Sayang, Calendar of Events Pariwisata Indonesia Tak Mampu Pikat Wisman

Endy Purwanto
12 Agustus 2019
Share Via


Selama setahun, Indonesia memiliki 100 Calendar of Event (CoE) pariwisata, seni budaya, fashion serta kuliner tradisional. Sayangnya, belum berdampak signifikan dalam menarik minat wisatawan mancanegara (Wisman) datang ke Indonesia. Padahal salah satu tujuan digelarnya CoE ini, menarik minat pelancong asing kunjungi Indonesia. Sehingga mampu mendongkrak target kunjungan turis asing.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana Jones berpendapat CoE yang diselenggarakan selama 2--3 tahun ini belum mampu menarik minat wisman berkunjung ke Indonesia. Hal itu terlihat kontribusi kedatangan wisman dari adanya CoE belum mencapai 500.000 kunjungan.  "Usulannya agar calendar of event-nya lebih disosialisasikan secara luas," katanya

Kendati demikian, penyelenggaraan CoE cukup membantu wisman yang berencana datang ke Indonesia jauh-jauh hari sebelumnya. "Mereka merencanakan program untuk berpergian walaupun belum tersosialisasi secara masif tetapi cukup membantu terutama untuk para tour operator ataupun individual foreign tourist yang merencanakan kunjungannya jauh-jauh hari sebelumnya," lontarnya.

Sekjen DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Titus Indrajaya menuturkan COE berdampak untuk menarik wisatawan dan keberlanjutan event di daerah yang akan disinergikan dengan wisman, sehingga yang berkunjung lebih senang dan ada atraksi wisata yang ditampilkan bernuansa lokal. "Saat ini belum berdampak signifikan CoE dengan wisman. Jadi perlu dipromosikan agar mereka yang datang juga ke CoE," ujarnya.

Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari menuturkan kunjungan wisman yang datang ke perhelatan CoE belum begitu besar yakni tak sampai sebanyak 500.000 kunjungan.  Kendati demikian memang terdapat kenaikan kunjungan wisman yang datang ke CoE setiap tahunnya besar 20.000 hingga 50.000 turis.

Profesor Azril sangat menyayangkan CoE sangat sedikit berkontribusi pada kedatangan wisman. Terlebih, para wisman ini  sangat tertarik dengan budaya Indonesia.  Hal itu dikarenakan kurang maksimalnya promosi penyelenggaraan CoE ini belum begitu maksimal sehingga tak banyak wisman dan wisnus yang tau acara apa saja yang masuk dalam daftar CoE ini.

"Wisman itu tak hanya melihat hari H saat CoE diselanggarakan tetapi mereka juga minat melihat dan mengetahui persiapan CoE itu. Ini yang perlu dipikirkan juga," kata Azril.

Sementara itu, para pelaku usaha hotel di daerah mengungkapkan adanya perhelatan CoE di setiap daerah membawa berkah pada kenaikan okupansi hotel, lontar Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga.

"Setiap CoE pasti berdampak positif untuk tingkat huni hotel sehingga pihaknya selalu dorong dan mendukung event pariwisata yang digelar di Makassar maupun di Sulawesi Selatan. Kenaikan okupansi saat CoE bisa mencapai 2% hingga 4%.  Saat CoE, hotel-hotel meningkatkan okupansinya menjadi 70% hingga 80%," katanya.

Ketua PHRI Kabupaten Jember Teguh Suprayitno mengatakan pagelaran Jember Fashion Carnival (JFC) meningkatkan okupansi hotel yang mencapai 100% dibandingkan dengan hari biasanya. Hal ini menjadi bukti bahwa ajang itu membawa berkah buat para pengusaha hotel, restoran dan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember Jawa Timur.

"Okupansi meningkat tajam hingga 100% dari hari biasanya. Ini ke depan harus dipertahankan bagaimana caranya agar dapat memperpanjang masa hunian bagi wisatawan yang datang," ucapnya sambil berharap pemerintah dapat mendorong diwujudkannya lebih banyak event seperti JFC sehingga masyarakat bisa merasakan dampak dari ajang tersebut.

Ketua PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan menuturkan CoE juga jelas berdampak terhadap perencanaan perjalanan wisata baik grup dan individu.
"Karena menyangkut waktu, biaya, seasonnya baik yang lagi ramai atau tidak. Bagi hotel, CoE ini bisa membuat tema-tema di masing-masing CoE atau event yang mendukung CoE itu sendiri," tuturnya.

