Sayang, Calendar of Events Pariwisata Indonesia Tak Mampu Pikat Wisman

Endy Purwanto
12 Agustus 2019
Share Via


Selama setahun, Indonesia memiliki 100 Calendar of Event (CoE) pariwisata, seni budaya, fashion serta kuliner tradisional. Sayangnya, belum berdampak signifikan dalam menarik minat wisatawan mancanegara (Wisman) datang ke Indonesia. Padahal salah satu tujuan digelarnya CoE ini, menarik minat pelancong asing kunjungi Indonesia. Sehingga mampu mendongkrak target kunjungan turis asing.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana Jones berpendapat CoE yang diselenggarakan selama 2--3 tahun ini belum mampu menarik minat wisman berkunjung ke Indonesia. Hal itu terlihat kontribusi kedatangan wisman dari adanya CoE belum mencapai 500.000 kunjungan.  "Usulannya agar calendar of event-nya lebih disosialisasikan secara luas," katanya

Kendati demikian, penyelenggaraan CoE cukup membantu wisman yang berencana datang ke Indonesia jauh-jauh hari sebelumnya. "Mereka merencanakan program untuk berpergian walaupun belum tersosialisasi secara masif tetapi cukup membantu terutama untuk para tour operator ataupun individual foreign tourist yang merencanakan kunjungannya jauh-jauh hari sebelumnya," lontarnya.

Sekjen DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Titus Indrajaya menuturkan COE berdampak untuk menarik wisatawan dan keberlanjutan event di daerah yang akan disinergikan dengan wisman, sehingga yang berkunjung lebih senang dan ada atraksi wisata yang ditampilkan bernuansa lokal. "Saat ini belum berdampak signifikan CoE dengan wisman. Jadi perlu dipromosikan agar mereka yang datang juga ke CoE," ujarnya.

Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari menuturkan kunjungan wisman yang datang ke perhelatan CoE belum begitu besar yakni tak sampai sebanyak 500.000 kunjungan.  Kendati demikian memang terdapat kenaikan kunjungan wisman yang datang ke CoE setiap tahunnya besar 20.000 hingga 50.000 turis.

Profesor Azril sangat menyayangkan CoE sangat sedikit berkontribusi pada kedatangan wisman. Terlebih, para wisman ini  sangat tertarik dengan budaya Indonesia.  Hal itu dikarenakan kurang maksimalnya promosi penyelenggaraan CoE ini belum begitu maksimal sehingga tak banyak wisman dan wisnus yang tau acara apa saja yang masuk dalam daftar CoE ini.

"Wisman itu tak hanya melihat hari H saat CoE diselanggarakan tetapi mereka juga minat melihat dan mengetahui persiapan CoE itu. Ini yang perlu dipikirkan juga," kata Azril.

Sementara itu, para pelaku usaha hotel di daerah mengungkapkan adanya perhelatan CoE di setiap daerah membawa berkah pada kenaikan okupansi hotel, lontar Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga.

"Setiap CoE pasti berdampak positif untuk tingkat huni hotel sehingga pihaknya selalu dorong dan mendukung event pariwisata yang digelar di Makassar maupun di Sulawesi Selatan. Kenaikan okupansi saat CoE bisa mencapai 2% hingga 4%.  Saat CoE, hotel-hotel meningkatkan okupansinya menjadi 70% hingga 80%," katanya.

Ketua PHRI Kabupaten Jember Teguh Suprayitno mengatakan pagelaran Jember Fashion Carnival (JFC) meningkatkan okupansi hotel yang mencapai 100% dibandingkan dengan hari biasanya. Hal ini menjadi bukti bahwa ajang itu membawa berkah buat para pengusaha hotel, restoran dan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember Jawa Timur.

"Okupansi meningkat tajam hingga 100% dari hari biasanya. Ini ke depan harus dipertahankan bagaimana caranya agar dapat memperpanjang masa hunian bagi wisatawan yang datang," ucapnya sambil berharap pemerintah dapat mendorong diwujudkannya lebih banyak event seperti JFC sehingga masyarakat bisa merasakan dampak dari ajang tersebut.

Ketua PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan menuturkan CoE juga jelas berdampak terhadap perencanaan perjalanan wisata baik grup dan individu.
"Karena menyangkut waktu, biaya, seasonnya baik yang lagi ramai atau tidak. Bagi hotel, CoE ini bisa membuat tema-tema di masing-masing CoE atau event yang mendukung CoE itu sendiri," tuturnya.

