Rachmat Anggara, Pendiri Qasir Yang Ingin Majukan UMKM Indonesia

Yulistyo Pratomo
12 Februari 2018
Share Via

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, bahkan turut menyumbang pendapatan per kapita paling besar di Indonesia. Sayangnya, tidak semua mampu bertahan di tengah gencarnya industri ritel modern.

Lalu apa sih yang salah?

Setelah melakukan identifikasi, Rachmat Anggara menemukan beberapa persoalan utama yang menjadi kendala para pemilik UMKM tersebut, salah satunya adalah tidak adanya pencatatan terhadap inventori barang yang dijual.

"Karena mereka sendiri itu enggak bisa, waktunya habis bukan buat jualan tapi buat nyatet laporan keuangannya stoknya," ungkap Angga, sapaan Rachmat Anggara, saat berbincang dengan Ayooberita.com, belum lama ini.

Atas alasan itu, Rachmat turut mengembangkan aplikasi startup bernama Qasir bersama rekan-rekannya. Agar bisa dikenal oleh para pemilik UMKM, dia mulai melakukan sosialisasi mulai dari warung terdekat hingga menggandeng pemerintahan.

 

 

Berikut wawancara eksklusif Ayooberita.com dengan Angga yang merupakan Co-Founder Qasir:

Boleh dijelaskan, apa sih fungsi dan kegunaan Qasir ini sendiri?

Jadi Qasir sendiri kita melihat UMKM di Indonesia, UMKM di Indonesia sebenarnya yang ngasih pendapatan per kapita paling gede di Indonesia ini, cuma kita lihat mereka banyak turun jumlahnya karena banyak modern market buka, setiap mereka buka setiap radius beberapa meter mereka itu tutup. Nah akhirnya kita lihat salah satu yang buat UMKMN kalah itu dari teknologi, terutama di pencatatan, karena mereka sendiri itu enggak bisa, waktunya habis bukan buat jualan tapi buat nyatet laporan keuangannya stoknya, ya itu makanya kita buat aplikasi namanya Qasir.

Pengalaman itu datang dari mana? Saudara sendiri atau teman?

Iya saudara, awalnya kita lihat temen deket, kerabat, 'oh kayak gini nih', walau waktu itu belum full ya, walaupun kita bantu-bantuin orang ada membuat sistem sekali buat minimal Rp 15 juta, itu kan kalau UMKM suruh buat gitu kan berat banget. Momennya pas banget kita lihat semua orang udah hampir mayoritas orang punya smartphone, jadi kita semua punya ide, bikin aja aplikasi di aplikasi smartphone, orang tinggal download langsung bisa ngelakuin transaksi, jadi kayak mesin kasirnya gitu.

Bagaimana cara kerjanya?

Ya jadi sederhana aja sih, yang dibutuhin UMKM itu ternyata mereka bisa foto produknya, stoknya tinggal berapa, modalnya berapa, dia jualnya berapa. Nah itu terus nanti di rekap setiap hari, setiap orang dateng mau beli tinggal dipencet-pencet, mau beli berapa, dua. Tinggal dia lihat 'stoknya tinggal satu nih', gitu.

Apakah ini juga sejenis fintech yang sedang booming saat ini?

Bukan (fintech). Kalau ecommerce lebih pada menjual. Kalau mereka, ini internalnya mereka. Mesin kasir internalnya sama mereka.

Lalu bagaimana upayanya membesarkan Qasir ini sendiri?

Upayanya di awal 2015 pertama kali boothstrap dulu, boothstrap terus kita project-project dulu jadi buat gajian karyawan, ambil-ambil project. Kita ambil project di Malaysia, kita cari partner buat bisa bantuin kita, angel-angel investor dulu, setelah itu baru tuh udah ada traction udah rada gede baru kita dapatkan investment yang lebih besar lagi, gitu.

 

 

Qasir ini sudah berdiri sejak kapan?