Menurutnya, promosi CoE ini seharusnya dipromosikam lebih awal sehingga para wisman, wisnus dan pelaku usaha bisa mempersiapkan dengan baik.  "Selama ini promosi yang dilakukan kurang sehingga tak banyak yang tahu adanya event CoE. Ini perlu digandeng pelaku usaha wisata tiap daerah beserta pemdanya," kata Heru.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan sepanjang tahun lalu kontribusi CoE sepanjang tahun lalu terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia baru sebanyak 250.000 kunjungan hingga 300.000 kunjungan.

realisasi kunjungan wisman tahun 2018 mencapai 15,8 juta atau tak mencapai dari yang ditargetkan sebanyak 17 juta kunjungan. "Untuk tahun ini, kontribusinya pada kedatangan wisman, belum dihitung karena rencananya di akhir tahun akan dihitung. Kami berharap di tahun ini kunjungan wisman pada CoE bisa lebih banyak dari tahun lalu," ujarnya seperti dilansir laman Bisnis, Senin (12/08/2019).

CoE yang diselenggarakan selama ini kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan lokal masing-masing daerah itu dan wisatawan nusantara. "Kami terus promosikan CoE ini agar wisman yang datang ke Indonesia turut melihat dan datang ke event-event budaya yang kami selenggarakan," katanya.

Sepanjang tahun ini terdapat 100 CoE dimana sekitar 30 event diselenggarakan pada 6 bulan pertama di tahun ini, dan sisanya sebanyak 70 event diselenggarakan pada semester kedua tahun ini. Dari total 100 Calendar of Events (CoE) 2019 itu, terdapat beberapa event terpaksa mengalami pembatalan. Kendati demikian, pihaknya enggan memerinci berapa banyak CoE yang dibatalkan pada tahun ini.

Pembatalan itu karena ketidaksiapan daerah itu, adanya hajatan pemilihan kepala daerah, faktor anggaran dan lain sebagainya. "Kami berharap pemerintah daerah setempat bisa lebih memperkuat komitmen dalam menyukseskan event yang dipilih Kemenpar dalam CoE 2019. Kami lakukan promosi, sementara penyelenggaraan event menjadi tanggung jawab Pemda dan penyelenggara setempat. Kami sudah melakukan promosi event itu tetapi faktanya setelah melakukan promosi, agenda event tersebut justru diundur, dan beberapa bahkan dibatalkan," tuturnya

Kemenpar akan memberikan sanksi bagi daerah yang tidak mampu menghadirkan event sesuai jadwal yang telah ditetapkan, maupun event yang dibatalkan. Memang tantangan untuk penyelenggaraan CoE yakni masih ada beberapa penyelenggara yang belum komitmen terhadap waktu penyelenggaraan. "Beberapa event di daerah masih minim amenitas dan aksesibilitas, juga fasilitas pendukung, tetapi events/atraksinya luar biasa," ucapnya. (Bisnis/End)

Tags: wisata,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Hukum - 06 Desember 2019 17:56:10 wib

Presiden Jokowi: Pemecatan Dirut Garuda Pesan Untuk Semua, Jangan Main-main!

Presiden Joko Widodo mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang memecat I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dari posisi Direktur Utama PT Garuda Indonesia. Langkah Erick
Teknologi - 06 Desember 2019 17:31:41 wib

WhatsApp Hadirkan Fitur Terbaru Bagi Pebisnis Kecil

  WhatsApp memperkenalkan fitur terbaru dari aplikasi Whatsapp Business, yaitu Katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil untuk memajang produknya dalam profil mereka. Dan, bersamaan dengan peluncuran fitur
Olahraga Lainnya - 06 Desember 2019 15:44:54 wib

Daud Yordan Hadir di Konvensi Tahunan WBO untuk Cari Lawan

PETINJU Daud Yordan didampingi promotor Urgyen Rinchen Sim, Raja Sapta Oktohari, dan Gustiantira Alandy, menghadiri Konvesi tahunan WBO ke-32 di Tokyo Dome Hotel, Tokyo, Jepang. Acara yang dihadiri seluruh promotor
Teknologi - 06 Desember 2019 15:29:52 wib

Pendaftar Baru Akun Instagram Harus Berusia 13 Tahun

Mulai tahun 2020, pengguna Instagram akan dikelompokan sesuai dengan usianya. Langkah ini bertujuan untuk membantu melindungi penggunanya yang lebih muda. Selain itu, Instagram juga memberikan syarat usia bagi pengguna
Gadget - 06 Desember 2019 15:11:44 wib

Motorola Luncurkan One Hyper

Motorola baru saja secara resmi merilis One Hyper. Handphone ini banyak mengklaim "sebagai yang pertama" di industri smartphone. Tak heran Motorola menyatakan One Hyper memberikan lebih dari yang pengguna
Sepakbola - 06 Desember 2019 14:35:13 wib