Menurutnya, promosi CoE ini seharusnya dipromosikam lebih awal sehingga para wisman, wisnus dan pelaku usaha bisa mempersiapkan dengan baik.  "Selama ini promosi yang dilakukan kurang sehingga tak banyak yang tahu adanya event CoE. Ini perlu digandeng pelaku usaha wisata tiap daerah beserta pemdanya," kata Heru.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan sepanjang tahun lalu kontribusi CoE sepanjang tahun lalu terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia baru sebanyak 250.000 kunjungan hingga 300.000 kunjungan.

realisasi kunjungan wisman tahun 2018 mencapai 15,8 juta atau tak mencapai dari yang ditargetkan sebanyak 17 juta kunjungan. "Untuk tahun ini, kontribusinya pada kedatangan wisman, belum dihitung karena rencananya di akhir tahun akan dihitung. Kami berharap di tahun ini kunjungan wisman pada CoE bisa lebih banyak dari tahun lalu," ujarnya seperti dilansir laman Bisnis, Senin (12/08/2019).

CoE yang diselenggarakan selama ini kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan lokal masing-masing daerah itu dan wisatawan nusantara. "Kami terus promosikan CoE ini agar wisman yang datang ke Indonesia turut melihat dan datang ke event-event budaya yang kami selenggarakan," katanya.

Sepanjang tahun ini terdapat 100 CoE dimana sekitar 30 event diselenggarakan pada 6 bulan pertama di tahun ini, dan sisanya sebanyak 70 event diselenggarakan pada semester kedua tahun ini. Dari total 100 Calendar of Events (CoE) 2019 itu, terdapat beberapa event terpaksa mengalami pembatalan. Kendati demikian, pihaknya enggan memerinci berapa banyak CoE yang dibatalkan pada tahun ini.

Pembatalan itu karena ketidaksiapan daerah itu, adanya hajatan pemilihan kepala daerah, faktor anggaran dan lain sebagainya. "Kami berharap pemerintah daerah setempat bisa lebih memperkuat komitmen dalam menyukseskan event yang dipilih Kemenpar dalam CoE 2019. Kami lakukan promosi, sementara penyelenggaraan event menjadi tanggung jawab Pemda dan penyelenggara setempat. Kami sudah melakukan promosi event itu tetapi faktanya setelah melakukan promosi, agenda event tersebut justru diundur, dan beberapa bahkan dibatalkan," tuturnya

Kemenpar akan memberikan sanksi bagi daerah yang tidak mampu menghadirkan event sesuai jadwal yang telah ditetapkan, maupun event yang dibatalkan. Memang tantangan untuk penyelenggaraan CoE yakni masih ada beberapa penyelenggara yang belum komitmen terhadap waktu penyelenggaraan. "Beberapa event di daerah masih minim amenitas dan aksesibilitas, juga fasilitas pendukung, tetapi events/atraksinya luar biasa," ucapnya. (Bisnis/End)

Tags: wisata,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Asosiasi Lain - 14 Agustus 2019 18:42:15 wib

Apindo: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Industri tak Kompetitif

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyoroti kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa membuat industri menjadi tidak kompetitif. Pasalnya porsi iuran BPJS baik BPJS Kesehatan mau pun BPJS
Selebriti - 14 Agustus 2019 17:28:58 wib

Kasus Narkoba, Artis Rio Reifan Kembali Ditangkap

Tak pernah jera dan kapok karena pernah dipenjara, artis Rio Reifan kembali ditangkap dalam kasus Narkoba. Penangkapan pemain sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini, merupakan ketiga kalinya diciduk polisi akibat
Sepakbola - 14 Agustus 2019 16:25:59 wib

Ronaldo Klaim Lebih Baik Ketimbang Messi

PENYERANG Juventus Cristiano Ronaldo mengklaim dirinya lebih baik ketimbang Lionel Messi ketika berlaga di Liga Champions. Ronaldo sukses meraih lima trofi Liga Champions bersama dua klub berbeda, Manchester United dan
Hipmi - 14 Agustus 2019 15:46:45 wib

Ketua Umum Hipmi Bahlil Segera Lepas Jabatan

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia akan segera melepaskan jabatannya tahun ini. Meskipun baru satu periode, Bahlil sepertinya ikhlas merelakan jabatan ketua umum dari organisasi cukup
Gadget - 14 Agustus 2019 15:39:40 wib

Huawei Luncurkan EMUI10

Huawei terus melakuka inovasi dan kini meluncurkan EMUI10. EMUI memungkinkan adanya koneksi antarperangkat dan juga antara perangkat dan aplikasi. Nantinya, ia akan mengembangkan pengalaman konsumen di setiap kebutuhan
Sepakbola - 13 Agustus 2019 18:04:13 wib

