptakan khusus untuk ponsel kelas menengah. Snapdragon 665 membawa fitur fotografi baru di kategori menengah. Sementara Snapdragon