Berdiri kalau company-nya 2015, cuma kita belum bisa bangun produk waktu itu.

Kalau kemarin kan kita project, jadinya kita buatin produk buat orang kan, terus setelah itu kita cuma buat fokus ke buat aplikasi Qasir ini kita sudah dari dulu, jadi dulu sambil bikin kerjain project. Ini cicil-cicil tapi akhirnya enggak selesai-selesai kan sampai kita dapet ada orang yang bisa bantuin investment jadi kita bisa kerjain ini doang, jadi sekarang kita totalitas kerjain ini. 

Nah planning ke depan, kita mau bikin ecommerce jadi misalnya taruh deh sudah ada 1 juta pedagang yang pakai Qasir, itu kan barang-barang produknya mereka ada semua di situ. Kita mau bikin ecommerce buat consumer, jadi consumer misalnya mau beli Aqua, itu yang nganterin Aqua dari deket sini, pake qasir. Jadi enggak perlu dari jauh, Aqua gini-gini. Rencana ke depannya kayak gitu.

Kita lebih mengedukasi UMKM, setahu mereka kalau nyatet transaksi itu penting banget. Mereka boro-boro nyatet kadang-kadang ada yang enggak nyatet.

Sekarang ini sudah berapa yang mengunggah aplikasi Qasir itu sendiri?

Sekarang sudah 4.500-an lah, itu nyebar sih, paling banyak toko kelontong, habis itu restoran yang kecil, terus yang ketiga butik, fashion nah itu tersebar seluruh indonesia sih. Sampai kemarin kita lihat di Papua juga ada yang make, sampai sekarang kita belum promosi kita baru lewat Facebook atau Instagram lah sederhana itu. Sampai sekarang juga belum gede-gede, kita launching juga belum, jadi masih manual dulu lah.

Omzet sampai sekarang belum gede, Ada tapi sekali doang cuma biaya integrasi ke klien doang, itu bukan untuk sustainability perusahaan ini, nantinya sih rencana kita ada, kita ada koneksi sama distributor nanti setiap merchant order ke distributor itu mereka, kita kenakan fee di situ cuma belum berjalan.

Kalau aplikasinya sendiri masih gratis, (layanannya) masih gratis.

Kalau masih gratis, lalu bagaimana mencari keuntungannya?

(Mencari keuntungan melalui) distributor sama ngelakuin pinjaman modal. Tapi itu biasanya kita perbandingan ke corporate-nya, tetep enggak ke usernya, UMKM-nya enggak kebebanin.

 

 

Kita kerja sama sama Pemprov DKI, jadi kemarin kita udah signing MoU sama Dinas UMKM Pemprov DKI itu kita nanti, start besok mulai sosialisasi, kemarin sih sudah sosialisasi ke semua wilayah cuma besok kita mau fokus di blok S sini mas, di pujasera jadi nanti harapannya semua pujasera udah kayak di Singapura gitu semuanya pakai tab, nanti lama-lama semua orang bisa transaksi pakai kartu JakCard kita harapannya di Pemda bisa sampai gitu, orang mau naik busway, mau bayar bisa pakai itu di konternya yang binaan pemprov DKI.

Suka dukanya membangun Qasir sendiri seperti apa?

Kita sudah mulai bertahap dulu sih, sosialisasi. Suka duka banyak kalau dari internal, cuma  tantangan paling berat edukasi pedagang itu, jadi banyak pedagang yang ngerasa hidupnya sudah nyaman ngapain saya butuh alat kayak gini, padahal mereka enggak terasa lama-lama mereka tergerus, jadi lama-lama makin habis pedagang-pedagang ini, itu paling susah sih edukasi itu, cuma ke sini orang banyak ngelihat contoh dari ojek, tadinya tukang ojek boro-boro mau pake handphone, sekarang malah sudah bisa ngehack aplikasinya malah.