Barcelona Ancang-ancang Lepas Coutinho ke Munchen

Barcelona memiliki dua skenario untuk melepas Philippe Coutinho ke klub raksasa Bundesliga Bayern Munchen Bayern Munchen. Barcelona punya dua skema soal rencana meminjamkan Coutinho ke klub yang bermarkas di Allianz
Nasional - 13 Agustus 2019 16:19:49 wib

Ikatan Alumni ITB Dorong Pengembangan Technopreneurship di Indonesia

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menilai para pengambil keputusan segera memberikan dukungan maksimal kepada perkembangan sektor teknologi, dengan maksud dan tujuan yang aplikatif secara bisnis. 
Gadget - 13 Agustus 2019 15:18:32 wib

20 Agustus 2019, Smartphone "Empat Kamera" Realme 5 Meluncur

Realme baru saja meluncurkan ponsel kamera pop-up Realme X. Selang beberapa bulan, Realme kembali bersiap untuk meluncurkan smartphone terbarunya, dengan empat kamera belakang. Diberi nama Realme 5, ponsel tersebut
Makro - 13 Agustus 2019 15:13:44 wib

SoftBank rencana Suntik Dana ke Startup Indonesia

SoftBank Group berencana menambah suntikan investasi kepada salah satu startup milik Indonesia di sektor perikanan yaitu Aruna. Sebelumnya, bank asal Jepang itu sudah menyuntik dana USD 2 miliar kepada Grab
Otomotif - 13 Agustus 2019 14:27:26 wib

Porsche Taycan Mulai Mengaspal 4 September 2019

Porsche Taycan kabarnya akan memulai debut dengan mengaspal di jalanan pada 4 September 019, yang akan disiarkan secara langsung secara global di jaringan televisi Jerman, China, dan Kanada. Mengutip Carbuzz, Selasa
Olahraga Lainnya - 13 Agustus 2019 12:55:12 wib

Joging, Olahraga Terbaik Cegah Kegemukan

SARAN agar rajin berolahraga sering disampaikan pada orang yang mengeluh berat badannya bertambah. Namun, olahraga seperti apa yang paling efektif? Temuan terbaru dari tim peneliti di China mengidentifikasi lima tipe
Hukum - 13 Agustus 2019 12:29:18 wib

Pedangdut Iis Sugianto Diperiksa KPK, Kasus Apa?

PENYANYI dangdut Istiningdiah Sugianto alias Iis Sugianto diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan ini sebagai saksi dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Direktur Utama PT
Sepakbola - 13 Agustus 2019 11:48:51 wib

Wesley Sneijder Gantung Sepatu

Mantan gelandang Inter Milan dan timnas Belanda Wesley Sneijder mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada Senin (12/8/2019). Keputusan untuk gantung sepatu diutarakan Sneijder hanya selang beberapa minggu
Teknologi - 13 Agustus 2019 11:40:40 wib

Fitur FaceID Apple Bakal Dibenamkan ke Komputer Mac

FaceID diperkenalkan oleh Apple beberapa tahun lalu ke iPhone X. Sekarang, raksasa teknologi asal AS ini berencana untuk membawa teknologi tersebut ke komputer Mac. Rencana Apple terkait kemungkinan membawa
Sepakbola - 13 Agustus 2019 10:59:24 wib

Gagal Gaet Pogba, Real Madrid Lamar Neymar

REAL Madrid tampaknya akan menyudahi keinginan mendatangkan gelandang Manchester United Paul Poga dan memilih berkonsentrasi memburu penyernag Paris Saint-Germain (PSG) Neymar sebelum jendela transfer La Liga dan Ligue
Gadget - 13 Agustus 2019 10:32:57 wib

Dipatenkan, LG Desain Ponsel 3 Layar 2 Layar Bisa Dilipat

  LG mematenkan smartphone dengan 3 layar dan 2 layar bisa dilipat. Paten itu dimuat dalam dokumen "Z-Fold Type Foldable Smartphone" yang diterbitkan di database World Intellectual Property Office
Teknologi - 13 Agustus 2019 10:19:46 wib

Tips Aman bagi Anak Main Internet di Ponsel Android

Anak-anak zaman Now tumbuh besar bersama teknologi yang sudah akrab dengan ponsel dan Internet dalam kegiatan sehari-hari sehingga butuh pemahaman tentang sisi negatif keberadaan teknologi. "Kemajuan teknologi
Teknologi - 13 Agustus 2019 09:57:06 wib