Luis Suarez Desak Barcelona Cari Striker Baru

Masa depan Luis Suarez di Barcelona tidak akan lama lagi. Kontrak pemain Uruguay ini bersama Blaugrana akan berakhir pada 2021 dan besar kemungkinan tidak akan diperpanjang.  Suarez pun berharap klub segera mencari
Teknologi - 06 Desember 2019 14:09:40 wib

Phising dan Scamming, Musuh Utama Startup e-Commerce

Masalah utama yang harus dihadapi perusahaan rintisan (startup) ialah masih beredarnya link phising dan scamming (penipuan).  Kasus scamming yang dialami salah satu startup ecommerce yakni Bukalapak. Saat itu,
Nasional - 06 Desember 2019 13:34:21 wib

Presiden Jokowi: Impor Bahan Baku Petrokimia Sangat Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru Polyethylene (PE) milik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Cilegon, Banten, Jumat (6/12). Jokowi berharap pabrik baru PT Chandra Asri ini dapat menekan jumlah impor
Sepakbola - 06 Desember 2019 11:06:22 wib

Martinez Akui Kerasan di Inter MIlan

INTER Milan bisa bernafas lega. Penyerang andalan mereka Lautaro Martinez menegaskan dirinya betah di Giuseppe Meazza meski mendapat ketertarikan dari Barcelona.nSalah satu faktor terpenting adalah menit bermain yang
Nasional - 06 Desember 2019 10:58:59 wib

Presiden Jokowi Tokoh Asia 2019

PRESIDEN Joko Widodo dinobatkan sebagai Tokoh Asia 2019 atau Asian of the Year 2019 oleh surat kabar terbesar Singapura, The Straits Times. Di halaman utamanya, Kamis (5/12/2019), media Singapura itu menyebut Jokowi
Sepakbola - 06 Desember 2019 10:26:04 wib

Tundukkan Tottenham, Manchester United Pertahankan Keangkeran

Manchester United berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 pada laga pekan ke-15 Premier League di Old Trafford, Rabu (4/12/2019). Hasil ini membuat MU belum pernah kalah dalam sembilan laga kandang
Hiburan - 06 Desember 2019 10:04:14 wib

Nintendo Switch Meluncur di Tiongkok

Nintendo Switch secara resmi meluncur di Tiongkok pada 10 Desember. Konsol tersebut akan dibanderol dengan harga 2.099 Yuan, sekitar USD 298 atau Rp 4,2 jutaan, tidak jauh berbeda dengan harga di Jepang dan Amerika
Gadget - 04 Desember 2019 17:54:14 wib

Diluncurkan, Redmi 8 & 8A dengan Harga Rp1 Jutaan

Xiaomi Indonesia resmi meluncurkan Redmi 8 dan Redmi 8A di Jakarta, pada hari ini Rabu (4/11). Ponsel dengan baterai 5.000 mAh ini menyasar pasar smartphone entry level. Harga Redmi 8 dijual Rp 1,7 juta untuk
Hukum - 04 Desember 2019 17:40:13 wib

Pencurian Data, Mahasiswa AS Gugat TikTok

Seorang mahasiswa di California, Amerika Serikat mengajukan gugatan hukum kepada aplikasi berbagi video TikTok. Mahasiswa bernama Misty Hong itu menuding TikTok telah mengumpulkan data pengguna dalam jumlah besar dan
Otomotif - 04 Desember 2019 17:31:34 wib

Masyarakat Masih Minim Gunakan Mobil Listrik

Pelaku industri otomotif menilai penggunaan mobil listrik masih minim karena insentif pemerintah belum tepat sasaran. Hal ini karena harga mobil listrik masih tergolong sangat mahal sehingga sulit dibeli oleh
Teknologi - 04 Desember 2019 15:50:00 wib

Keren, Empat Start-Up Indonesia Coba Peruntungan di Swiss

Empat start-up asal Indonesia yaitu Botika, Khaira Energy, Gradana, dan Svara Inovasi Indonesia, tengah menjajaki pasar Swiss untuk mengembangkan usaha dan membangun jejaring sekaligus mencari calon investor di Swiss.
Bursa - 04 Desember 2019 15:41:14 wib

Miris, Bursa Saham Asia Jatuh

Pasar saham Asia jatuh pada perdagangan Rabu (4/12) setelah Presiden Donald Trump mengatakan kesepakatan perdagangan dengan China mungkin tidak akan datang sampai setelah pemilihan presiden 2020. "Dalam beberapa
Gadget - 04 Desember 2019 14:56:42 wib