Jadi dari situ sih, kadang-kadang success story-nya dari startup-startup yang sudah bagus kita buat pedagang-pedagang itu jangan sampai mereka kalah sama orang yang mau maju di teknologi itu.

Pasti kan banyak orang yang mula-mula menolak aplikasi seperti ini, nah pendekatan seperti apalagi sih yang dilakukan agar lebih banyak UMKM yang mau pakai Qasir?

Cara kita salah satunya masuk ke komunitas, kita lihat orang di komunitas itu lebih, orang masuk komunitas karena usahanya ingin maju, kalo ujuk-ujuk dateng ke toko, 'pak pakai Qasir ya soalnya untuk nyatet ini itu', 'ngapain saya sudah nyaman, biasanya orang masuk komunitas itu gimana ya supaya dagangan saya lebih baik, gimana supaya jualan saya lebih berkualitas.

Nah itulah kenapa kita masuk ke komunitas terus kita presume itu antusiasnya bisa lebih banyak, yang di daerah lebih banyak lagi antusiasnya untuk teknologi, tapi untuk di Jakarta lebih banyak distraction sama tiba-tiba orang nawarin apa, nawarin apa. Kalau orang di luar Jabodetabek itu orang open banget, 'mau dong dicobain' apalagi aplikasi gratis, yang lain kan banyak berbayar.

(TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Politik - 18 April 2019 18:02:25 wib

Prabowo-Sandi Deklarasi Kemenangan, Sebut Diri Presiden 2019-2024

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangannya di Pilpres 2019. Deklarasi itu diklaim berdasarkan hasil penghitungan tim internal Badan Pemenangan Nasional
Ayoo Memilih - 18 April 2019 17:55:00 wib

Begini Bedanya Hasil Survei Capres dan Quick Count

Jokowi-Ma'ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga di quick count Pilpres 2019 versi berbagai lembaga survei. Bagaimana perbandingannya dengan hasil survei yang dirilis sebelum pencoblosan? Berikut ini perbandingan
Nasional - 18 April 2019 17:54:33 wib

Jokowi: Mahathir hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat

Calon presiden petahana Joko Widodo mengaku menerima telepon dari kepala negara dan kepala pemerintahan sejumlah negara terkait Pemilu 2019. Mereka yang menghubungi, seperti yang disebutkan Jokowi, adalah Perdana
Teknologi - 18 April 2019 17:42:16 wib

Tips Menghapus Kontak WhatsApp

Ketika pengguna menambahkan kontak di telepon, kontak itu secara otomatis juga muncul di daftar kontak WhatsApp. Misalkan Anda menyimpan nomor si A di ponsel. Jika si A juga menyimpan nomor Anda, dia akan dapat melihat
Ayoo Memilih - 18 April 2019 17:38:08 wib

Suara Jokowi Mendominasi Rutan Ahmad Dhani dan Vanessa Angel

Suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin mendominasi perolehan di TPS Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng, tempat penahanan terdakwa Ahmad Dhani dan Vanessa Angel. Ada empat TPS
Asosiasi Lain - 18 April 2019 15:49:10 wib

idEA: Presiden Terpilih Didesak Memihak Industri E-commerce

Indonesia E-commerce Association ( idEA) atau Asosiasi E-commerce Indonesia berharap pemerintahan baru nanti berpihak pada industri e-commerce. Selama ini, perhatian pemerintah belum begitu maksimal pada sektor bisnis
Sepakbola - 18 April 2019 15:30:23 wib

Zidane Desak Real Madrid Prioritaskan Penjualan Bale

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane telah meminta manajemen klub untuk menjual Gareth Bale di bursa transfer musim panas 2019. Bahkan, jika kesepakatan itu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Real Madrid memang
Ayoo Memilih - 18 April 2019 15:15:20 wib

Moeldoko: Kami Enggak Mengklaim Kemenangan...