Tragis, 1,4 Juta Perangkat Apple Rentan Pencurian Data

Perusahaan keamanan Check Point mendemonstrasikan kelemahan sistem operasi iOS sehingga dikhawatirkan sekitar 1,4 juta perangkat Apple rentan terhadap pencurian data dan password. Check Point menunjukkan kerentanan
Sepakbola - 12 Agustus 2019 16:58:46 wib

Fiorentina Tertarik Gaet Legenda Bayern Muenchen

Fiorentina terus mencari tenaga baru. Kali ini radar La Viola mengarah pada mantan winger Bayern Muenchen dan tim nasional Perancis, Franck Ribery. Kini, kubu Gigliati sedang berbicara dengan pihak Ribery. Klub tersebut
Wisata - 12 Agustus 2019 16:51:04 wib

Sayang, Calendar of Events Pariwisata Indonesia Tak Mampu Pikat Wisman

Selama setahun, Indonesia memiliki 100 Calendar of Event (CoE) pariwisata, seni budaya, fashion serta kuliner tradisional. Sayangnya, belum berdampak signifikan dalam menarik minat wisatawan mancanegara (Wisman)
Teknologi - 12 Agustus 2019 16:46:22 wib

Status Unicorn Tak Melulu Untung malah Bisa Jadi Ancaman

Kehadiran startup unicorn seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak membuat gegap gempita masyarakat Indonesia. Selain memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat, keempat unicorn asal Indonesia ini juga
Teknologi - 12 Agustus 2019 15:57:06 wib

Huawei Siapkan Ekosistem 5G di Indonesia

Huawei telah menandatangani perjanjian dengan Rusia untuk pengembangan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi generasi baru, 5G, di negara tersebut. Untuk Indonesia, kehadiran teknologi tersebut dikatakan Huawei masih
Hukum - 12 Agustus 2019 15:44:05 wib

Sebulan, 447 Orang di Jakarta Ditangkap Polda Metro Jaya

JAJARAN Polda Metro Jaya menangkap 447 orang terkait berbagai kasus tindak pidana seperti perampokan, begal, pencurian kendaraan bermotor, hasil operasi kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) selama sebulan, sejak
UKM - 12 Agustus 2019 15:23:09 wib

Kemajuan UMKM Diapresiasi

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) merayakan hari Usaha Mikro Kecil Menengah Nasional (UMKM) yang keempat sejak pertama kali dideklarasikan pada12 Agustus 2014. Mewakili Pemerintah, Sekretaris Menteri
Teknologi - 12 Agustus 2019 14:54:23 wib

Fintech Dituntut Jaga Keamanan Data Pengguna

Perkembangan fintech lokal menjadi topik yang patut disorot. Terutama tingginya antusiasme masyarakat Indonesia akan produk keuangan yang semakin inovatif. Hal ini dibuktikan dengan catatan OJK, kini ada 113 perusahaan
Teknologi - 12 Agustus 2019 13:22:39 wib

Google: Pengguna Android Suka Tombol Ergonomis Dibandingkan Gestur

Dibandingkan dengan smartphone beberapa tahun lalu, opsi tombol navigasi saat ini sudah semakin canggih, tidak jarang smartphone tidak membutuhkan tombol sama sekali dan hanya membutuhkan gestur tangan saja untuk bisa
Teknologi - 12 Agustus 2019 13:03:35 wib

Gameloft Gandeng Alibaba Boyong Asphalt 9: Legends Ke China

Gameloft, pemimpin dalam pengembangan dan penerbitan game, dan Alibaba Interactive Entertainment, platform distribusi mobile dari Alibaba Digital Media & Entertainment Group, mengumumkan kemitraan strategis untuk
Gadget - 12 Agustus 2019 11:47:53 wib

Ada Bug di Snapdragon, 34 Smartphone Kena Dampaknya

Qualcomm mengaku menemukan celah keamanan berbahaya atau bug di chipset Snapdragon besutannya. Oleh karena itu, sebanyak 34 model smartphone Android yang ditenagai oleh SoC rancangan Qualcomm itu diminta untuk melakukan
Kadin - 12 Agustus 2019 11:24:04 wib

Kadin: Pemanfaatan IC-CEPA Butuk Waktu

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai pemanfaatan Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia Chile (IC-CEPA) memerlukan waktu. Meski IC-CEPA mulai resmi diterapkan pada Sabtu (10/8). Karenanya
Teknologi - 12 Agustus 2019 10:36:42 wib

Tips Mengaktifkan Fitur Smart Downloads di Netflix

Awal tahun 2019, Netflix memperkenalkan fitur baru bagi pengguna aplikasi mobile-nya, yaitu Smart Downloads. Dengan Smart Downloads, pengguna Netflix akan dapat mengelola unduhan agar mereka bisa memiliki waktu lebih