Huawei Distribusikan FreeBuds 3 untuk Pasar Indonesia

Huawei akhirnya mengumumkan akan mulai menjual dan mendistribusikan Huawei Freebuds 3, produk audio nirkabel canggihnya yang sudah ditunggu banyak konsumen di Indonesia pada Selasa (3/12/2019). Perangkat wireless open
Sepakbola - 04 Desember 2019 14:52:29 wib

Pelatih Timnas Indonesia, PSSI Kontak Ruud Gullit

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mengaku PSSI sudah mengontak legenda timnas Belanda, Ruud Gullit, untuk menawarkan posisi pelatih Timnas Indonesia. Ditegaskan, PSSI sudah berusaha menghubungi Gullit
Teknologi - 04 Desember 2019 13:40:35 wib

Dorong Ekonomi Digital, Snapchat Ingin Teknologi AR Terakses Semua Pihak

Snapchat bisa dibilang sebagai salah satu pelopor teknologi Augmented Reality (AR) di smartphone. Berkat fitur itu, pengguna dapat membuat konten Snaps secara kreatif. Nana Murugesan, Managing Director of International
Teknologi - 04 Desember 2019 13:23:55 wib

Pengguna Android Waspada, Virus Jahat Kuras Dompetmu!

Bagi para pengguna Android, sepertinya kalian harus waspada karena para peneliti cybersecurity telah mengumumkan ada kelemahan keamanan utama berbentuk bug di Android yang disebut Strandhogg. Bahayanya dari Strandhogg
Makro - 04 Desember 2019 13:16:48 wib

1.898 Ditutup, Kini Fintech Ilegal Lahir Lagi

Fintech peer-to-peer (P2P) lending itu seperti jamur di musim penghujan. Meski sudah banyak yang ditutup tetap saja muncul fintech ilegal yang menawarkan layanan ke masyarakat . Data Satgas Waspada Investasi sejak
Nasional - 04 Desember 2019 13:08:16 wib

15 Desember 2019, Tol Layang Jakarta-Cikampek Dioperasikan

Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) atau Elevated rencana dibuka pada 15 Desember 2019. Diharapkan, jalan tersebut bisa mengurai kepadatan kendaraan jelang libur Natal dan tahun baru 2020. Bagi para pengendara yang
Nasional - 04 Desember 2019 12:32:02 wib

Presiden Jokowi Teken PP Perdagangan Melalui Sistem Elektronik

Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik pada 20 November 2019. Pertimbangan PP ini untuk melaksanakan ketentuan Pasal 66
Sepakbola - 03 Desember 2019 23:30:18 wib

Guardiola Soroti Penyelesaian Akhir Man City

Penampilan Manchester City menurun dalam beberapa pekan terakhir. Pep Guardiola menilai, penyebab menurunnya performa tim karena buruknya penyelesaian akhir. City mulai tertinggal dari Liverpool dalam persaingan
Ekonomi - 03 Desember 2019 22:48:02 wib

Menkeu: Inflasi 2019 Sesuai Target

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan inflasi Indonesia 2019 hingga akhir tahun akan berada dikisaran 3,5% plus minus 1. Dengan kata lain inflasi Indonesia akan mendekati target yang telah
Olahraga Lainnya - 03 Desember 2019 22:10:31 wib

SEA Games 2019 Hari Ke-3: Indonesia Posisi Keempat

Kontingen Indonesia berhasil melesat ke posisi keempat klasemen sementara SEA Games 2019 hingga Selasa (3/12) malam. Hingga pukul 21.00 WIB, total Indonesia sudah mengoleksi 50 medali dengan rincian 12 medali emas, 20
Sepakbola - 03 Desember 2019 21:47:28 wib

SEA Games 2019, Timnas Indonesia Menang Telak 8-0 Lawan Brunei

  Tim nasional (Timnas) Indonesia U-22 mencukur Brunei Darussalam dengan skor 8-0 pada pertandingan keempat Grup B Cabang Olahraga Sepakbola SEA Games 2019. Kemenangan besar itu adalah target yang ditetapkan
Gadget - 03 Desember 2019 21:29:55 wib

Infinix S5 dan S5 Lite Segera Meluncur di Pasar Indonesia

Infinix terus melakukan penetrasi pasar dengan produk-produk baru. Tidak lama lagi, merek global ini akan akan  memperkenalkan produk terbarunya. Produk ini diklaim memiliki layar punch hole pertama yang akan
Jakarta - 03 Desember 2019 11:28:49 wib

Granat Asap Meledak di Monas, Dua Anggota TNI Jadi Korban

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy menegaskan ada dua orang yang menjadi korban ledakan yang terjadi di sisi Utara Monas Jakarta, Selasa (3/12) pagi. Ledakan itu akibat granat asap. Kedua korban Serka TNI Fajar