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Moeldoko membantah jika ada yang menyebut kubunya mengklaim kemenanngan Pemilihan Umum serentak 2019. "Kami enggak mengklaim (kemenangan). Cek saja,
Teknologi - 18 April 2019 15:05:15 wib

2 Prosesor Intel Terbaru Perkuat Lini Whiskey Lake

Pertengahan 2018, Intel merilis prosesor Core 8th Gen. dengan kode Whiskey Lake. Lini prosesor Whiskey Lake ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, yang membutuhkan laptop dengan performa dan fitur yang
Nasional - 18 April 2019 14:40:00 wib

Menko Polhukam: Pemilu 2019 Berjalan Aman dan Damai

Menko Polhukam Wiranto menyatakan bahwa pencoblosan Pemilu serentak 17 April 2019 berjalan aman dan damai. Secara umum, pencoblosan itu, kegiatan puncak Pemilu di semua wilayah berjalan kondusif. Tak ada gangguan
Nasional - 18 April 2019 12:22:18 wib

Jokowi-Maruf Unggul di Filipina, New York & Rusia

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Maruf Amin, dilaporkan mendominasi perolehan suara dalam pemilu yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN)
Teknologi - 18 April 2019 12:20:21 wib

Spesifikasi Sony PS5: Bisa 8K dan Mainkan Game PS4

Meski belum dapat dipastikan kapan diluncurkan, Sony secara terang-terangan telah membeberkan spesifikasi dari konsol PlayStation 5 ( PS5). Konsol ini akan membawa jeroan yang lebih canggih ketimbang PlayStation 4 (PS4)
Makro - 18 April 2019 11:59:15 wib

Kado Pasca-Pilpres, Rupiah Menguat 0,53 Persen Atas Dolar

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sehari setelah digelarnya Pemilihan Umum 2019, mengalami penguatan. Di pasar spot, rupiah saat ini diperdagangkan di posisi Rp 14.010 per USD, menguat 0,53 persen
Gadget - 18 April 2019 11:32:07 wib

iOS 13 Bakal Usung Modus Night Mode

Apple dilaporkan tengah menyiapkan iOS versi terbaru. Bocoran seputar fitur yang diusung sistem operasi ini juga sempat diungkap dari laporan 9to5mac. Beberapa fitur yang akan tersedia di update kali ini adalah
Ayoo Memilih - 18 April 2019 11:18:57 wib

Kawal Pemilu: Jokowi-Maruf 55,30%, Prabowo-Sandiaga 44,70%

Situs kawalpemilu.org sudah menginput data soal perolehan suara hasil Pilpres 2019 berdasarkan foto C1 Plano. Data sementara, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul. Seperti dilihat detikcom di situs tersebut sekitar
Ayoo Memilih - 18 April 2019 11:16:57 wib

Quick Count Pilpres 2019 di Jabar & Banten: Prabowo Unggul

Lembaga survei Indo Barometer hampir merampungkan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019. Hitung cepat itu, dilakukan di seluruh Indonesia. Dari data 99,67 persen yang sudah masuk pada Kamis, (18/4)  pukul
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:55:43 wib

Siaran Quick Count Salah Ketik Viral, Begini Kata MetroTV

Stasiun televisi MetroTV memberi klarifikasi terkait siaran quick count sementara Pilpres 2019 yang menjadi viral. Tayangan itu memuat grafis hasil quick count sementara Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo
Teknologi - 18 April 2019 10:49:01 wib

Tips Berantas Cyberbullying di Media Sosial

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menegaskan aksi cyberbullying di media sosial ternyata lebih berbahaya dibanding tindakan di dunia nyata. Aksi perundungan di media sosial yang dilakukan warganet bisa dilakukan
Sepakbola - 18 April 2019 10:27:13 wib

Bayern Munchen Terpikat Antonio Conte

Bayern Munchen tertarik untuk menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih anyar pada musim mendatang. Pelatih asal Italia itu tidak terikat dengan klub mana pun setelah kontraknya diputus Chelsea pada akhir musim
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:22:07 wib

9 Partai Lolos Ke Senayan Versi Quick Count, Ini Daftarnya

Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) seusai pemungutan suara Pemilu 2019 untuk Pileg 2019. Hasilnya, ada 9 partai politik diperkirakan lolos DPR. Lembaga survei yang mengelar quick count Pileg
Ayoo Memilih - 18 April 2019 10:12:25 wib

17 April 2019, Jokowi Plooooong.....

Pemungutan suara Pemilihan Umum serentak pada Rabu (17/04) sukses dilaksanakan. Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin
Gadget - 18 April 2019 09:06:56 wib

24 April 2019, Generasi Terbaru Redmi Y Meluncur

Xiaomi melalui sub-brand besutannya, Redmi, dilaporkan siap merilis produk terbaru. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan memperkenalkan generasi terbaru dari seri Redmi Y, bernama Redmi Y3. Dilansir akun
Sepakbola - 16 April 2019 17:33:24 wib

Ketajaman Kaki dan Kepala Ronaldo Mampu Bobol Ajax

Dari enam laga melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, penyerang Juventus Cristiano Ronaldo sudah mencetak delapan gol melalui kaki kanan, kaki kiri, dan kepala. Ajax merupakan salah satu kesebelasan yang paling
Kuliner - 16 April 2019 16:53:15 wib

Usai Nyoblos, 30 Lokasi Kuliner Beri Diskon Khusus

Pemilihan Umum telah memanggil kita. Seluruh Rakyat menyambut gembira. Dan kegimbiraan yang digelar Rabu (17/04/2019) besok, saatnya menggunakan hak pilih. Sebagai bentuk partisipasi dan ajakan untuk tidak golput,
Gadget - 16 April 2019 16:31:44 wib

Tips Lindungi Ponsel Saat Suhu Dingin

Saat suhu dingin, terkadang ponsel tidak mampu bekerja secara maksimal. Malah, suhu dingin dapat mudah merusak ponsel. Hal ini lantaran, ponsel dengan baterai Lithium-Ion, yang terpapar suhu dingin akan mengalami
Teknologi - 16 April 2019 16:03:24 wib

Acer Luncurkan Monitor Gaming Predator CG437KP

Acer, produsen elektrobik ternama asal Taiwan itu memperkenalkan beberapa produk laptop terbaru yang menjadi andalannya di tahun 2019. Juga memperkenalkan dan meluncurkan  produk display baru, yang masuk ke dalam
Ayoo Memilih - 16 April 2019 14:57:51 wib

Ingat Saat Mencoblos, Pemilih Dilarang Selfie di TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang pemilih melakukan swafoto atau selfie di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat proses pencoblosan Pemilu 2019. Larangan itu dibuat untuk menjaga asas kerahasiaan dalam
Teknologi - 16 April 2019 14:45:35 wib

Wouw, 45% Konsumen Indonesia Riset Dulu Sebelum Belanja Online

Studi Changing Consumer Prosperity dari Nielsen mengungkapkan, setengah (50%) dari konsumen Indonesia mempertimbangkan rekomendasi dari rekan atau keluarganya sebagai faktor yang paling berpengaruh dalam pembelanjaan
Teknologi - 16 April 2019 12:13:29 wib

Google Duo, Aplikasi Video Chatting Lebih Hemat

Google Duo, aplikasi video chatting yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video, melakukan panggilan audio, dan mengirim video dan pesan suara. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan
Teknologi - 16 April 2019 12:01:40 wib

Terbaru, Qualcomm Persembahkan Chipset Snapdragon 665, 730, dan 730G

  Qualcomm baru saja menghadirkan chipset Snapdragon 665, 730, dan 730G yang diciptakan khusus untuk ponsel kelas menengah. Snapdragon 665 membawa fitur fotografi baru di kategori menengah. Sementara Snapdragon